Manfaat buah strawberry

Manfaat buah strawberry

Strawberry merupakan buah yang populer di dunia. Buah ini memiliki rasa yang enak dipadu dengan bentuknya yang cantik. Buah strawberry bukan hanya enak dimakan begitu saja, namun juga banyak digunakan sebagai pelengkap kue atau bahkan minuman berupa jus.

Buah stroberi berwarna hijau keputihan ketika sedang berkembang, dan pada kebanyakan spesies berubah menjadi merah ketika masak. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan gabungan dari streaw atau "straw" & berige atau "berry".

Alasan pemberian nama ini masih tidak jelas. Beberapa spesies Lepidoptera mengambil sumber makanannya dari tumbuhan stroberi, menjadikan spesies ini hama utama tanaman stroberi.

Buah strawberry bisa ditemukan di banyak tempat dengan harga yang cukup murah dan terjangkau di semua kalangan. Buah strawberry menjadi salah satu buah untuk ibu hamil yang direkomendasikan untuk di konsumsi.

Vitamin Yang Terkandung Pada Buah Strawberry


Kandungan vitamin yang terkandung di dalamnya bermanfaat mampu membantu ibu dan janin tetap sehat hingga persalinan nanti. Manfaat buah strawberry bagi ibu hamil banyak sekali ragamnya mulai dari hal hal sebagai berikut di bawah ini:

1. Mencegah anemia atau kekurangan darah pada ibu hamil:

Buah strawberry memiliki kandungan maanfaat zat besi untuk ibu hamil, yang mampu membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Anemia atau kekurangan darah merah yang pada umumnya menjadi alasan kenapa seorang ibu hamil mudah merasa capek dan pusing.

2. Asam folat:

Asam folat merupakan salah satu vitamin penting yang harus dipenuhi selama masa kehamilan. Bagi ibu hamil mengonsumsi buah strawberry sebanyak 8 buah pada tiap harinya setara dengan pemenuhan asam folat harian 7,5 % dari kebutuhan 400 mikrogram.

Pemenuhan manfaat asam folat bagi ibu hamil berperan penting dalam pembentukan sel darah merah bagi perkembangan janin. membantu perkembangan sistem syaraf dan juga dapat membantu bayi agar terhindar dari lahir cacat menghindarkan bayi terlahir dengan cacat tabung syaraf.

Saat ini telah banyak ditemukan kasus kelahiran bayi yang kurang sehat, Akibat kondisi yang kekurangan asam folat pada masa kehamilannya.

Mengatasi hal ini, anda bisa mengkonsumsi banyak makanan dengan kandungan asam folat 4 bulan, sebelum perencanaan kehamilan. Hal ini berguna dalam pemenuhan asam folat selama kehamilan.

3. Membantu menangkal radikal:

Selama masa kehamilan tentu anda harus berhati-hati supaya terhindar dari gangguan kehamilan. Beragam penyakit bisa datang darimana saja termasuk dari radikal bebas.

Radikal bebas bukan hanya menjadi penyebab datangnya penyakit ringan semata melainkan juga jenis penyakit yang berat hingga penyakit penyebab kematian layaknya kanker.

Buah strawberry mengandung antioksidan tinggi yang membantu menjaga kesehatan ibu serta janin yang dikandung dari serangan radikal bebas.

4. Mencegah berat badan pada janin:

Buah strawberry mampu menjaga kestabilan berat badan tubuh. Buah yang satu ini cocok bagi yang tengah meningkatkan nafsu makan. Buah strawberry bagus untuk mencegah berat badan yang berlebih bagi perkembangan bayi yang sedang dikandung.

5. Gangguan morning sickness:

Pada masa kehamilan, Ibu hamil akan sering merasakan yang namanya mual hingga muntah di pagi hari. Mual dan muntah ini disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh sang ibu karena adanya pertumbuhan baru di rahimnya.

Buah strawberry dapat mengurangi dampak morning sickness juga mengatasi pembengkakan yang terjadi pada tangan serta kaki wanita hamil.

Dalam mengatasi morning sickness, Anda juga bisa mengkonsumsi buah semangka atau minum air rebusan jahe. Cara lain dalam mengatasi kebiasaan mual hingga muntah adalah dengan cara memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Selain itu, ada baiknya jika anda menghindari makanan yang banyak mengandung gas seperti sawi, kol dan durian. Makanan yang banyak mengandung gas membuat perut terasa mudah penuh dan menyebabkan mual.

Pentingnya mengatur pola makan dan gizi ibu hamil berpengaruh juga dalam menghindarkan ibu hamil dari mual dan muntah. Makan sedikit namun sering sangat dianjurkan dibandingkan dengan cara makan yang banyak dan dalam sekali waktu.

Buah Strawberry untuk Kesehatan


Banyak sekali kandungan buah strawberry yang tidak boleh dilewatkan mulai dari antioksidan, Beragam vitamin mulai dari vitamin A, B, C, B2, B3, B5 juga B6, asam folat, kalsium, magnesium, potasium, zat besi, seng, sodium juga mineral dan beta karoten. Segala jenis vitamin juga nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Baca juga manfaat buah melon

Kandungan Gizi Stroberi kebun Jumlah Per 100 g

  • Kalori (kcal) 32
  • Jumlah Lemak 0,3 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,2 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 1 mg
  • Kalium 153 mg
  • Jumlah Karbohidrat 8 g
  • Serat pangan 2 g
  • Gula 4,9 g
  • Protein 0,7 g
  • Vitamin A 12 IU
  • Vitamin C 58,8 mg
  • Kalsium 16 mg
  • Zat besi 0,4 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 13 mg.

Beragam manfaat buah strawberry begitu banyak macamnya mulai dari:

A. Melawan infeksi.
B. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
C. Membantu menyembuhkan pilek.
D. Membantu menyembuhkan flu.
E. Membantu menjaga kesehatan pencernaan.
F. Membantu menurunkan kolesterol.
G. Menambah nafsu makan
H Mencegah datangnya anemia atau kekurangan darah.
I. Menjaga kestabilan berat badan.
J. Membantu menurunkan berat badan.
K. Menjaga kesehatan mental.
L. Mempertajam daya ingat.
M. Membantu mengatasi masalah jerawat.
N. Membantu mengatasi encok.
O. Mengurangi gejala penyakit stroke.

Manfaat daun strawberry

1. Daun strawberry juga bisa membantu dalam menangani diare.
2. Menjaga kesehatan jantung.
3. membantu menjaga kesehatan kulit.
4. Membantu menjaga kesehatan tulang.
5. Membantu mengatasi pertumbuhan jamur
6. Sebagai anti inflamasi.
7. Mencegah leukimia.
8. Memutihkan gigi.
9. Membantu mencegah diabetes.

Memilih Buah Strawberry yang Segar


Memilih buah strawberry untuk dikonsumsi secara langsung atau digunakan sebagai hiasan pada kue atau bahkan digunakan untuk membuat jus. Tentu anda menginginkan strawberry yang tidak hanya memiliki rasa enak melainkan juga yang memiliki kualitas yang bagus. Untuk itu anda perlu tahu bagaimana cara memilih buah strawberry yang baik dan segar, antara lain:

Buah strawberry yang segar dan matang umumnya memiliki warna merah dan terang hindari buah strawberry yang berwarna kusam karena bisa jadi buah tersebut belum terlalu matang, buah strawberry yang bertekstur lembek dan alot, tentu tidak lagi segar.

Mengetahui buah yang segar atau tidak bisa anda lakukan dengan cara menekan dagingnya, Buah yang masih segar tentu masih mengandung banyak vitamin C. Sementara itu, buah yang telah layu tentu telah berkurang vitamin nya.

Buah strawberry yang memiliki ukuran besar, umumnya memiliki kandungan air yang cukup banyak namun rasanya belum tentu manis jika dibandingkan buah strawberry dengan ukuran kecil.

Memilih buah strawberry atau jenis buah yang lain tentu harus dilakukan secara hati-hati supaya kandungan vitamin serta nutrisinya masih banyak. Terutama bagi ibu hamil, maka pemilihan bahan makanan yang akan dikonsumsi menjadi hal yang penting dan harus selalu diperhatikan.

Semoga bermanfaat.

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah