18 Manfaat apel hijau

18 Manfaat apel hijau

Apel hijau adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning.

Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.
Orang mulai pertama kali menanam apel di Asia Tengah.

Perkembangan Buah Apel Hijau


Kini buah apel hijau berkembang di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa Latin ialah Malus domestica.

Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).

Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), & juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek untuk dibuat saus apel. Apel juga dibuat untuk menjadi minuman sari buah apel.

Kandungan Nutrisi Buah Apel Hijau:


Buah apel mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan yang ada di dalam apel hijau diantaranya adalah vitamin A, C, E, K, B1, B2 dan B6. Tak hanya itu, buah yang memiliki rasa manis ini juga mengandung:

  • Folate
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Glukosa alami
  • Protein
  • Natrium
  • Zat baron
  • Lemak tidak jenuh
  • Zat quertecin
  • Panthotenic acid
  • Zat besi
  • kalsium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Magnesium
  • Seng.

baca juga manfaat buah blueberry

Berbagai Manfaat Apel Hijau Untuk Kesehatan:


1. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah:

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, apel hijau telah teruji mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Kemampuan inilah yang membuat buah ini sangat baik untuk mencegah risiko terjadinya serangan jantung dan pembekuan darah.

2. Menangkal Radikal Bebas:

Kandungan vitamin C yang ada di dalam apel hijau membuat buah ini mampu menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Vitamin C tersebut mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan vitamin B2 dan folate yang ada di apel hijau juga membuat buah ini mampu membuat penyakit berbahaya menjauh.

3. Menyehatkan Mata:

Apel hijau mengandung vitamin A yang tinggi. Kandungan ini tentu dapat membuat mata menjadi lebih sehat. Meskipun demikian, mengonsumsi vitamin A memang tidak diperbolehkan terlalu banyak, karena bisa membuat sel-sel dalam tulang terganggu. Oleh karena itu, konsumsi apel hijau secara teratur dan tidak berlebihan.

4. Melancarkan Pencernaan:

Serat yang tinggi membuat sistem pencernaan bisa bekerja secara normal. Apel hijau adalah salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi. Hal ini tentu membuat apel ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi sembelit.

5. Kaya Asupan Air:

Apel hijau bisa menjadi asupan air yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan adanya vitamin B6 yang terkandung dalam apel ini. Dimana asupan air dan vitamin tersebut sangat baik untuk menyaring kolesterol jahat di dalam tubuh yang menjadi penyebab munculnya penyakit stroke.

6. Mencegah Parkinson:

Apel hijau mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Hal inilah yang membuat buah ini sangat baik untuk menghindari tubuh dari penyakit parkinson.

7. Membuat Rambut Sehat:

Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin E dan C. Dimana vitamin tersebut dapat menjaga kekuatan rambut dan menghindarkannya dari ketombe yang mengganggu.

8. Menghindari Penyakit Alzhaimer:

Apel hijau juga mengandung senyawa yang dapat mengoptimalkan sel darah otak agar bisa berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah menghindari penyakit alzhaimer. Alzhaimer adalah penyakit menurunnya daya ingat yang dalam jangka panjang akan membuat penderitanya kehilangan nyawa.

9. Mencegah Diabetes:

Apel hijau mengandung glukosa alami yang aman untuk penderita diabetes. Apel hijau juga mengandung vitamin B yang sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.

10. Menyehatkan Gigi:

Apel memiliki tekstur yang sedikit keras sehingga membuat gigi harus bekerja lebih agar bisa mengunyahnya. Apel hijau juga mengandung vitamin K dan juga kalsium yang sangat baik untuk menyehatkan dan membuat gigi semakin kuat.

11. Meningkatkan Nafsu Makan Anak:

Mengonsumsi apel hijau secara teratur dapat membantu tubuh mengendalikan peristaltik usus. Hal ini dikarenakan adanya asam organik di dalam tubuh yang bermanfaat untuk menyehatkan usus.

12. Memperbaiki Jaringan Tubuh:

Apel hijau mengandung Vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini berfungsi untuk memperbaiki jaringan dalam tubuh yang rusak. Dengan ditambahnya vitamin E di dalam apel hijau, maka semakin baik buah ini untuk menjaga jaringan tubuh terutama jaringan kulit agar tampak tetap sehat.

13. Memperbaiki Gangguan Hati:

Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam dalam buah apel hijau yang sangat membantu untuk menghancurkan kristal di dalam empedu. Hingga saat ini, banyak dokter yang menyarankan penderita gangguan hati untuk teratur mengonsumsi apel.

14. Mengobati Rematik:

Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang terdapat di dalam apel hijau yang mampu mengurangi gejala rematik atau dalam bahasa medis rheumatoid arthritis.

15. Mencegah Pendarahan:

Pendarahan adalah masalah yang serius dan harus segera diatasi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan Vitamin K di dalam apel hijau yang membuat tubuh terhindar dari pendarahan.

16. Mencegah Kencing Manis:

Sari buah apel hijau juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk mencegah penyakit kencing manis. Kencing manis adalah kondisi dimana seseorang memiliki kadar gula yang terlalu tinggi. Kandungan di dalam apel hijau bisa menetralkan kadar gula dalam darah dan menetralkan kadar insulin.

17. Sumber Energi:

Apel hijau bisa dijadikan sebagai sumber energi yang tinggi. Buah ini mengandung vitamin B1 yang sangat baik untuk membantu tubuh mengubah asupan karbohidrat yang dikonsumsi menjadi energi yang optimal dan bisa digunakan untuk beraktivitas.

18. Mencegah Sel Kanker:

Kandungan zat antioksidan dan triterpenoids yang cukup tinggi di dalam buah apel. Jus apel setidaknya bisa menghindarkan Anda dari kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar dan kanker hati.

Semoga bermanfaat.

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan