14 Manfaat buah petai

14 Manfaat buah petai

Buah Petai, pete (IPA:pətɛ), atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae).

Tumbuhan ini tersebar luas di indonesia. Biji yang disebut "petai" dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Ciri Ciri Pohon Petai


Pohon petai menahun, tinggi dapat mencapai 15 meter & kurang bercabang. Daun majemuk, tersusun sejajar.

Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul di dekat ujung ranting.

Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah.

Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang.

Biji buah petai berbau khas


Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.
Biji petai berbau khas dan dikonsumsi segar maupun dijadikan bahan campuran sejumlah menu.

baca juga manfaat buah kesemek

Manfaat Buah Petai Untuk Kesehatan


1. Menjaga Saluran Pencernaan.

Kandungat seat ( dietary fibers ) yang tinggi membuat petai amat baik untuk saluran pencernaan.

Petai dipakai sebagai makanan untuk menjaga penceranaan dikarenakan struktur nya yang lembut dan halus. buah ini juga dapat menetralkan asam lambung serta kurangi iritasi dengan melapisi permukaan didalam lambung.

2. Kurangi Rasa Kenyang.

Buah petai mempunyai dampak antasid pada tubuh, sehingga apabila dada merasa panas disebabkan umumnya makan, konsumsi petai untuk kurangi sakitnya.

3. Hindari Mual.

Makan buah petai di antara jam makan dapat membantu menjaga kandungan gula serta menghindari muntah.

4. Tangani Gatal Gigitan Nyamuk.

Cobalah gosok tempat yang terkena gigitan nyamuk dengan bagian didalam kulit petai, banyak orang sukses mengatasi rasa gatal serta bengkak lewat cara ini.

5. Bantu Seasonal Affective Disoder. (penyakit emosional yang kacau)

Buah petai bisa menolong pasien SAD dikarenakan memiliki kandungan pendorong mood alami tryptophan.

6. Hindari Merokok.

Buah petai bisa mendorong orang yang pingin berhenti merokok. Vitamin b6 serta b12 yang terkandung dan dengan kalium serta magnesium, menolong tubuh cepat pulih dari dampak penghentian nikotin.

7. Untuk Menurunkan Efek Stroke.

Menurut riset didalam the new england journal of medicine, makan buah petai sebagai bagian dari makanan, dalam sehari dapat turunkan kematian dikarenakan stroke hingga 40%.

8. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi.

Buah petai tinggi akan kalium, namun rendah garam sehingga amat prima memerangi tekanan darah. demikian tingginya, hingga FDA amerika mengizinkan perkebunan petai untuk lakukan klaim resmi tentang kekuatan buah ini saat menurunkan efek tekanan darah serta stroke.

9. Hindari Stress.

Kalium yaitu mineral mutlak yang menolong untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen keotak serta mengatur keseimbangan cairan tubuh. saat stress, kecepatan metabolisme kita dapat meningkat, hingga dapat kurangi kandungan kalium didalam tubuh.

Perihal ini bisa kembali di seimbangkan dengan makan buah petai yang tinggi kalium.

10. Untuk Menghindar Defresi.

Menurut survey yang di kerjakan mind, di antara pasien pasien depresi, banyak orang yang jadi tambah baik setelah makan pete.

Perihal ini berlangsung karena pete memiliki kandungan tryptophhan, sejenis protein yang di ganti tubuh jadi serotonin, yang dapat membuat pengonsumsi rileks dan melakukan perbaikan mood.

11. PMS Pre Menstrual Syndrome

Bagi kaum wanita mengalami pms atau bad mood waktu menstruasi, cukup tangani dengan makan petai. Vitamin b6 yang terkandung mengatur kandungan gula darah yang bisa menolong mood.

12. Untuk Netralkan Luka Lambung

Buah ini juga dapat menteralkan asam lambung serta kurangi iritasi dengan melapisi permukaan didalam lambung.

Buah petai dipakai sebagai makanan untuk menjaga pencernaan, dikarenakan teksturnya yang lembut serta halus. petai hanya satu buah mentah yang dapat di makan tanpa mengakibatkan stress.

13. Menghindar Anemia.

Dengan kandungan zat besi yang tinggi, buah petai bisa merangsang produksi sel darah merah serta menolong jika berlangsung anemia.

14. Mendorong Kekuatan Otak.

200 Siswa Inggris Di Twickenham ( Middlesex ), Inggris, tertolong didalam ujian sekolah berkenaan mengonsumsi petai pada waktu sarapan, istirahat serta makan siang. riset sudah menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi bisa menolong studi membantu siswa makin waspada.

Sedikit rangkuman mengenai manfaat buah petai.

Semoga bermanfaat.

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan