18 Manfaat buah pir

18 Manfaat buah pir

Buah Pir dalam bahasa Inggris: pear, adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir & manis.

Pohon pir merupakan tumbuhan sumber makanan bagi larva beberapa spesies Lepidoptera.
Beberapa spesies buah pir dan kultivarnya merupakan komoditas pertanian andalan, seperti dibawah ini:

A. Pir Eropa (Pyrus communis) yang umum ditanam di Eropa and Amerika Utara.
B. Pir Ya (Pyrus bretschneideri) yang dikenal sebagai Pir Shandong atau Pir Hebei.
C. Pir Nashi (Pyrus pyrifolia) yang umum ditanam di Asia Timur dan dikenal dengan berbagai nama: Sand Pear, Pir Asia, Pir Apel, Pir Jepang, Pir Korea atau Pir Taiwan.


Keragaman Buah Pir


Beberapa spesies digunakan sebagai tanaman hias atau sebagai batang bawah (rootstock) bagi spesies Pir Eropa dan buah Pir Asia. Pir Siberia (Pyrus ussuriensis) yang buahnya tidak enak dimakan disilangkan dengan Pir Eropa untuk menghasilkan kultivar yang tahan hama.

Pir Callery (Pyrus calleryana) atau Pir Bradford banyak ditanam sebagai tanaman hias di Amerika Utara. Pyrus salicifolia yang memiliki daun pohon yang rimbun dan berwarna keperakan juga banyak ditanam sebagai tanaman hias.

Manfaat Buah Pir


Buah pir bisa dimakan segar, diproses sebagai buah dalam kaleng, sari buah dan sebagai buah kering. Jus pir merupakan bahan dasar jelly atau selai walaupun sering dicampur dengan sari buah-buahan lain. Jus pir hasil fermentasi disebut perry.

Buah pir yang belum matang jika dimakan konon bisa memudahkan buang air besar (mempunyai efek laksatif), sedangkan buah pir matang mempunyai efek diuretik dan ada kemungkinan membuat orang mengantuk. Buah pir mengandung sorbitol sehingga bila dimakan terlalu banyak bisa menimbulkan rasa kembung pada perut dan menyebabkan buang angin.

Kayu pohon pir sangat bagus untuk dibuat bahan ukiran, mebel dan alat musik tiup berkualitas. Kepingan kecil dari kayu pohon pir baik digunakan untuk memasak dengan teknik pengasapan karena mengeluarkan aroma yang harum. Parutan buah pir juga bisa digunakan sebagai pengempuk daging sebelum dimasak.

Baca juga manfaat buah kurma

Kandungan Gizi
Jumlah Per 100 g:


  • Kalori (kcal) 57
  • jumlah Lemak 0,1 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 1 mg
  • Kalium 116 mg
  • Karbohidrat 15 g Serat pangan 3,1 g
  • Gula 10 g
  • Protein 0,4 g
  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin C 4,3 mg
  • Kalsium 9 mg
  • Zat besi 0,2 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 7 mg

Manfaat Untuk Kesehatan:


1. Indeks Glikemik Rendah:

Bagi penyadang diabetes bisa mengonsumsi buah ini, karena indeks glikemiknya rendah sehingga tidak menimbulkan lonjakan kadar gula dalam darah.

2. Rendah Kalori:

Jika ingin menjaga atau menurunkan berat badan, buah ini bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Kaya Vitamin:

Vitamin D, B12, B6, C, A serta mineral yang terkandung dalam buah pir dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan aliran darah, dan kesehatan mata.
Kandungan Vitamin B2, C dan kalium membantu menurunkan tekanan darah. Pir ukuran sedang mengandung 24 miligram kalium yang membantu menjaga kesehatan hati dan fungsi otot.

4. Anti Radikal Bebas:

Buah pir mengandung banyak vitamin, semuanya bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

5. Tidak Menimbulkan Alergi:

Pir lebih sedikit memberikan kesempatan alergi, sehingga merupakan salah satu dari banyak jenis buah-buahan yang bisa diberikan kepada bayi.

6. Kaya serat:

Buah ini membuat kerja usus jadi baik dan mengurangi risiko terkena kanker usus. Kandungan serat bernama non-soluble polysaccharide berfungsi sebagai pencahar yang baik. Selain itu, serat buah pir mampu mengikat racun-racun di usus penyebab kanker.

7. Menjaga Kadar Gula Darah:

Meskipun manis, buah pir memiliki indeks gliserin yang rendah dan tinggi serat, sehingga membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh:

Kandungan antioksidan vitamin C, A, dan tembaga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

9. Bagus Untuk Pencernaan:

Buah pir yang berukuran sedang mengandung sekitar 25 % asupan serat harian yang direkomendasikan. jenis serat dalam buah pir ini tidak larut, maka akan bergerak lebih mudah melalui usus besar dan mencegah polip usus. Kandungan serat tinggi buah pir akan membantu memperbaiki kondisi pencernaan.

10. Tekanan Darah:

Senyawa Antikarsinogen glutathione dan antioksidan dalam buah pir akan membantu menjaga tekanan darah.

11. Peradangan:

Pir memiliki sifat anti inflamasi, yang bisa membantu mengurangi masalah peradangan seperti arthritis.

12. Mencegah Kerusakan Kulit:

Serat dalam Buah pir akan mengurangi kecepatan pembuangan gula ke dalam aliran darah, sehingga mencegah kerusakan kolagen(sejenis protein) pada kulit yang bisa disebabkan karena seringnya lonjakan gula darah.

13. Mengobati Kulit Berminyak:

Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, buah pir bisa bermanfaat bagi Anda. hancurkan atau tumbuk buah pir dan campur dengan madu. Gunakan pasta ini sebagai masker wajah dua kali dalam seminggu, sehingga akan mengurangi seluruh sekresi kelenjar sebaceous yang ada di kulit Anda.

14. Meningkatkan Energi:

Kadar glukosa yang tinggi dalam buah pir akan memberikan energi secara cepat ketika Anda merasakan tubuh lemah atau lesu.

15. Kulit Bebas Jerawat:

Pir mengandung vitamin dan mineral penting dengan kadar tinggi, sehingga buah ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat kulit lebih kuat secara internal. Dengan demikian, kulit akan menjadi lebih mampu untuk melawan jerawat dan semua jenis infeksi kulit dari dalam.

16. Pelembab Kulit Alami:

Pir tidak hanya baik untuk kulit yang berminyak, tetapi juga baik untuk kulit yang kering dan bersisik. Buah ini mengandung humectants alami, yang membantu keseimbangan air, senyawa alami yang menjaga kelembaban kulit.

17. Untuk Menyapih Anak:

Disarankan untuk memberikan mereka buah pir, karena alergen dan keaasamannya yang rendah, sehingga tidak menimbulkan masalah pencernaan. Buah ini bisa dikupas, dipanaskan dan kemudian dibubur. Pir tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang sedang mengalami diare.

18. Pelembab Kulit Alami:

Pir tidak hanya baik untuk kulit yang berminyak, tetapi juga baik untuk kulit yang kering dan bersisik. Buah ini mengandung humectants alami, yang membantu keseimbangan air, senyawa alami yang menjaga kelembaban kulit.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah