5 Manfaat buah manggis

5 Manfaat buah manggis

Manggis atau buah manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Indonesia. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter.

Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah".

Buah ini mengandung atau mempunyai aktivitas anti inflamasi & antioksidan, sehingga buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera indonesia.

Pohon dan buah Manggis


Manggis merupakan sebuah pohon tropis yang tumbuh dalam suhu hangat dan stabil, paparan suhu di bawah 0 °C (32 °F) untuk jangka waktu yang lama, umumnya akan membunuh tanaman dewasa. Hortikulturis yang berpengalaman telah menumbuhkan spesies ini di luar ruangan dan membawanya untuk dikembangkan di daerah ekstrem, selatan Florida.

Buah manggis bersifat apomiksis obligat, biji tidak berasal dari fertilisasi dan diduga mempunyai keanekaragaman genetik sempit, sehingga diperkirakan manggis di alam hanya satu klon dan sifatnya sama dengan induknya.

Kenyataan di lapang menunjukkan adanya keanekaragaman tanaman manggis yang mungkin disebabkan faktor lingkungan mau pun faktor genetik akibat mutasi alami sejalan dengan sejarah tanaman manggis yang telah berumur ribuan tahun.

Selain memiliki rasa yang manis, buah manggis juga rendah kalori. Sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet atau menurunkan berat badan. Terdapat 63 kalori per 100 gr buah manggis.

Tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, buah manggis juga dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh sebanyak 13 persen per 100 gramnya.

Buah manggis dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh sebesar 12 persen per 100 gram daging buahnya. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang bekerja kuat sebagai antioksidan. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti, flu, infeksi, hingga kanker. Buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor dalam memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Baca juga manfaat buah semangka

Manfaat buah manggis


1. Untuk kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas:

Kandungan Catechins yang terdapat pada buah manggis ini dapat menangkal radikal bebas pada tubuh manusia. jika anda mengkonsumsi buah manggis secara teratur, maka anda akan terhindar dari radikal bebas sehingga anda juga dapat cadangan antioksidan yang alami dan melimpah dari buah manggis ini.

2. Untuk mencegah penyakit kanker:

Buah manggis mengandung senyawa xamtone atau senyawa anti kanker yang terdapat pada buah manggis. Senyawa ini bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker yang terjadi pada usus besar dan usus hati. Selain itu, senyawa ini juga dapat memperlambat pertumbuhan yang dapat menyebabkan penyakit leukemia.

3. Untuk mencegah penyakit batu ginjal:

Dengan mengkonsumsi buah manggis, anda akan mengalami sering untuk buang air kecil. Jadi dengan hal inilah yang dapat membantu menghindari penyakit batu ginjal. Untuk dapat merasakan manfaat buah manggis ini, konsumsilah secara rutin.

4. Untuk menurunkan berat badan:

Buah manggis juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan xanthone yang selain dapat mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung, senyawa ini juga bermanfaat untuk melunakkan sel-sel membrane yang telah membesar serta mengeras yang bersamaan dengan besarnya tubuh manusia.

5. Untuk mencegah timbulnya jamur:

Jamur merupakan suatu hal yang sangat mengganggu bagi setiap orang khususnya wanita. Jadi jika anda ingin terhindar dari jamur, maka konsumsilah buah manggis secara teratur.

Manfaat kulit manggis:


1. Mengobati Sariawan:

Kandungan vitamin C pada buah manggis juga berfungsi untuk menyembuhkan sariawan. Cara membuat ramuan untuk mengobati sariawan yaitu dengan menyiapkan kulit manggis 2 buah, cuci dan dipotong-potong terlebih dahulu.

Rebus kulit manggis dengan 3 gelas air sampai ukuran berkurang 50 persen. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan buat untuk berkumur.

2. Mengatasi Diare:

Buah manggis menjadi buah yang cukup populer di negara Filipina. Masyarakat Filipina biasanya menggunakan hasil rebusan daun manggis dan kulitnya untuk mengatasi berbagai gejala penyakit seperti, menurunkan suhu tubuh saat demam, mengatasi diare, sariawan, disentri, hingga gangguan saluran kencing.

3. Anti kanker:

Kandungan xanthone dalam kulit dan buah manggis bersifat antiproliferasi danapoptosis yakni, efektif untuk menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker.

4. Mencegah Penyakit Jantung:

Buah manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. buah manggis menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

5. Meremajakan Kulit:

Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit. Bahkan pada Anda yang mengalami berbagai penyakit kulit.

Efek Samping Kulit Buah Manggis:


1. Alergi ringan:

Kulit menjadi kemerahan Terjadinya pembengkakan Gatal-gatal pada beberapa bagian tubuh.

2. Alergi yang mempengaruhi sistem kerja tubuh:

Nyeri sendi, Sakit kepala, Nyerit otot, Perut mual, kembung Insomnia dan jantung berdebar.
Anda juga perlu berhati-hati, karena kulit manggis mengandung kadar resin, serat kasar, dan tanin yang bisa mengakibatkan gangguan pencernaan apabila Anda mengonsumsi terlalu banyak.

Semoga bermanfaat.

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah