11 manfaat lokio untuk kesehatan

11 manfaat lokio untuk kesehatan

Lokio nama ilmiah Allium schoenoprasum, adalah spesies yang dapat dimakan dari genus Allium. Kerabat dekat mereka termasuk bawang merah, bawang putih dan daun bawang.

Lokio adalah tanaman Eurasia kecil yang banyak dibudidayakan terkait dengan bawang, dengan bunga ungu-merah muda dan jumbai padat dari daun berbentuk tabung yang digunakan sebagai ramuan kuliner.

Lokio adalah tanaman tahunan dari keluarga Liliaceae, tanaman kecil yang menyerupai daun. Ini terkait dengan bawang. Tahan dingin, umbi kecil, putih, panjang, daun tipis, tubular, pertumbuhan pleksus, bunga pucat biru atau lavender, umbel bulat padat & cerah, tegak dan lebih tinggi dari rumpun daun, biasanya hanya beberapa biji.

Pada zaman kuno, orang menyebutnya "daun bawang buru-buru" untuk menghias, mengusir, dan meramal. Lokio dapat berasal dari Cina, Siberia atau Yunani, tetapi saat ini lokio dijual di supermarket dan hampir tersedia secara bebas di seluruh dunia.

Koki papan atas menggunakannya sebagai hidangan istimewa atau ornamen yang memikat, sedangkan koki lain menggunakannya sebagai obat herbal untuk tujuan terapeutik.

Ada Beberapa Jenis Lokio Di Negara Cina


Pertama, lokio daun bawang tegak, dengan jumlah anakan tunggal 11,6 dan cluster padat. Tinggi tanaman 45 hingga 50 cm dan tingkat pengembangan sekitar 28 cm. Daun lokio memiliki panjang 4-6 cm dan memiliki diameter sekitar 1,2 cm. Berat per tanaman adalah 4 hingga 5 g.

Daunnya berwarna hijau tua, tubular berongga, ujung runcing, dan daunnya ditutupi bubuk lilin. Sarungnya berwarna kekuningan, oblate, dan tubular. Kulit luar bulb berwarna putih dan transparan. Anakan yang kuat, tahan dingin, tahan panas, dan kemampuan beradaptasi yang luas.

Pertumbuhannya cukup cepat, berbunga tidak kuat, dan periode pertumbuhan adalah 50 hingga 60 hari. Aromanya kuat. Hasil per mu adalah 1600 hingga 2000 kg. Cocok untuk budidaya musim semi dan musim gugur.

Kedua, lokio merah. Bawang beras juga disebut bawang millet dan bawang merah. Tanaman tegak, tinggi tanaman 35 hingga 40 cm, daun bawang hijau pucat, panjangnya sekitar 30 cm, dan diameternya 0,9-1 cm.

Daunnya berwarna hijau gelap dengan bubuk lilin di permukaan. Umbi kecil, putih, dan berbentuk spindle. Tahan panas, tahan dingin, tahan lemak dan lembab, dengan kualitas halus dan aroma yang kuat. Kekuatan anakan kuat, dan rata-rata umbi 5 hingga 7.

Teksturnya lembut dan aromanya kuat. Periode pertumbuhan adalah sekitar 80 hari, dan hasil per mu adalah 2500 hingga 4000 kg.

Ketiga, lokio empat musim. Tanaman bawang empat musim tegak, bergerombol, dengan tinggi tanaman 35 hingga 40 cm dan tingkat pengembangan sekitar 18 cm.

Batang semu berwarna putih, silindris, panjang sekitar 8 cm dan diameter sekitar 0,6 cm, batang semu berwarna putih, silinder, panjang 8,3 cm, tebal 0,6 cm, dan berat 3 hingga 4 g per tanaman.

Daunnya hijau dan bubuk lilinnya kurang. Anakan yang kuat dan pertumbuhan yang cepat. Ini tahan dingin, tahan panas dan memiliki kemampuan beradaptasi yang luas, dapat ditanam di hari lain kecuali musim panas. Berbunga tidak kuat dan aromanya kuat. Hasil per mu adalah 1000 hingga 1600 kg.

Keempat, lokio putih. Bawang putih juga disebut bawang buah. Tinggi tanaman sekitar 46 cm dan perkembangannya sekitar 20 cm. Batang semu berwarna putih kehijauan, panjang 5 hingga 6 cm dan diameter 0,8 cm.

Umbi kecil terbentuk pada awal musim panas, dan umbi kecil seluruh tanaman dikumpulkan menjadi bunga lili, umbi kecil seperti bawang putih memiliki panjang sekitar 3,5 cm dan diameter 1,5 cm, dan kulit luarnya berwarna ungu-coklat dan sisiknya berwarna putih.

Daun bawang hijau berwarna hijau gelap, oblate, dan berlubang, dengan bubuk lilin. Ramet berkembang biak dan memiliki kemampuan anakan yang kuat dan tidak berbunga. Periode pertumbuhan sekitar 40 hari. Aroma yang kuat dan kualitas sedang. Umbi harus dibumbui atau diasinkan.

Cara Perkembangan Dan Budidaya Lokio


Lokio bisa ditanam di kebun atau di pot kecil. Daun lokio dapat menghasilkan sejumlah benih kecil, dan biji tersebut dapat ditanam di cakram untuk membiakkan daun lokio. Tanaman lokio juga menghasilkan umbi seperti bawang, dan umbi adalah bawang.

Umbi lokio lebih kecil dari bawang, yang biasanya diperbanyak dengan umbi lokio, yang lebih cepat perkembangan daripada menggunakan biji.

Di Cina, Lokio biasanya ditabur atau ditanam dari bulan Maret hingga bulan April, dipanen dari bulan Juni hingga Juli, dapat juga ditanam dari bulan September hingga Oktober, dan dipanen dari bulan April hingga Mei di tahun kedua.

Dianjurkan untuk menanam diladang dengan medan datar, drainase atau pengairan yang baik, dan di tanah yang subur, dapat pula tumbuh di tanah berpasir atau lempung, persyaratan untuk keasaman tanah dan alkalinitas tidak ketat, dan mikro-asam untuk mikro-alkali dapat digunakan.

Namun, tidak harus terus menerus selama bertahun-tahun, dan tidak boleh dihubungkan dengan bawang merah dan sayuran bawang putih lainnya. Setelah penanaman selama 1 hingga 2 tahun, perlu ditanam kembali.

Setelah memilih plot yang baik, lahan itu akan dibajak lagi. Umumnya, 2500 hingga 3500 kilogram pupuk fermentasi atau pupuk kandang akan diterapkan per hektar, ditambah 30-35 kilogram pupuk fosfor dan kalium, atau 40 kilogram pupuk majemuk.

Setelah budidaya, tanah dididihkan atau di naikkan, dan lebarnya sekitar 2 meter, lebar sulkus 40 cm dan kedalaman 15 hingga 25 cm, dapat digunakan sebagai "tiga parit" dan dapat diairi.

Lokio umumnya diperbanyak dengan ramet. Dianjurkan untuk menanam ramet pada tanaman pada tahun yang sama, dan suhu rata-rata sekitar 20 ° C.

Secara umum, jarak menanam lokio adalah 20 cm, dan setiap lubang ditanam dengan 2 hingga 3 bibit, dengan kedalaman 4 hingga 5 cm, pitch bawang merah halus adalah 10 cm, jarak lubang 8 cm, dan 2 sampai 3 bibit ditanam per lubang, ditanam sedalam 3 sampai 4 cm.

Setelah menanam, siram air secukupnya, dan Lokio terkadang memiliki sejumlah kecil benih, yang dapat digunakan untuk menabur dan berkembang biak. Setelah tanam, itu akan menjadi dangkal dan jernih, dan gulma akan dihilangkan.

Saus atas adalah 10% terurai dan air kotoran diencerkan atau 0,5% air pupuk tipis urea, dan penanaman adalah 1000-1500 kg.

Karena distribusi akar lokio yang dangkal dan daya serap yang lemah, tidak tahan terhadap pupuk berat, tidak toleran terhadap kekeringan, dan memiliki daya saing yang buruk dengan gulma, harus disiram dengan air kecil untuk menjaga tanah agar tetap lembab, dan memperhatikan cuaca hujan.

Setelah penanaman selesai, anakan dimulai, dan anakan dapat dibagi lagi menjadi anakan sekunder. Umumnya, setelah 2 hingga 3 bulan penanaman, kluster tanaman relatif mewah dan dapat dipanen

Jika tidak dipanen, ia juga dapat terus tumbuh di ladang, dan akan menerima musim dingin berturut-turut. Atau ekstrak bagian anakan untuk setiap pleksus, sisakan bagian untuk melanjutkan pengelolaan pemupukan, dan kemudian kumpulkan setelah tumbuh.

Lokio mengandung komponen yang mudah menguap seperti crotonaldehyde, 2-methylpentene-2-aldehyde methylpropyl disulfide, propilena propil disulfida, dll; benih mengandung beberapa peptida gl-glutamil.

Daun lokio bagus untuk kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan rambut, membantu meningkatkan penglihatan, bertindak sebagai penangkal, membantu mencegah kanker, dan membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Manfaat lain termasuk peningkatan pencernaan, pencegahan cacat lahir, peningkatan kualitas tidur dan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

baca juga manfaat sayuran kucai

Nilai gizi lokio per 100 g (3,5 ons)

  • Energi 126 kJ (30 kkal)
  • Karbohidrat 4,35 g
  • Gula 1,85 g
  • Serat makanan 2,5 g
  • Lemak 0,73 g
  • Protein 3.27 g
  • Vitamin Kuantitas% DV †
  • Vitamin A 27% 218 μg
  • beta karoten 24% 2612 ug
  • lutein zeaxanthin 323 ug
  • Tiamin (B1) 7% 0,078 mg
  • Riboflavin (B2) 10% 0,115 mg
  • Niacin (B3) 4% 0,647 mg
  • Asam Pantotenat (B5) 6% 0,324 mg
  • Vitamin B6 11% 0,138 mg
  • Folat (B9) 26% 105 ug
  • Vitamin C 70% 58,1 mg
  • Vitamin E 1% 0,21 mg
  • Vitamin K 203% 212,7 μg
  • Mineral Kuantitas% DV †
  • Kalsium 9% 92 mg
  • Besi 12% 1,6 mg
  • Magnesium 12% 42 mg
  • Mangan 18% 0,373 mg
  • Fosfor 8% 58 mg
  • Kalium 6% 296 mg
  • Seng 6% 0,56 mg

Unit
μg = mikrogram • mg = miligram
IU = Unit internasional
† Persentase diperkirakan secara kasar menggunakan rekomendasi AS untuk orang dewasa.
Sumber: Database Nutrisi USDA

Manfaat Lokio


1. Lokio Tingkatkan Kesehatan Jantung

Lokio tingkatkan kesehatan jantung, Jantung dapat dilihat sebagai pusat transportasi pusat dari seluruh tubuh. Ia mengendalikan aktivitas yang menopang kehidupan, tanpanya, tidak ada kehidupan.

Diet sehat membantu kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung. Lokio mencegah kalsifikasi arteri dan pembentukan plak aterosklerotik.

Asupan allicin dalam daun tanaman setiap hari mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan juga mengatur kadar kolesterol bermanfaat tubuh (HDL). Berkat allicin, aliran darah dari jantung ke organ tubuh lainnya diatur dan dioptimalkan dengan berbagai cara.

Lokio juga mengandung kalium, yang membantu mencegah masalah yang berhubungan dengan jantung seperti gagal jantung, serangan jantung dan tekanan darah tinggi, dan mengurangi kekakuan pembuluh darah.

Kalium menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan ekspansi pembuluh darah dan mengurangi resistensi terhadap aliran darah, dan berkontribusi banyak bagi kesehatan sirkulasi secara keseluruhan.

2. Lokio Mempromosikan Kesehatan Kulit

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh manusia, yang merupakan pertahanan utama kita melawan agresor asing, dan harus menarik perhatian kita dalam menjaga kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan.

Lokio mengandung beta-karoten, yang membantu memastikan bahwa kulit bersih dan halus karena juga membantu menghilangkan penampilan jerawat. Mereka juga mengandung vitamin C dan vitamin E, antioksidan yang bantal kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh matahari.

Vitamin C juga meningkatkan elastisitas kulit, sehingga suplai darah meningkat, dan kecepatan penyembuhan luka dipercepat karena peningkatan sintesis kolagen.

3. Lokio Mempromosikan Kesehatan Rambut

Lokio kaya akan antioksidan, vitamin C, strontium dan flavonoid, yang secara efektif dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut yang tidak perlu.

Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut. Daun bawang juga membantu mengurangi kerusakan rambut yang disebabkan oleh folikel rambut yang kering atau rusak.

4. Lokio Dapat Meningkatkan Visi

Ketika mata berada pada kondisi terbaiknya, kinerja dan perhatian akan meningkat dengan cara yang sama. Diet sehat dengan daun lokio dapat membantu mata. Vitamin A dapat meningkatkan penglihatan.

Lokio mengandung banyak vitamin A, yang lebih dari banyak sayuran lain dalam keluarga bawang, yang menjelaskan mengapa itu meningkatkan kesehatan mata.

Daun hijau lokio mengandung antioksidan fenolik flavonoid seperti beta-karoten, zeaxanthin dan lutein, yang baik untuk penglihatan, menunda kerusakan makula terkait usia dan melindungi saraf optik.

5. Daun Lokio Adalah Penangkal Yang Berguna

Detoksifikasi adalah penghilangan racun dari tubuh. Daun lokio adalah bahan pembantu yang sangat baik dalam proses detoksifikasi karena daun lokio menggunakan daunnya dengan sifat diuretik dan antioksidan untuk mendetoksifikasi beberapa zat berbahaya dalam tubuh.

Daun lokio juga membantu hati mendetoksifikasi dan membantu mengatur ulang enzim hati yang meningkat.

Penghapusan zat beracun dari tubuh akan meningkatkan kinerja dan efisiensi sistem organ lain, karena tubuh sering memiliki mekanisme untuk merusak kinerja ketika tingkat limbah melebihi normal.

Ketidakmampuan hati untuk mendetoksifikasi limbah dengan baik dapat menyebabkan peradangan hati dan komplikasi sistemik lainnya, bahkan jika hati adalah organ yang sulit untuk beradaptasi.

6. Lokio Membantu Mencegah Kanker

Lokio rendah kalori, tetapi mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi, dan dapat membantu mencegah kanker melalui bantuan salah satu dari berbagai senyawa aktif biologis yang ditemukan pada tanaman.

Lokio mengandung senyawa anti-kanker yang mencegah kanker tumbuh atau menyebar ke seluruh tubuh selama perkembangan pertumbuhan ganas sekunder pada jarak dari situs utama kanker.

Ini mempromosikan produksi (glutathione) suatu senyawa yang terlibat sebagai koenzim dalam reaksi reduksi oksidasi dalam sel. Ini adalah tripeptide yang berasal dari asam glutamat, sistein, dan glisin yang mengenali dan menghilangkan metabolit yang disebabkan oleh karsinogenik dan racun dalam tubuh.

Senyawa anti-kanker yang ditemukan dalam lokio membantu mengobati kanker lambung, kerongkongan, prostat dan pencernaan, karena kaya akan selenium dan membantu melindungi sel dari efek berbahaya racun dan radikal bebas di dalam tubuh.

7. Lokio Mempromosikan Kesehatan Tulang

Meskipun lokio itu sendiri tidak kaya kalsium, lokio mengandung senyawa yang mempertahankan kalsium dalam tulang dan darah, mencegah ekskresi kalsium dalam urin, sehingga memastikan integritas tulang.

Lokio berkontribusi pada produksi osteocalcin, kofaktor yang membantu menjaga kepadatan mineral yang dibutuhkan oleh tulang untuk menjaga struktur kuat dan sehat.

Vitamin K dapat mengurangi keropos tulang dalam tubuh, tetapi juga membantu melindungi tulang dan mengurangi insiden patah tulang pada wanita pasca menopause. Konsumsi lokio secara teratur juga membantu mencegah osteoporosis, kelainan struktural yang memengaruhi integritas matriks tulang.

8. Lokio Tingkatkan Pencernaan

Proses pencernaan memecah makanan menjadi bahan-bahan yang lebih kecil. Tubuh menggunakan produk pencernaan untuk pertumbuhan, energi dan perbaikan sel. Tanaman ini mengandung nutrisi yang meningkatkan pencernaan tubuh.

Ini termasuk zat besi, kalsium, riboflavin, asam folat, tiamin, niasin dan kalium, yang memiliki efek pada peningkatan metabolisme mikronutrien, Ini pada gilirannya meningkatkan penggunaan nutrisi dengan meningkatkan penyerapan.

9. Lokio Membantu Mencegah Cacat Lahir

Cacat lahir adalah mimpi buruk bagi orang tua karena biasanya berarti bayi yang baru lahir akan menderita dalam beberapa bentuk.

Namun, kabar baiknya adalah Anda dapat meminimalkan risiko cacat lahir ini melalui program nutrisi prenatal yang andal yang mencakup asupan penuh asam folat.

Meskipun asam folat adalah kompromi yang baik, asam folat organik lebih unggul dan secara signifikan dapat mengurangi risiko cacat lahir seperti cacat bawaan dari tulang belakang di mana bagian dari sumsum tulang belakang dan meninganya terpapar melalui celah di tulang belakang.

Ini sering menyebabkan kelumpuhan pada tungkai bawah, dan terkadang cacat mental dan penyakit tabung saraf.

10. Lokio Tingkatkan Kualitas Tidur

Lokio kaya akan vitamin dan fitokimia yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Sebagai contoh, lokio mengandung kolin dan asam folat, yang menguraikan homocysteine ​​menjadi sistein asam amino yang tidak berbahaya, yang memainkan peran penting dalam pengaturan tidur dan suasana hati.

11. Lokio Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan melindungi tubuh terhadap penyakit, dan sayuran adalah sumber vitamin dan antioksidan terbaik yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Kehadiran vitamin A dan C membantu merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang membuatnya lebih efektif dalam menghilangkan patogen ketika terjadi.

Kesimpulan

Lokio mungkin bukan yang paling terkenal di keluarga bawang, tetapi lokio dapat memelihara tubuh dan mempertahankan kehidupan. Memasukkan lokio ke dalam menu makanan Anda pasti akan meningkatkan Kesehatan.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan