Manfaat daun singkong untuk kesehatan

Manfaat daun singkong untuk kesehatan

Daun singkong adalah daun yang berasal dari tanaman singkong atau ketela pohon. Daun singkong berbentuk runcing membentuk jari-jari & bertangkai kemerahan.

Tanaman singkong banyak tumbuh di daerah tropis, Daun singkong termasuk sayuran yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Daun singkong harus diolah dengan benar agar rasanya lebih mudah diterima untuk lidah. Daun singkong umumnya digunakan pada olahan sayur bersantan.

Kandungan Protein Nabati Daun Singkong


Daun singkong memiliki kandungan protein nabati yang tinggi, padahal umbi singkong hampir tidak mempunyai kandungan protein.

Daun singkong mengandung asam amino yang baik untuk perkembangan otak dan syaraf. Daun singkong berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit stroke, karena mengandung isoflavon di dalamnya.

Daun singkong juga berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh terhadap penyakit, daun singkong juga dipercaya baik untuk kesehatan mata.

Selain sebagai tanaman berkhasiat, daun singkong biasanya dibuat masakan berkuah santan atau direbus dan dimakan sebagai sayur. Daun singkong juga bisa digoreng dengan dicampur sedikit gandum dan garam.

Nutrisi Dan Vitamin Daun Singkong


Banyaknya Daun Singkong yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Daun Singkong yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 87 %


  • Energi Daun Singkong = 73 kkal
  • Protein Daun Singkong = 6,8 gr
  • Lemak Daun Singkong = 1,2 gr
  • Karbohidrat Daun Singkong = 13 gr
  • Kalsium Daun Singkong = 165 mg
  • Fosfor Daun Singkong = 54 mg
  • Zat Besi Daun Singkong = 2 mg
  • Vitamin A Daun Singkong = 11000 IU
  • Vitamin B1 Daun Singkong = 0,12 mg
  • Vitamin C Daun Singkong = 275 mg
Sumber Informasi Gizi, Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Beberapa nutrisi berharga, tekandung pada daun singkong seperti vitamin B1, vitamin A, asam amino essensial dan karbohidrat. Hal ini tentunya menjadikan manfaat daun singkong sangat baik dikonsumsi sebagai menu harian.

baca juga manfaat padi

Manfaat


1. Menjaga kesehatan sel tubuh.

Sel tubuh juga perlu dilindungi dari ancaman kerusakan dan penyakit. Salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk melindungi kesehatan sel tubuh adalah daun singkong. Kandungan alami dalam daun ini mampu menyehatkan sel dalam tubuh.

2. Menambah darah.

Manfaat daun singkong dapat membantu tubuh dalam menambah produksi sel darah merah. Daun ini digunakan sebagai bahan alami dalam menambah darah. Penyakit yang dapat dicegah seperti anemia bisa diatasi.

3. Untuk diet.

Daun singkong mengandung protein dan sejumlah vitamin yang dapat menurunkan berat badan tanpa efek samping yang timbul.

4. Menjaga kesehatan metabolisme.

Khasiat daun singkong juga baik dalam menjaga metabolisme tubuh. Metabolisme yang seimbang akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

5. Melancarkan sistem pencernaan.

Organ pencernaan akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit seperti sulit BAB. Hampir semua orang tahu bahwa serat sayuran sangat baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu usus besar manusia.

6. Sumber energi.

Kandungan berbagai protein atau asam amino essensial pada daun singkong sangat membantu memberikan energi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Asam amino essensial pada daun singkong membantu perubahan karbohidrat menjadi energi yang baik.

7. Anti oksidan.

Khasiat daun singkong untuk jangka panjang yaitu dapat menjadi anti oksidan alami yang menyehatkan. Daun yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencegah efek radikal bebas yang membahayakan kesehatan tubuh.

8. Untuk kesehatan mata.
Khasiat daun singkong bagus untuk kesehatan mata. Hal ini karena kandungan vitamin A dalam daun dapat mencukupi kebutuhan gizi. Penglihatan akan semakin jelas dan juga lebih tajam dari sebelumnya.

Semoga bermanfaat

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan