11 Manfaat buah buni atau wuni

11 Manfaat buah buni atau wuni

Buah buni (bahasa Latin 'bacca, Ing. berry) dalam pengertian botani adalah buah berdaging yang terbentuk dari bakal buah (ovarium) tunggal.

Secara morfologi, semua lapisan pembungkusnya (perikarp) lunak: lapisan terluar (eksokarp atau epikarp) tipis dan lunak, lapisan dalamnya (mesokarp dan endokarp kerap tidak dapat dibedakan) tebal, lunak, dan berair. Biji atau kumpulan biji (biasanya relatif kecil) berkumpul lepas di dalam ruang dalam, seringkali biji memiliki salut biji sangat lunak & mirip lendir (secara teknis disebut pulp).

Ukuran Buah Buni Yang Kecil


Dengan ukuran yang sangat kecil, buah ini mempunyai bentuk cukup unik dan menarik untuk dikonsumsi. Buah buni mempunyai warna merah keunguan dan tersusun dalam satu tangkai layaknya buah anggur. Dan dalam satu tangkai tersebut terdapat banyak buah yang menyerupai ranti. Sedangkan untuk konsumsi, kadang buah sering diolah menjadi rujak, selai atau juga di fermentasi sebagai minuman.

Buah buni kaya akan manfaat karena mempunyai kandungan atau nilai gizi yang tidak kalah dengan buah lainnya. Beberapa nutrisi tersebut berupa: vitamin C, provitamin A (karoten), vitamin B1, B2, dan vitamin E, mineral, fosfor, zat besi, kalium, serat dan berupa senyawa alkaloid serta Friendelin. Dari kandungan inilah diperoleh kegunaan yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh manusia.

Ciri Ciri Pohon Buni


Tinggi pohon tanaman ini bisa mencapai sekitar 15-30 m. Pohon Buni tumbuh dan banyak tersebar di kawasan Asia Tenggara, Australia. Tanaman ini bisa ditemukan di hutan-hutan dengan ketinggian maksimal 1.400 meter di atas permukaan air laut (mdpl).

Daun tanaman ini berbentuk tunggal, memiliki tangkai yang pendek, dan berbentuk seperti telur yang lonjong. Panjang daunnya antara 9-25 cm, bagian tepiannya agak bergelombang, dan ujungnya meruncing.

Daun mudanya berwarna hijau muda dan ketika sudah tua berubah menjadi hijau tua. Tanaman ini berbunga dalam tandan, keluarnya dari ketiak atau pada bagian ujung percabangannya.

Buahnya berbentuk kecil, elips, dan berwarna hijau. Ketika sudah masak, warna buah akan berubah menjadi ungu kehitaman dengan rasa yang manis dan sedikit asam.

Sedangkan, buahnya yang masih muda dapat dibuat untuk rujak. Buah Buni yang sudah matang bisa langsung dimakan atau dibuat selai.

Baca juga buah enau yang sangat baik untuk kesehatan

Manfaat Buah Buni:


1. Cegah Komplikasi Darah Tinggi:

Warna ungu kehitaman pada buah Buni yang sudah matang menunjukkan tingginya kadar antosianin dalam buah ini. Keberadaan senyawa aktif ini dinilai penting dalam tubuh, terutama untuk kesehatan pembuluh darah manusia, dimana antosianin bekerja dengan cara mengoksidasi kadar LDL (lemak jahat) dalam tubuh.

2. Mencegah hipertensi:

Kandungan gizi yang ada pada buah ini mampu mengontrol dan menjaga tekanan darah, sehingga tidak akan menimbulkan penyakit hipertensi. Tekanan darah yang stabil akan membuat emosi stabil, sehingga terhindar dari depresi.

3. Menguatkan sistem imun:

Dimana fungsi ini berguna untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan radikal bebas dan virus sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Boleh dibilang buah buni sangat baik untuk dijadikan antioksidan alami.

4. Antioksidan:

Aktivitas antioksidan beberapa kultivar wuni diteliti menggunakan metode DPPH. Diketahui kultivar sangkrow 2 memiliki aktivitas pemburu radikal (83,26%) dan aktivitas antioksidan (0,32 g/g DPPH) tertinggi, itu menunjukkan ekstrak metanol wuni secara umum berpotensi sebagai antioksidan alami. Aktivitas antioksidan wuni yang berasal dari Manipur, India, tercatat memiliki nilai IC50 1,717 µg/ml.

5. Menyehatkan mata:

Manfaat buni untuk mata sudah jelas didominasi oleh kandungan vitamin A yang baik untuk mata Anda. Buah ini bisa jadikan buah utama dalam menyehatkan mata, terutama bagi yang tidak terlalu menyukai wortel atau sayuran.

6. Mencegah kanker:

Buah buni juga mengandung senyawa anti oksidan. Anti oksidan mampu melindungi sel dalam tubuh manusia, sehingga tidak mudah terjangkit oleh sel rusak penyebab kanker.

7. Melancarkan pencernaan:

Kandungan serat yang ada pada buah ini cukup tinggi. Manfaat buni yang satu ini tentunya berguna untuk Anda yang memiliki masalah pada pencernaan, seperti buang air tidak lancar atau kesulitan dalam mengolah makanan.

8. Mencegah kanker:

Buah buni juga mengandung senyawa anti oksidan. Anti oksidan mampu melindungi sel dalam tubuh manusia, sehingga tidak mudah terjangkit oleh sel rusak penyebab kanker.

9. Meremajakan kulit:

Kandungan vitamin C dan vitamin E sangat bagus untuk dikonsumsi sebagai nutrisi dan asupan sehat untuk kulit. Tidak hanya kulit wajah saja, namun seluruh kulit tubuh manusia.

10. Mengatasi kolesterol:

Buah ini sudah terbukti dapat membuang kolesterol jahat dalam tubuh manusia. Peredaran darah juga akan lebih lancar tanpa ada penyumbatan saluran.

11. Penambah darah:

Untuk menambah darah, terutama sel darah merah dalam tubuh, Manfaat wuni untuk penambah darah adalah karena kandungan zat besi yang ada pada buah ini cukup tinggi.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah