9 Manfaat buah matoa untuk kesehatan

9 Manfaat buah matoa untuk kesehatan

Buah Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman buah khas Papua di negara Indonesia bagian timur, tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm, umumnya berbuah sekali dalam setahun.

Berbunga pada bulan Juli sampai Oktober & berbuah 3 atau 4 bulan kemudian. Penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 mdpl.

Tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering (tidak tergenang) dengan lapisan tanah yang tebal. Iklim yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang baik adalah iklim dengan curah hujan yang tinggi (1200 mm/tahun).

Jenis Buah Matoa


Papua memiliki dua jenis Matoa, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Hal yang membedakan kedua jenis ini adalah tekstur buahnya.

Pada Matoa Kelapa buahnya kenyal dan padat seperti rambutan, sedangkan Matoa Papeda memiliki tekstur buah yang berdaging lebih lengket dan lembek.

Sepintas, buah Matoa tampak seperti buah pinang yang memiliki kulit keras berwarna hijau, merah, dan hitam, serta berbentuk bulat lonjong dengan panjang sekitar 5-6 centimeter.

Namun dalam hal rasa, Matoa memiliki citarasa manis dan wangi layaknya perpaduan antara buah rambutan, kelengkeng dan leci.

Nutrisi Buah Matoa


Selain memiliki rasa yang nikmat, buah Matoa pun memiliki khasiat yang cukup banyak. Kandungan vitamin C dalam buah mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah dan berfungsi meningkatkan antioksidan pencegah penyakit kanker.

Selain itu, Matoa juga mengandung vitamin E yang berguna sebagai penghilang stres, meningkatkan kesuburan, dan meminimalisir resiko terkena penyakit Jantung.

Namun demikian, kandungan glukosa dalam buah Matoa juga cukup tinggi, sehingga konsumsi Matoa dalam jumlah banyak dapat menyebabkan pusing dan mabuk.

baca juga manfaat sayuran sawi hijau

Manfaat Buah Matoa


1. Untuk Mencegah Penuaan Dini.

Manfaat matoa bagi Anda yang ingin tampak lebih muda adalah mencegah terjadinya penuaan dini yang terlalu cepat. Buah ini akan menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini, sehingga Anda akan senantiasa terlihat segar dan bercahaya.

2. Untuk Obat Ambeien.

Salah satu akibat dari terganggunya sistem pencernaan adalah penyakit ambeien. Khasiat matoa untuk penyakit ini adalah sebagai obat penyembuh. Jika Anda sedang mengalami penyakit yang satu ini, cobalah untuk mengonsumsi buah matoa secara teratur.

3. Untuk Penghilang Stres.

Dengan banyaknya aktivitas sehari-hari, kemungkinan besar mengidap stres sangatlah tinggi. Jangan abaikan stres yang Anda rasakan. Anda bisa menghilangkan penyakit ini dengan memakan buah matoa secara rutin setiap harinya.

4. Untuk Mencegah Hipertensi.

Khasiat matoa yang selanjutnya yaitu mencegah hipertensi. Buah ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami tekanan darah yang tidak stabil. Tekanan darah Anda juga akan lebih terkontrol dan juga seimbang.

5. Mengontrol Kadar Gula Dalam Tubuh.

Kadar gula dalam tubuh yang tinggi akan membuat Anda mengidap penyakit diabetes. Untuk mengontrolnya, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah ini. Khasiat matoa yang satu ini yaitu mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh Anda.

6. Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal.

Ginjal yang sehat akan membuat organ tubuh Anda juga sehat. Manfaat matoa untuk ginjal yaitu menyehatkannya, sehingga fungsi ginjal bisa bekerja dengan baik untuk mengendapkan berbagai racun dalam tubuh Anda.

7. Untuk Melancarkan Pencernaan.

Manfaat matoa untuk pencernaan juga sangat bagus. Buah ini mengandung banyak serat yang bisa membantu memproses makanan yang Anda konsumsi, sehingga bisa dibuang keluar dari tubuh dengan lebih lancar. Selain itu, organ pencernaan Anda juga akan menjadi lebih sehat.

8. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh.

Setelah racun dalam tubuh diendapkan, sisa racun tersebut akan dikeluarkan dari tubuh. Untuk membantu proses ini, Anda harus mengonsumsi buah matoa. Buah ini mampu mengeluarkan racun yang masuk ke dalam tubuh Anda.

9. Untuk Sumber Tenaga.

Khasiat matoa untuk tubuh juga bisa menjadi sumber tenaga alami yang menyehatkan.

Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami kelelahan yang cepat setelah beraktifitas sehari-hari, Anda bisa mengonsumsi buah ini sebagai penambah tenaga tambahan untuk tubuh.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan