10 Manfaat buah gandaria

10 Manfaat buah gandaria

Gandaria atau buah gandaria (Bouea macrophylla Griffith) atau nama lokal lainnya jatake adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di negara Thailand dan india.

Gandaria dimanfaatkan buah, daun & batangnya. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal buah gandaria.

Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa asam manis dan dapat dimakan langsung. Daunnya digunakan sebagai lalap. Batang gandaria dapat digunakan sebagai perabotan rumah.

Ciri Ciri Pohon Dan Buah Gandaria


Buah gandaria menyerupai mangga bulat yang kecil. Tinggi pohon mencapai 25 m. Tajuknya rapat. Dahannya berbentuk lebar memanjang, dengan ujung yang tumpul.

Perbungaannya malai, bunganya menyerupai bunga mangga yang berwarna kuning, dan muncul di ketiak daun. Berbunga pada bulan September-Desember. Buahnya bulat, seperti kelereng.

Tipenya seperti buah batu, mengeluarkan cairan kental dan bau khas seperti terpentin. Sewaktu masih muda, warnanya hijau, dan kalau sudah matang berwarna kuning oranye.

Biji Buah Gandaria


Bijinya berwarna ungu. Daunnya tunggal, berbentuk bundar telur-lonjong sampai bentuk lanset atau jorong. Waktu muda berwarna putih, kemudian berangsur ungu tua, lalu menjadi hijau tua.

baca juga manfaat buah sukun

Kandungan gizi buah gandaria 100 gram

  • Air (86,6 g).
  • Lemak (20 mg).
  • Protein (40 mg).
  • Serat (150 mg).
  • Kalsium (9 mg).
  • Zat besi (0,3 mg).
  • Karbohidrat (11,3 g).
  • Riboflavin (0,05 mg).
  • Beta karotin (23 mg).
  • Fosfor (4 mg).
  • Thiamine (0,11 mg).
  • Vitamin C (100 mg).
  • Niacin (0,5 mg).

Manfaat Buah Gandaria


1. Menyehatkan Otak:

Seperti halnya darah, otak juga membutuhkan kadar air yang cukup, agar kinerja di dalam otak berjalan dengan baik. Salah satu manfaat buah gandaria adalah untuk menjaga fungsi otak, karena buah gandaria termasuk buah yang memiliki kandungan jumlah air yang cukup tinggi.

2. Mengobati Sariawan:

Kurangnya vitamin C merupakan salah satu penyebab timbulnya sariawan. Oleh karena itu, untuk mengatasinya dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Buah gandaria merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C.

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah gandaria juga cukup banyak yaitu lebih dari 100 mg. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah gandaria juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Kulit:

Dengan mengonsumsi buah gandaria, kesehatan kulit akan tetap terjaga, karena kandungan vitamin C yang ada pada buah gandaria tersebut yang dapat membantu pembentukan jaringan kolagen.

Kandungan betakaroten pada buah tersebut juga bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda. Buah yang banyak mengandung air ini juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih lembab.

4. Mencegah Diabetes:

Buah gandaria kaya akan serat. Kandungan serat pada buah gandaria tersebut dapat bermanfaat untuk mencegah resiko terkena penyakit diabetes.

5. Menurunkan Berat Badan:

Buah gandaria juga dapat di konsumsi sebagai salah satu menu diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena buah gandaria memang kaya serat namun rendah lemak yang dapat membuat perut merasa kenyang.

6. Mengobati Luka:

Jika memiliki luka pada bagian tubuh, untuk dapat mempercepat proses pemulihan luka tersebut dapat mengonsumsi buah gandaria. Karena buah gandaria memiliki kandungan protein serta vitamin C yang cukup banyak.

7. Menyehatkan Otak:

Seperti halnya darah, otak juga membutuhkan kadar air yang cukup, agar kinerja di dalam otak berjalan dengan baik.

Salah satu manfaat buah gandaria adalah untuk menjaga fungsi otak, karena buah gandaria termasuk buah yang memiliki kandungan jumlah air yang cukup tinggi.

8. Mencegah Kanker:

Serat dalam buah gandaria cukup tinggi yang dapat dengan cepat dalam proses penyerapan makanan yang di butuhkan oleh tubuh, jika proses penyerapan lancar maka dapat mencegah terjadinya endapan yang dapat menyebabkan kanker seperti kanker usus.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

Vitamin-C berfunggsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jika sistem kekebalan tubuh meningkat maka tidak mudah terserang penyakit.

10. Memperlancar sistem pencernaan:

Air dan serat dalam gandaria cukup tinggi, yang dapat untuk memperlancar sistem pencernaan dan dapat mencegah terjadinya sembelit.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah