8 Manfaat buah carica

8 Manfaat buah carica

Buah Carica, karika (sering ditulis carica, Vasconcellea cundinamarcensis, syn. Carica pubescens, Carica quercifolia, Carica goudotiana, dan Cariaca candamarcensis.

Adalah kerabat pepaya yang menyukai keadaan dataran tinggi basah, 1.500–3.000 m di atas permukaan laut. Daerah asalnya adalah dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

Carica, karika (sering ditulis carica, Vasconcellea cundinamarcensis, syn. Carica pubescens, Carica quercifolia, Carica goudotiana & Cariaca candamarcensis.

Adalah kerabat pepaya yang menyukai keadaan dataran tinggi basah, 1.500–3.000 m di atas permukaan laut. Daerah asalnya adalah dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

Ciri Ciri Pohon Carica


Carica merupakan pohon kecil atau perdu yang tidak berkayu, mirip dengan pohon pepaya biasa (Carica papaya L.), tetapi mempunyai cabang yang lebih banyak dan ukuran semua bagian tanaman lebih kecil.

Tinggi rata-rata adalah 1-2 meter, bunga jantan memiliki tangkai yang panjang hingga 15 cm dan bunga betina berukuran lebih besar dengan tangkai yang keras dan pendek.

Berbentuk bulat telur dengan ukuran panjang 6–10 cm dan diameter 3–4 cm. Buah matang berbentuk telur sungsang dengan ukuran 6–15 cm x 3–8 cm, dagingnya keras, berwarna kuning-jingga, rasanya agak asam tetapi harum, di sekeliling rongganya terdapat banyak sekali biji yang terbungkus oleh sarkotesta yang putih dan berair.

Getah Buah Carica


Buah yang belum matang memiliki kulit yang berwarna hijau gelap dan akan berubah menjadi kuning setelah matang. Biji buah berwarna hitam dengan jumlah yang banyak dan padat.

Buahnya mengandung getah, dan getah ini akan semakin berkurang dengan semakin mendekati kematangan. Getah ini mengandung papain yang bersifat proteolitik.

Carica merupakan sumber kalsium, gula, vitamin A dan C. Mengandung banyak minyak atsiri dan merupakan turunan dari asam lemak.

Kebanyakan merupakan senyawa 3-hidroksiester, yang juga ditemukan pada beberapa tanaman tropika lainnya seperti nanas, mangga, gooseberry, tamarillo, dan sawo.

Buah ini dapat dijadikan sirup, jus, manisan, dan selai. Buah ini cocok dimakan oleh orang yang memiliki perut lemah terhadap buah-buahan karena mempunyai sifat memperbaiki pencernaan. Daging buahnya juga dapat dimakan segar.

Di Amerika Selatan, buah ini dijadikan minuman ringan non alkohol dan dijadikan selai. Buah yang masih muda biasanya dikeringkan untuk dijadikan serbuk bahan pembuatan obat penyakit kulit atau kosmetik.

Daunnya dapat digunakan sebagai pelunak daging karena mengandung zat papain. Selain itu, zat papain digunakan dalam berbagai industri makanan dan farmasi.

baca juga manfaat tomat

Manfaat Buah Carica


1. Sumber Energi:

Energi digunakan oleh setiap orang untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Karena dengan adanya energi tubuh akan lebih bersemangat dalam menjalankan segala sesuatu. Salah satu makanan yang merupakan sumber energi adalah carica.

Kandungan vitamin B komplek pada carica memiliki peranan penting saat metabolisme tubuh. Sehingga hal ini dapat menghasilkan energi yang lebih.

2. Untuk Kesehatan Mata:

Buah carica baik untuk menjaga kesehatan mata. Karena menurut penelitian buah carica lebih kaya akan vitamin A daripada wortel. Konsumsi buah yang satu ini untuk menjaga kesehatan mata serta tubuh.

3. Membunuh Bakteri di Dalam Usus:

Buah carica mampu menetralkan tingkat keasaman lambung. Ini karena carica mengandung enzim papain yang cukup tinggi.

Enzim ini mampu diserap oleh tubuh dengan mudah sehingga dapat bekerja dengan efektif pada tubuh. Bagi yang sering mengalami gangguan pencernaan juga dapat mengonsumsi carica.

4. Melancarkan Pencernaan:

Buah carica juga kaya akan serat yang tinggi. Sehingga ini akan dapat membantu untuk melancarkan pencernaan.

Pencernaan yang sehat juga dapat membuat perut menjadi rata dan tidak buncit. Hal ini dikarenakan serat yang terkandung dalam buah carica dapat mengikis lemak yang menumpuk pada perut.

5. Menyehatkan Kulit:

Kandungn vitamin C pada buah carica dapat membantu pembentukan kolagen. Sehingga dapat mengurangi kerutan pada wajah.

Kandungan vitamin E juga sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit serta melindungi kulit dari paparan sinar UV.

6. Sumber tenaga dan energi:

Khasiat carica untuk tubuh yang paling penting adalah sebagai sumber tenaga dan juga energy, agar Anda bisa beraktivitas setiap hari. Anda boleh mencoba mengonsumsi buah ini sebagai menu makan pagi sebelum Anda melakukan aktivitas harian Anda.

7. Anti oksidan:

Vitamin C dalam buah carica adalah vitamin yang memiliki kemampuan sebagai senyawa anti oksidan. Senyawa ini penting agar tubuh selalu terlindungi dari bahaya radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit.

8. Menyehatkan tulang:

Manfaat carica untuk tulang didukung oleh kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Buah ini memang buah yang bisa membuat tulang lebih sehat.

Semoga bermanfaat

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah