8 Manfaat jambu bol

8 Manfaat jambu bol

Jambu bol (atau jambu biji dan jambu merah) adalah pohon buah-buahan yang terkait dengan jambu biji. Buah jambu bol memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air.

Jambu bol merah Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai (Malay apple) apel Melayu, sedangkan nama ilmiahnya adalah Syzygium malaccense (yang berarti: berasal dari Malaka, mengacu pada salah satu asalnya.

Ciri Ciri Buah Jambu Bol


Pohon berukuran sedang, hingga sekitar 15 m. Batangnya lurus, panjangnya 20-45 cm, bercabang rendah & tebal dengan mahkota bulat, memberi naungan berat.

Daun tunggal terletak berhadapan, dengan tangkai pendek 1-1,5 cm, yang tebal dan kemerahan saat muda. Daun Oblong, besar, mendorong, 15-38 x 7-20 cm, tebal, agak kaku seperti jangat.

Karangan bunga muncul pada cabang yang tidak berdaun (sering pada cabang di dekat batang utama), bertangkai pendek dan berkelompok, berisi 1-12 kuncup.

Bunga merah agak ungu atau jambon, bernomor 4, diameter 5-7 cm, tabung kelopak dengan panjang 1,5–2 cm, merah, lonjong, bulat atau bulat, 1,5–2 cm, banyak benang sari, panjang hingga 3,5 cm, putik panjang 3-4,5 cm.

Buah Buni bulat untuk mendorong, dengan diameter 5-8 cm, merah tua, kuning keunguan, atau keputihan.

Daging padat, tebal 0,5-2,5 cm, putih dengan banyak buah dan aroma khas, manis dan asam. Bijinya tunggal, bulat kecoklatan, berukuran besar dan diameter 2,5-3,5 cm.

Macam Macam Jambu


Buah jambu bol atau malay apple biasanya disajikan sebagai buah meja. Rasanya manis, ada yang asam, ada juga yang manis.

Jambu bol, bersama dengan jambu air dan jambu semarang atau jambu cincalo memiliki kegunaan yang kurang lebih sama dan dapat menggantikan satu sama lain. Buah-buahan ini umumnya dimakan segar.

Karena tidak adanya peremajaan sehingga banyak pohon tua yang mati dan tidak produktif." Di antara ketiga jenis spesies berikut ini:

jambu batu (Psidium guajava),
jambu air (Syzygium aquaeum),
jambu semarang (Syzygium samarangense),
jambu bol termahal di antara ketiganya.


Kulitnya digunakan sebagai obat sariawan. Sementara kayu keras dan kemerahan cukup baik sebagai bahan bangunan, asal tidak menyentuh tanah.

Jambu Bol dapat ditemukan di mana saja dan menyebar ke ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Kadang-kadang ditemukan di hutan sekunder tua dan biasanya dikaitkan dengan jambu biji (Syzygium zollingrianum).

Jambu biji umumnya diperbanyak dengan biji, atau dengan okulasi. Musim berbunga pada bulan Mei-Juni dan dapat dipanen pada bulan Agustus-September.

Terkadang gejalanya muncul ketika pohon jambu terlihat subur dan segar, tetapi tidak ingin berbunga dan berbuah.

Asal usul dan penyebaran


Asal usul pohon buah jambu bol ini tidak diketahui dengan pasti, tetapi jambu bol banyak ditanam untuk waktu yang lama di Semenanjung Melayu, Sumatra dan Jawa (Indonesia)

Karena manfaatnya, jambu bol sekarang ditanam di banyak negara tropis, termasuk di negara-negara Karibia seperti Jamaika dan Trinidad dan Tobago.

Jambu biji bol memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan juga C.

Semua kandungan nutrisi ini dapat Anda jadikan referensi untuk mengkonsumsi buah ini sebagai buah yang baik untuk kesehatan.

Kandungan gizi buah jambu bol per 100 grm:

  • Vitamin A = 130 IU
  • Vitamin B1 = 0,02 mg
  • Vitamin C = 22 mg
  • Energi = 56 kkal
  • Protein = 0,6 gr
  • Lemak = 0,3 gr
  • Karbohidrat = 14,2 gr
  • Kalsium = 29 mg
  • Fosfor = 16 mg
  • Zat Besi = 1 mg

baca juga manfaat buah kedondong

Manfaat Buah Jambu Bol


1. Menjaga sistem syaraf:

Dalam buah jambu bol ada vitamin B1 atau yang biasa dikenal dengan thiamine. Tiamin memiliki banyak kegunaan dalam tubuh. Salah satunya menjaga fungsi saraf.

Selain itu, Vitamin B1 atau tiamin juga berguna untuk menjaga fungsi otot dan sistem saraf. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan beri-beri pada gangguan jantung dan otak.

2. Menyehatkan kulit:

Jambu bol bisa menghaluskan dan melembutkan kulit. Kandungan vitamin C dan mineral lainnya akan mencegah Anda dari penyakit, seperti kanker kulit.

3. Melancarkan pencernaan:

Bagi Anda yang kesulitan buang air besar, kemungkinan besar Anda kekurangan serat. Jambu bol dapat memperlancar pencernaan Anda karena buah ini mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh.

4. Menjaga kesehatan tulang:

Buah dengan ilmiah ilmiah Syzygium malaccense mengandung cukup banyak kalsium, yaitu 29 mg / 100 gr buah jambu bol. Kalsium itu sendiri berguna untuk mencegah keropos tulang atau yang biasa dikenal dengan osteoporosis.

5. Menjaga kesehatan mata:

Jaga kesehatan mata. Karena buah jambu bol mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Yang kita tahu jika vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, maka konsumsilah buah ini.

6. Diabetes:

Konsumsi langsung buah jambu bol atau jambu jamaika dapat membantu mengurangi kadar gula berlebih dalam darah, sehingga mencegah diabetes. Selain buah, semua bagian pohon seperti daun, batang, dan akar jambu biji juga bisa digunakan untuk mengobati diabetes.

7. Menjaga kesehatan mata:

Kandungan Vitamin A pada buah jambu bol cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi jambu bol secara rutin bisa membuat kesehatan mata Anda jauh lebih baik.

8. Mengatasi demam:

Bermanfaat untuk mengatasi demam pada tubuh, karena buah jambu bol memiliki banyak kandungan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah