13 Manfaat buah murbei

13 Manfaat buah murbei

Buah Murbei (Latin: Morus) adalah sebuah genus yang terdiri dari 10–16 spesies pohon tertentu yang asli berasal dari daerah panas, sedang dan subtropis di benua Asia, Afrika & Amerika.

Mayoritas spesies asli berasal dari benua Asia. Salah satunya yang terkenal adalah di Sumatera Barat (indonesia) yang telah mencapai usia lebih dari 120 tahun.

Pertumbuhan Murbei


Murbei tumbuh cukup cepat pada saat masih muda, namun kemudian tumbuh lambat dengan ketinggian melebihi 10 m.

Daun murbei merupakan daun sederhana berbentuk cuping dan menggergaji di bagian tepi. Buah murbei merupakan buah majemuk dengan panjang 2–3 cm, berwarna merah bila masih mudah dan ungu tua bila ranum, dan dapat dimakan.

Kegunaan Daun Murbei


Murbei terkenal karena daun nya digunakan sebagai makanan ulat sutra. Andalas (Morus macroura), salah satu spesies murbei, sering digunakan kayu nya untuk lantai rumah atau mebel karena kuat dan keras.

Kandungan Gizi
Murbei
Jumlah Per 100 g


  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin C 36,4 mg
  • Kalsium 39 mg
  • Zat besi 1,9 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0,1 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 18 mg
  • Kalori (kcal) 43
  • Jumlah Lemak 0,4 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,2 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 10 mg
  • Kalium 194 mg
  • Jumlah Karbohidrat 10 g
  • Serat pangan 1,7 g
  • Gula 8 g
  • Protein 1,4 g

Nilai Gizi Murbei


Nilai gizi:
Murbei merupakan sumber besar zat besi, kalsium,vitamin A, C, E, dan K, folat, tiamin, Pyridoxine, Niacin dan serat. Resveratrol, antioksidan, ditemukan banyak pada murbei. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan vitalitas secara keseluruhan.


Murbei juga polynutrients kaya seperti antosianin, flavonoid, lutein, zea-xanthin, B karoten dan A karoten. Murbei adalah nutrisi pembangkit tenaga dan merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh manusia, 3 ons murbei memiliki 9 gram protein.

baca juga manfaat buah delima

Manfaat Murbei:


1. Kesehatan Mata.

Murbei memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk penglihantan.
Baik untuk orang orang yang menghabiskan berjam jam di depan layar komputer. Buah murbei melindungi mata dari radikal bebas yang merupakan penyebab hilangnya penglihatan mata dan degenerasi retina.

2. Mencegah Flu Dan Batuk.

Murbei mampu membantu masalah gastritis dan hepatitis kronis.
Murbei yang tinggi vitamin C dan flavonoid membuatnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami dan mencegah flu, batuk dan penyakit lainnya.

3. Membersihkan Darah.

Buah ini mampu membantu darah dalam proses menenangkan saraf. Selain itu juga dapat membantu dalam mempromosikan metabolisme alkohol.

Kandungan alaminya dapat membersihkan darah, meningkatkan sirkulasi dan membantu dalam memperkuat seluruh sistem kekebalan tubuh.

4. Menjaga Jantung.

Zat alami yang terkandung pada buah murbei mampu memperkuat sistem saraf dan mengurangi kolesterol jahat. Sehingga sangat efektif dalam mencegah serangan jantung dan stroke.

5. Mengontrol Kolesterol.

Mengkonsumsi murbei secara teratur akan menjaga tingkat kolesterol dalam batas normal.

6. Mempercepat Pemulihan.

Murbei sangat bermanfaat bagi pasien pasca operasi karena mampu mempercepat penyembuhan, meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah terjadinya infeksi.

7. Mengontrol Gula Darah.

Hadirnya flavonoid dalam murbei mencegah naik turunnya kadar gula pada penderita. Sehingga sangat efektif untuk mencegah komplikasi pada penderita diabetes karena lonjakan gula yang meningkat.

Murbei mengandung senyawa yang mendukung gula seimbang dan mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

8. Mencegah Kanker.

Sebuah phytonutrisi kuat yang peneliti percaya untuk mencegah kanker. Ini berisi tingkat tinggi anti-oksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan pertumbuhan tumor.

Murbei merupakan sumber yang baik dari resveratrol.

9. Menghilangkan Bintik Hitam.

Kandungan zat alami murbei memiliki sifat yang membantu dalam membersihkan bintik hitam dan noda lainnya pada kulit wajah.

10. Meremajakan Kulit.

Para ahli merekomendasikan mengkonsumsi buah atau minum teh murbei dan jus untuk meremajakan kulit Anda. Proses sintesis melanin diatur secara efektif, yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan kulit yang jelas dan terang.

11. Mengurangi Stroke Dan Gumpalan Darah.

Murbei sudah dikenal manfaatnya untuk meningkatkan sirkulasi darah dan sebagai anti inflamasi yang membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Murbei dapat membantu untuk meringankan beberapa gejala menderita anemia. Buah ini juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

12. Mencegah Flu Dan Pilek.

Murbei yang tinggi vitamin C dan flavonoid membuatnya mampu meningkakan sistem kekebalan alami dan mencegah batuk, pilek dan penyakit lainnya. Buah murbei juga mampu membantu masalah gastritis dan hepatitis kronis.

13. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Murbei dapat menyeimbangkan sekresi internal dan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini juga mampu membantu orang yang menderita dehidrasi.

Orang yang menderita kekurangan cairan tubuh bisa mengambil sepuluh miligram murbei setiap hari agar carian tubuhnya kembali normal.

Semoga Bermanfaat.

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan