8 Manfaat buah rambutan

8 Manfaat buah rambutan

Rambutan dengan nama latin Niphelium Lappaceum merupakan salah satu buah rambutan yang banyak tumbuh subur di wilayah asia tenggara.

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.

Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand & Sri Lanka.

Pohon hijau abadi, menyukai suhu tropika hangat (suhu rata-rata 25 derajat Celsius), tinggi dapat mencapai 8m namun biasanya tajuknya melebar hingga jari-jari 4m.

Daun majemuk menyirip dengan anak daun 5 hingga 9, berbentuk bulat telur, dengan variasi tergantung umur, posisi pada pohon, dan ras lokal.

Pertumbuhan Buah Rambutan


Pertumbuhan rambutan dipengaruhi oleh ketersediaan air. Setelah masa berbuah selesai, pohon rambutan akan merona dan menghasilkan cabang dan daun baru. Tahap ini sangat jelas teramati dengan warna pohon yang hijau muda karena didominasi oleh daun muda.

Pertumbuhan ini akan berhenti ketika ketersediaan air terbatas dan tumbuhan beristirahat tumbuh.
Buah yang memiliki rasa manis ini umumnya memiliki bentuk bulat dan warnanya hijau kuning dan merah kalau sudah matang.

Tumbuhan ini menghasilkan bunga setelah tujuh tahun jika ditanam dari biji, namun pada usia 2 tahun sudah dapat berbunga jika diperbanyak secara vegetatif.

Rambutan berumah dua, tetapi bersifat androdioecious, ada tumbuhan penghasil bunga jantan saja dan tumbuhan penghasil bunga banci. Tumbuhan jantan tidak pernah menghasilkan buah.

Buah Rambutan Dikenal Memiliki Banyak Manfaat


Pembungaan rambutan dipengaruhi oleh musim atau ketersediaan air. Masa kering tiga bulan menghentikan pertumbuhan vegetatif dan merangsang pembentukan bunga.

Buah rambutan dikenal memiliki banyak manfaat dan diantaranya untuk ibu hamil, kulit wajah, janin, kesuburan pria, dan mencegah munculnya jerawat.

Baca juga manfaat buah srikaya

Kandungan Gizi Rambutan Jumlah Per 100 g:

  • Kalori (kcal) 82
  • Jumlah Lemak 0,2 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 11 mg
  • Kalium 42 mg
  • Jumlah Karbohidrat 21 g
  • Serat pangan 0,9 g
  • Protein 0,7 g
  • Vitamin A 3 IU
  • Vitamin C 4,9 mg
  • Kalsium 22 mg
  • Zat besi 0,4 mg
  • Vitamin B6 0 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 7 mg

Manfaat Buah Rambutan


1. Meningkatkan energi:

Kandungan karbohidrat dan protein yang terdapat di dalam buah rambutan dipercaya dapat meningkatkan energi manusia, ketika Anda merasa kekurangan energi karena banyaknya aktivitas yang Anda lakukan. Oleh karena itu buah rambutan dapat Anda jadikan sebagai pemicu energi alami ketika Anda melakukan aktivitas yang banyak menguras tenaga.

2. Dapat menguatkan sistem imun tubuh:

Buah rambutan memiliki kandungan tembaga yang dipercaya untuk kesehatan tubuh Anda, karena senyawa tembaga ini digunakan tubuh untuk membentuk sel darah putih yang berfungsi untuk menangkal bakteri maupun kuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

3. Menghindarkan tubuh Anda dari radikal bebas:

Seperti yang diketahui radikal bebas memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. dengan mengkonsumsi buah rambutan, maka Anda akan terhindar dari radikal bebas, karena buah rambutan memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

4. Mencegah kanker:

Selain rasanya yang manis buah yang satu ini juga bisa digunakan sebagai makanan pencegah kanker karena kandungan asam gallic yang terkandung di dalamnya yang dipercaya dapat menghancurkan dan menangkal radikal bebas yang memiliki potensi menimbulkan penyakit kanker dan dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

5. Mengatasi beberapa masalah pada kulit:

Buah rambutan dapat Anda jadikan sebagai makanan kecantikan alami jika Anda memiliki masalah pada kesehatan kulit, seperti kulit kasar dan kusam.

Manfaat tersebut dapat Anda dapatkan pada biji buah, yang dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan kulit Anda. Anda dapat mengunyah biji rambutan tersebut secara langsung atau mencampurkan kedalam masakan Anda.

6. Mengurangi lemak yang berlebih di dalam tubuh:

Biji rambutan juga memilki manfaat yang baik untuk diet, karena kandungan vitamin yang terkadung, dipercaya dapat mengurangi lemak yang berlebih, sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit berlebihnya lemak yang ada di dalam tubuh Anda.

7. Untuk perawatan dan kesehatan rambut:

Selain buah dan biji rambutan, daun rambutan juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan rambut. Anda dapat menggunakan sari daun, dengan cara blender atau tumbuk beberapa helai daun rambutan dan dicampur dengan sedikit air, kemudian saringlah dengan kain untuk mendapatkan sarinya.

8. Untuk Kecantikan:

Selain buah rambutan memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan, buah rambutan juga memilki manfaat yang bagus bagi kecantikan kulit Anda.

Dengan mengkonsumsi buah rambutan secara teratur maka Anda akan memiliki kulit dan rambut yang bersih dan indah secara alami.

Semoga bermanfaat.

hartsltg

Komentar

  1. artikelnya sangat bagus jika membutuhan refrensi bisa cek di sini https://repository.unair.ac.id/48820/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan