7 manfaat buah kawista

7 manfaat buah kawista

Buah Kawista (Limonia acidissima syn. Feronia limonia) adalah kerabat dekat maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan (Rutaceae). Tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya ini sudah jarang dijumpai meskipun sekarang beberapa daerah mulai mengembangkannya. Kawista relatif tahan kondisi buruk (kering atau tanah salin) & tahan penyakit. Asalnya dari negara India selatan hingga ke Asia Tenggara.

Buah kawista yang memiliki kandungan cola yang bisa begitu efektif buat mengatasi batuk dengan cara yang alami dan juga sehat. Buat kebutuhan ini, anda tinggal meminum sirup kawista maupun buahnya yang sudah matang.

Rasa Buah Kawista


Ketika masih muda, buah kawista rasanya sangat pekat dan asam segar sehingga banyak yang menjadikannya bahan rujak. Sementara itu ketika sudah matang, buahnya akan terasa manis legit dan nikmat serta mengandung sensasi cola meski zat sodanya tidak tinggi.

Jika matangnya di pohon, kawista akan mengeluarkan bau yang sangat harum dan tak jarang buahnya jatuh sendiri ke tanah. Jika ini terjadi, daging buah kawista tetap aman karena kulitnya yang tebal cukup melindungi buah di dalamnya.

Tak hanya rasa yang nikmat dan tampilan yang elegan, buah ini juga tahan hama penyakit dan bisa ditumbuh dalam kondisi cuaca ekstrim, semisal kemarau yang berkepanjangan atau di wilayah tandus yang jarang air.

Bahkan dari daerah pesisir pantai hingga di dataran tinggi dengan ketinggian 400-450 meter dari permukaan laut. Selain itu, buah yang beraroma khas dan begitu menusuk hidung ini juga banyak mengandung manfaat baik untuk kesehatan.

baca juga manfaat buah kecapi

Manfaat Buah Kawista


1. Mengobati Diare dan Disentri

Konsumsi buah kawista yang masih muda atau mentah dengan rasa yang pekat dipercaya dapat mengobati gangguan diare bahkan disentri.

2. Menyembuhkan Haid

Keluhan haid yang berlebihan atau kurang teratur juga banyak diobati dengan buah kawista meskipun praktik tersebut berjalan turun-temurun dan bukan berdasarkan penelitian medis. Untuk keperluan ini, Anda bisa memanfaatkan kulit batang pohonnya yang dicampur dalam ramuan jamu.

3. Menurunkan Demam

Meski belum ada penelitian yang menunjukkan hal tersebut, kebiasan masyarakat Asia yang mengonsumsi kawista ketika terserang demam cukup menguatkan bahwa salah satu khasiat ini adalah menurunkan demam.

4. Dapat menambah energi

Buah kawista ini mempunyai kandungan yang begitu melimpah dan menjadikan buah ini sebagai andalan buat menambah energi. buah kawista juga banyak sekali dimakan serta diolah buat bahan tonikum, yakni dapat mengembalikan energi yang banyak keluar sesudah melakukan kerja berat, olahraga, lembur, dan lain lain.

5. Dapat memperkuat daya tahan tubuh

Buah kawista memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu mencegah radikal bebas serta dapat memperkuat daya tahan tubuh. Anda dapat menikmati rasa manis dan lezatnya buah dan mengambil manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.

6. Obat Herbal untuk Batuk

Untuk keperluan ini, Anda tinggal mengonsumsi sirup kawista atau buahnya yang telah matang. Kandungan cola di dalam buah ini dapat sangat efektif untuk menyemmbuhkan batuk dengan cara alami nan sehat.

7. Penambah Energi

Kandungan glukosa yang melimpah di buah kawista menjadikan buah ini sebagai andalan untuk menambah energi. Kawista juga banyak dikonsumsi dan diolah untuk menjadi bahan tonikum yakni mengembalikan energi yang banyak keluar setelah melakukan kerja berat, lembur, olahraga atau pekerjaan ekstra lainnya.

Manfaat lainnya


Mengatasi mual, sakit perut, sakit hati, dan luka gigitan serangga.
Segala manfaat dan khasiat yang dipunyai buah kawista sesuai bersama kekayaan vitamin atau protein yang terkandung, mulai dari vitamin, serat, fe, lemak, protein, karbohidrat, abu, dan air.

Bijinya yang berwarna hitam bahkan mampu dimakan dan juga mempunyai kandungan yang sangat sama. sementara dagingnya juga mempunyai kandungan besi, kalsium, asam nitrat dan segala macam asam yang lain-nya. selain manfaat buat kesehatan diatas, buah kawista juga dijadikan bahan sirup dan juga campuran jamu.

Semoga bermanfaat.

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan