16 Manfaat Bawang Putih Untuk Tubuh

16 Manfaat Bawang Putih Untuk Tubuh

Bawang putih (Allium sativum, garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 700 tahun.

Bawang Putih


Tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika & Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan.

Bawang putih mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk kandungan zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.

Kandungan Gizi Bawang putih Jumlah Per 100 g



  • Kalori (kcal) 148
  • Jumlah Lemak 0,5 g
  • Lemak jenuh 0,1 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,2 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 17 mg
  • Kalium 401 mg
  • Karbohidrat 33 g
  • Serat pangan 2,1 g
  • Gula 1 g
  • Protein 6 g
  • Vitamin A 9 IU
  • Vitamin C 31,2 mg
  • Kalsium 181 mg
  • Zat besi 1,7 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 1,2 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 25 mg.

Baca juga manfaat buah cabai

Bawang Putih Mempunyai Khasiat Sebagai Antibiotik Alami Di Dalam Tubuh Manusia, Dan Berikut Manfaatnya:

1. Anti Ketombe:

Bawang putih mengandung sulfur dan juga anti bakteri. Bawang putih dianggap menjadi obat untuk rambut yang gatal dan berketombe. Karena ketombe tumbuh dari bakteri atau kulit kepala yang kotor. Usapkan satu siung bawang putih ke bagian kulit kepala yang berketombe, lakukan secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

2. Membersihkan Racun:

Bawang putih bisa menjadi detok bagi tubuh. Bawang putih mengandung antioksidan yang berguna untuk membuang racun yang ada didalam tubuh.

3. Mengobati Wasir:

Wasir merupakan salah satu penyakit pencernaan. Bawang putih dengan sifat antibakteri bisa mengobati wasir. Haluskan beberapa siung bawang putih, kemudian oleskan ke bagian anus yang mengalami wasir atau ambeien. gunakan bawang putih sebagai pereda bengkak dan juga obat ambeien. Tunggu beberapa menit kemudian bilas dan keringkan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak:

Senyawa sallycylstein ternyata bisa mencegah degenerasi lobus frontal pada otak. Dengan begitu otak bisa berkembang dengan baik dan sangat baik untuk dikonsumsi.

5. Mengobati Impotensi:

Kandungan bawang putih seperti nitrit oksida sintase memiliki sifat afrodisiak dan bisa menyembuhkan para penderita impotensi. Kandugan ini mengatasi lemah syahwat. Konsumsi bawang putih secara rutin untuk pengobatan yang maksimal.

6. Mencegah Penyakit Kanker:

Bawang putih mengandung bahan organ osulfida yang bermanfaat untuk membantu hati dalam menghasilkan senyawa kimia yang mencegah kanker usus dan kanker perut. Gunakan atau masukan ke
dalam makanan yang anda konsumsi.

7. Mengobati Penyakit Kulit:

Bawang putih digunakan sebagai obat penyakit kutil, caranya:
Tubuk bawang putih, lalu tempelkan pada kutil, ikat yang kuat dengan kain atau plester dan tunggu sampai 30 menit, kulit akan terasa panas dan kutil akan menghitam. Anda akan terbebas dari kutil.

8. Mengobati Pernafasan:

Di negara yunani dan china, bawang putih dipercaya sebagai obat yang bisa meredakan sakit pernafasan bronkitis dan asma. Kandungan allicin bisa memberikan sensasi sedikit tajam pada bagian penciuman dan juga meredakan radang atau sakit yang ada pada paru-paru.

9. Merangsang Sel Saraf:

Bagi anda yang mengalami penyakit berkaitan dengan saraf. Bawang putih mengandung senyawa saltivine yang bekerja untuk merangsang susunan sel saraf agar bekerja dengan baik.

10. Sumber Stamina:

Bawang putih bisa menjadi penguat stamina secara alami. bawang putih mengandung protein yang memberikan sumber stamina pada tubuh.

11. Mengobati Kolesterol:

Kandungan Allin dan allicin pada bawang putih bisa membantu mengobati penderita kolesterol tinggi. Tubuh akan bermasalah jika memiliki kolesterol yang tinggi. Karena dengan kolesterol menyebabkan penyakit lain datang, seperti penyakit jantung dan lainnya.

12. Menyembuhkan flu:

Bawang putih mengandung bahan yang berguna sebagai antibakteri, anti jamur dan anti virus. Baik untuk menyembuhkan tubuh yang sedang terserang flu, bawang putih bisa menyembuhkan dengan baik. konsumsi bawang putih secara rutin, maka anda akan segar kembali dan virus influenza akan menghilang.

13. Mengobati Sakit Gigi:

Berbagai bakteri bisa dihilangkan oleh bawang putih termasuk kuman dan bakteri pada gigi. Potong kecil bawang putih dan taruh pada gigi yang berlubang. Sifat anti bakteri bawang putih akan bekerja dan membunuh kuman penyebab gigi sakit. Anda juga bisa berkumur dengan menggunakan air rebusan bawang putih. Cara ini sangat ampuh dan banyak digunakan masyarakat jaman dahulu.

14. Baik Untuk Kehamilan:

Beberapa ibu hamil bisa mengonsumsi bawang putih untuk mengurangi resiko kehamilan pre-eclampsia dan membantu meningkatkan berat badan bayi ketika dalam kandungan. Sehingga bayi tentu lebih sehat dan juga kuat. Kandungan kalsium berbagai vitamin dan juga antibakteri sangat baik untuk kehamilan

15. Baik Untuk Penderita Anemia:

Bagi penderita anemia, kandungan bawang putih bisa memberikan nutrisi seperti vitamin C dan zat besi yang memang bisa mengurangi penderita anemia.

16. Mengobati Penyakit Maag:

Beberapa penelitian membuktikan, bawang putih memiliki lebih dari 200 kandungan senyawa yang bisa melawan gas dalam lambung yang meningkat. Bawang putih bisa mengobati luka pada lambung.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan