Nutrisi buah pepino dan manfaatnya

Nutrisi buah pepino dan manfaatnya

Buah pepino atau pepino melon diyakini berasal dari Amerika Selatan. Buah pepino adalah buah yang umum ditemukan di pasar buah di sekitar Kolombia, Peru, Chili, Bolivia dan Ekuador, tetapi sekarang sudah menyebar keluar dari negara negara tersebut.

Buah pepino memiliki nama ilmiah Solanum muricatum dari genus Solanum, secara botani buah ini lebih dekat dengan tomat & terong daripada melon atau mentimun.

Deskripsi Tanaman Pepino


Tanaman pepino adalah sub-semak semi-padat, berumur pendek, abadi yang tumbuh sekitar 1-2 meter. Tanaman ini ditemukan tumbuh di lokasi yang cerah atau semi-teduh, bebas es, dan terlindung dari angin kencang.

Tanaman ini paling baik ditanam di tanah yang subur bebas pengeringan, dan netral. Jika tanah terlalu subur produksi akan tidak baik karena pertumbuhan vegetatif yang berlebihan. Tanaman ini memiliki sistem akar berserat.

Daun hijau cerah jarang ditutupi dengan rambut yang sangat kecil. Dalam penampilan, buah pepino sangat mirip dengan tanaman kentang, tetapi daunnya bisa berbentuk banyak, sederhana dan utuh, melengkung, atau dibagi menjadi selebaran.

Bunga pepino

Bunga kecil berwarna biru, ungu atau putih dan mirip dalam bentuk bunga kentang yang belum terbuka. Tanaman tidak akan berbuah sampai saat malam hari dan suhu di atas 65 ° F. Berbunga biasanya berlangsung dari bulan Agustus hingga Oktober.

Buah

Buah pepino menunjukkan keragaman ukuran dan bentuk. Di daerah asalnya ada jenis lonjong kecil dengan banyak biji, sementara yang lain berbentuk seperti buah pir atau hati dengan sedikit biji.

Pepino yang lain bulat, sedikit lebih besar dari bola bisbol dan benar-benar tanpa biji. Warnanya juga bervariasi sepenuhnya ungu, hijau solid atau hijau dengan garis ungu atau krem. Buah pepino biasanya berbentuk bulat telur, sekitar 2 hingga 6 inci.

Kulit pepino biasanya berwarna kuning atau hijau keunguan dengan banyak garis yang lebih gelap. Daging kehijauan sampai putih dan oranye kekuningan.

Pepino yang baik kualitasnya agak manis, menyegarkan dan berair dengan rasa dan aroma yang mirip dengan kombinasi melon. Buah matang 30 hingga 80 hari setelah penyerbukan. Benih mulai matang dari September hingga November.

Buah Pepino adalah tanaman asli dari Andes Amerika Selatan, di mana ia menjadi pusat diet orang Inca di masa pra-Kolombia. Banyak kapal berbentuk jimat dan ornamen lainnya telah digali dari situs Inca.

Pada saat Spanyol tiba, tanaman itu sudah tersebar luas di seluruh kekaisaran Inca, yang meliputi Peru, Ekuador, Chili utara, dan beberapa bagian Bolivia (Prohens). Pepino juga membuat kesan besar pada negara Spanyol, yang menyebarkan buah ke seluruh Amerika Selatan dan Tengah.

Buah pepino diperkenalkan secara luas ke Eropa pada abad ke-18, dan menyebar dari Spanyol ke negara-negara lain. Pepino juga ditanam di California dan Florida pada akhir abad ke-19. Sejak itu menjadi tanaman komersial penting di negara Selandia Baru, Chili, California dan buah yang sangat populer di negara Jepang.

Nilai Gizi Buah Pepino


Hal unik tentang buah pepino mungkin adalah tampilan kulit buah yang merupakan kombinasi kuning muda atau hijau dengan garis ungu.

Buah ini dikemas dengan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, protein, kalsium, zat besi, kalium dan tembaga. Kandungan protein ini sangat penting untuk metabolisme tubuh manusia.
baca juga manfaat buah jeruk
Pepino melon (Solanum muricatum), matang, mentah, Nilai gizi per 100 g.

  • Energi 22 Kkal 1%
  • Karbohidrat 5 g 4%
  • Protein 0,6 g 1%
  • Total Lemak 0,1 g 1%
  • Kolesterol 0 mg 0%
  • Serat Makanan 1 g 2%

Persentase Nilai Gizi Prinsip RDA

Manfaat Buah Pepino


1. Mengatur Gula Darah.

Kandungan serat yang ditemukan dalam buah pepino sangat baik untuk membantu mengatur kadar gula dalam aliran darah. Itu sebabnya buah pepino makanan yang sangat baik bagi mereka yang telah didiagnosis menderita diabetes tipe tertentu.

2. Penambah energi alami.

Seperti yang telah diketahui, bahwa kita mendapatkan energi dari glukosa yang tersimpan dalam tubuh, dan berasal dari makanan yang kita makan.

Pepino memiliki senyawa tertentu yang memecah glukosa ini menjadi semburan energi, dan energi langsung merasa terisi kembali. Sel-sel glukosa ini jika tidak disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Jika Anda merasa lemah, ambil buah pepino dan rasakan energi yang baik.

3. Melawan kanker.

Buah pepino merupakan sumber antioksidan. Artinya, antioksidan dapat digunakan untuk melawan radikal bebas yang bisa menjadi akar kondisi tertentu seperti perkembangan sel kanker.

4. Mengurangi kolesterol

Pepino terdiri dari kandungan serat larut tinggi yang menjaga kadar kolesterol tetap terjaga. Serat larut tidak mempengaruhi kolesterol secara langsung, tetapi mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh.

Serat larut dapat menurunkan penyerapan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) ke dalam aliran darah. Seperti buah lainnya dari genus yang sama, buah pepino juga menurunkan kadar kolesterol karena kaya serat.

Serat larut adalah senyawa yang tidak dapat dipecah tetapi memiliki fungsi yang menonjol dalam metabolisme tubuh dengan mengikat LDL untuk dicuci dan membiarkan HDL melakukan keajaiban pada tubuh manusia.

5. Penguat Energi Alami

Pepino mengandung senyawa tertentu yang dapat membantu memecah glukosa dalam tubuh, glukosa akan secara optimal diubah menjadi energi. Dengan kata lain, Anda membutuhkan energi ekstra, segera ambil buah pepino sebagai penguat.

6. Bagus untuk Tulang

Ketika berbicara tentang makanan yang bagus untuk tulang, orang mungkin berpikir susu, karena minuman itu kaya akan kalsium.

Buah pepino juga sumber kalsium yang baik serta vitamin K yang terkandung didalamnya. Berarti buah Pepino juga bagus untuk tulang, terutama pada usia tua ketika tubuh tidak lagi mampu menyerap kalsium tetapi vitamin K akan memastikan kesehatan tulang.

Kita semua tahu bahwa kalsium adalah komponen penting untuk tulang yang kuat dan sehat. Tetapi tidak banyak dari kita yang tahu bahwa vitamin K yang menjaga tulang kita kuat dan sehat, menjaga kalsium dalam tulang dan menghindari terkumpul di arteri.

Terutama ketika tulang mulai tumbuh lemah selama penuaan, vitamin K masih dapat membantu menjaga kesehatan tulang yang baik. Dan di antara sumber vitamin K, pepino adalah pilihan yang bagus.

7. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Buah pepino tidak mengandung natrium, tetapi mengandung banyak kalium, dan karenanya dapat digunakan secara efektif untuk mengatur tekanan darah tinggi.

Kalium membantu menyeimbangkan efek negatif garam, dan pada gilirannya, membantu menurunkan tekanan darah.

Buah Pepino juga dikenal karena sifat diuretiknya. Semakin sedikit cairan dalam ginjal, semakin rendah pula tekanan darah.

8. Penguat Kekebalan Yang Sangat Baik

Bagian tersulit setelah terserang penyakit serius adalah proses pemulihan. Pepino mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi bersama dengan antioksidan lain yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Buah Pepino bisa menjadi penambah imunitas yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari infeksi lebih lanjut.

9. Meningkatkan kesehatan hati

Memperkuat hati adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan energi, menyeimbangkan berat badan, dan memperkuat kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Serat dalam pepino diyakini dapat menghilangkan racun dari tubuh manusia, membersihkan hati dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

10. Manfaat Pencernaan.

Buah pepino juga bagus untuk sistem pencernaan, karena Pepino kaya akan serat. Ini bisa membantu meningkatkan pergerakan usus sementara, dan juga manfaat vitamin C yang terkandung akan memastikan penyerapan nutrisi lain yang optimal dan mencegah perut dari sembelit.

Pepino adalah sumber serat yang luar biasa dan dapat berfungsi sebagai obat yang sangat baik untuk orang-orang yang memiliki usus tidak teratur atau menderita sembelit.

Kandungan vitamin C dari pepino memungkinkan tubuh menyerap nutrisi dari makanan secara optimal. Ini juga dapat digunakan sebagai obat yang sangat baik untuk menenangkan sakit maag.

11. Sarapan sehat.

Pasti ada saat di mana Anda tidak punya waktu untuk sarapan, tetapi Anda tahu benar bahwa sarapan adalah makanan terpenting hari itu.

Makan buah pepino untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan pemacu energi yang cukup di pagi hari sampai Anda punya waktu untuk makan sarapan yang tepat.

Buah pepino aman untuk dikonsumsi ketika perut masih kosong, karena pepino tidak mengandung senyawa asam tertentu yang dapat mengganggu pencernaan.

12. Meringankan Anemia

Anemia adalah salah satu komplikasi penyakit ginjal. Selain perawatan reguler, buah pepino dapat membantu dalam perawatan.

Orang yang menderita penyakit ginjal mengalami tingkat kreatinin tinggi, karena ginjal tidak dapat mengeluarkannya dari darah. Sifat diuretik buah membantu mengurangi limbah melalui urin dari darah.

13. Menurunkan Tekanan Darah

Dibandingkan dengan buah lain dari genus yang sama, pepino mungkin adalah buah yang dikemas dengan banyak kalium, sementara pada saat yang sama super rendah sodium.

Buah pepino ini sangat bagus untuk mereka yang saat ini menderita dalam mengelola tingkat tekanan darah. Manfaat utama kalium adalah untuk mengatur tekanan darah untuk mencegah kondisi seperti penyakit jantung, hipertensi dan bahkan stroke.

Penggunaan tradisional dan manfaat lainnya

Buah pepino dianggap bermanfaat untuk diabetes dan harus dikonsumsi sebagai salad setiap hari.
Ini membantu dengan penyakit hati, menurunkan tekanan darah, membantu bagi mereka yang menderita stroke untuk sembuh lebih cepat, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Pepino juga dapat membantu mencegah kanker dan diabetes, plus menurunkan kolesterol.
Serat yang terkandung dalam buah pepino juga membantu mengatasi sembelit dan cenderung meredakan borok lambung.

Pepino yang berdaging kuning mengandung senyawa fenolik seperti β-karoten, dan zea-xanthin. Zeaxanthin membantu melindungi retina dari penyakit makula terkait makula terkait usia (ARMD) dengan menyaring sinar ultra-violet yang berbahaya, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Selain β-karoten, mengandung kadar rata-rata vitamin A dan antioksidan flavonoid seperti lutein. Secara keseluruhan, senyawa pigmen ini ditemukan memiliki sifat antioksidan dan mengambil bagian dalam penglihatan malam, pemeliharaan mukosa pada kulit yang sehat, dan juga tulang.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan alami yang kaya akan flavonoid diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

Buah pepino segar memiliki vitamin C dalam jumlah sedang. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan mengais radikal bebas berbahaya.

Buah pepino segar adalah sumber kalium yang cukup baik. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah yang disebabkan oleh natrium.

Selanjutnya, mereka membawa tingkat rata-rata vitamin B kompleks yang penting seperti tiamin, niasin, asam folat, riboflavin serta beberapa mineral seperti fosporus, zat besi, kalsium, mangan, dan elemen pelacak.

Dalam pengobatan tradisional, pepino diduga memiliki sifat antirematik. Pepino juga dianggap bermanfaat untuk mengobati infeksi pernapasan dan berbagai masalah kulit.

Peringatan Buah Pepino

Jika telah didiagnosis dengan kondisi alergi tertentu, Anda harus berhati-hati ketika makan pepino untuk pertama kalinya, terutama ketika Anda didiagnosis alergi terhadap beberapa buah yang terkait dengan varietas nighthades seperti terong dan tomat.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan