14 Manfaat buah salak

14 Manfaat buah salak

Buah salak adalah sejenis palma dengan buah yang bisa dimakan. Ia dikenal juga sebagai sala (Min., Mak., Bug., dan Thai). Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit.

Sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Jenis Pohon Salak:


Palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang, berduri banyak, melata dan beranak banyak, tumbuh menjadi rumpun yang rapat & kuat. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah, membentuk rimpang dan bercabang, diameter 4 sampai 6 cm.

Daun majemuk menyirip, panjang 3 sampai 6 m, tangkai daun, pelepah dan anak daun berduri panjang, tipis dan banyak, warna duri kelabu sampai kehitaman. Anak daun berbentuk lanset dengan ujung meruncing, berukuran sampai 8 x 85 cm, sisi bawah keputihan oleh lapisan lilin.

Tipe buah berbentuk segitiga agak bulat atau bulat telur terbalik, runcing di pangkalnya dan membulat di ujungnya, panjang 5 sampai 10 cm yang sudah matang, terbungkus oleh sisik-sisik berwarna kuning coklat sampai coklat merah mengkilap yang tersusun seperti genting, dengan banyak duri kecil yang mudah putus di ujung masing-masing sisik.

Dinding buah tengah (sarkotesta) tebal berdaging, kuning krem sampai keputihan; berasa manis, masam, dan sepat. Biji 1-3 butir, coklat hingga kehitaman.

Kegunaan:
Salak terutama ditanam untuk dimanfaatkan buahnya, yang populer sebagai buah meja. Selain dimakan segar, buah salak juga biasa dibuat manisan, asinan, atau dikemas dalam kaleng.

Karena duri-durinya hampir tak tertembus, rumpun buah salak biasa ditanam sebagai pagar. Demikian pula, potongan-potongan tangkai daunnya yang telah mengering, digunakan untuk pagar rumah atau untuk melindungi pohon yang tengah berbuah dari pencuri.

Untuk pengobatan:


Dapat menghentikan diare, bila kebanyakan makan buah salak akan menyebabkan kesulitan membuang air besar dalam kadar menengah. kulit salak juga di gunakan dalam traditional china medicine/jamu sebagai bahan obat.
Salak dibudidayakan di negara Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Baca juga manfaat serai

Kandungan Gizi Buah Salak Pada 100 gr buah salak memiliki:
  • Lemak 0.40 g0.6 %
  • Lemak Jenuh 0.100 g0.5 %
  • Karbohidrat 21.30 g7.1 %
  • Diet Serat 2.7 g10.8 %
  • Protein 0.20 g0.4 %
  • Vitamin C10 .0 %
  • Vitamin B1 Thiamin1 .3 %
  • Vitamin B2 Riboflavin0 .6 %
  • Vitamin B3 Niasin0 .5 %
  • Vitamin B5
  • Asam Pantotenat acid0 .6 %
  • Vitamin B6
  • Zat besi 3,9 miligram
  • Energi 368 kilikalori
  • Kalsium 38 miligram
  • Fosfor 31 miligram.

Manfaat Buah Salak Untuk Mengobati Penyakit:


1. Untuk Diet.

Kandungan fitonutrien pada buah salak sangat bermanfaat untuk anda yang sedang menjalankan program diet.

2. Untuk Pencernaan.

Bermanfaat untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan dengan konsumsi yang sesuai.

3. Untuk Menjaga Stamina.

Kalsium yang terdapat pada buah salak juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh.

4. Sebagai Agen Antioksidan.

Antioksidan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit radikal bebas. Senyawa alami yang ditemukan dalam salak juga berkhasiat untuk mengatasi resiko penyakit jantung dan kanker pada janin maupun ibu hamil.

5. Untuk Menjaga Kesehatan Jantung.

Kandungan kalium pada buah salak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan salak bisa mencukupi jumlah kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Untuk Mengatasi Anemia.

Kandungan tiamin dan manfaat zat besi, sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin.

7. Untuk Tulang.

Buah salak juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, khusus untuk ibu hamil, salak bermanfaat untuk membentuk jaringan kerangka tulang pada janin.

8. Untuk Ibu Hamil.

Ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Rasa mual dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah salak.

9. Mencegah pertumbuhan kanker.

Kandungan yang terdapat pada buah salak dipercaya dapat mencegah berkembangnya suatu sel kanker, karena buah salak kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh.

10. Buah Salak untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak.

Berdasarkan hasil peneilitian, buah salak mampu meningkatkan kinerja otak dengan kandungan pottasium dan pektin yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak.

11. Mengobati diare.

Salak dipercaya banyak mengandung tanin yang telah banyak dikenal sebagai bahan pengobatan pada diare.

12. Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Kandungan vitamin C pada salak meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyakit.

13. Kaya serat.

Kulit ari buah salak mengandung serat yang dibutuhkan tubuh, yang sangat bagus untuk memperlancar pencernaan. Jika mengkonsumsi salak usahakan kulit ari buah salak jangan sampai terbuang.

14. Untuk Kesehatan Mata.

Kandungan betakaroten pada salak dapat menjaga kesehatan mata anda.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan