8 Manfaat buah enau

8 Manfaat buah enau

Enau atau aren (Arenga pinnata, suku Arecaceae) adalah palma yang terpenting setelah kelapa (nyiur) karena merupakan tanaman serba guna.

Tumbuhan ini dikenal dengan pelbagai nama di negara indonesia seperti, nau, enau, aren, kolang kaling & masih banyak lagi.

Bangsa Belanda mengenalnya sebagai arenpalm atau zuikerpalm, bangsa Jerman menyebutnya zuckerpalme. Dalam bahasa Inggris disebut sugar palm atau Gomuti palm.

Ciri Ciri Pohon Enau


Palma yang besar dan tinggi, dapat mencapai 25 m. Berdiameter hingga 65 cm, batang pokoknya kukuh dan pada bagian atas diselimuti oleh serabut berwarna hitam yang dikenal sebagai ijuk, injuk, juk atau duk. Ijuk sebenarnya adalah bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang.

Daun
Daunnya majemuk menyirip, seperti daun kelapa, panjang hingga 5 m dengan tangkai daun hingga 1,5 m. Anak daun seperti pita bergelombang, hingga 7 x 145 cm, berwarna hijau gelap di atas dan keputih-putihan oleh karena lapisan lilin di sisi bawahnya.

Bunga dan buah
Berumah satu, bunga-bunga jantan terpisah dari bunga-bunga betina dalam tongkol yang berbeda yang muncul di ketiak daun; panjang tongkol hingga 2,5 m. Buah buni bentuk bulat peluru, dengan diameter sekitar 4 cm, beruang tiga dan berbiji tiga, tersusun dalam untaian seperti rantai.

Setiap tandan mempunyai 10 tangkai atau lebih, dan setiap tangkai memiliki lebih kurang 50 butir buah berwarna hijau sampai coklat kekuningan. Buah ini tidak dapat dimakan langsung karena getahnya sangat gatal.

Kegunaan
Pohon enau menghasilkan banyak hal, yang menjadikannya populer sebagai tanaman yang serbaguna, terutama sebagai penghasil gula.

Pohon enau mudah tumbuh. Memiliki asal usul dari wilayah Asia tropis, enau diketahui menyebar alami mulai dari India timur di sebelah barat, hingga sejauh Malaysia, Indonesia, dan Filipina di sebelah timur. Di Indonesia, enau tumbuh liar atau ditanam, sampai ketinggian 20 meter di atas ketinggian 1.400 mdpl, Biasanya banyak tumbuh di lereng-lereng atau tebing sungai.

Meskipun getahnya amat gatal, buah enau yang masak banyak disukai hewan. Musang luwak diketahui sebagai salah satu hewan yang menyukai buah enau ini, dan secara tidak langsung berfungsi sebagai hewan pemencar biji enau.

Pengambilan biji dari buah


Pengambilan biji dari dalam buah aren harus menggunakan sarung tangan karena buah aren mengandung asam oksalat yang akan menimbulkan rasa gatal apabila kena kulit.

Cara lain, yaitu dengan memeram buah-buah aren yang telah dikumpulkan sampai kulit buah menjadi busuk sehingga biji terpisah dengan sendirinya dari daging buah. Dengan cara ini, biji dapat diambil dengan mudah dan kulit buah aren tidak gatal lagi.

Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya. Kolang kaling juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengonsumsi kolang kaling juga membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia. Kolang-kaling merupakan salah satu buah khas dalam bulan Ramadhan yang disajikan dalam bentuk kolak dan es buah.

Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Kolang-kaling juga bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan mengandung kalsium sama dengan tulang sapi. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

baca juga manfaat buah raspberry

Manfaat enau:


1. Mengobati arthritis:

Bagi penderita yang memiliki sakit arthritis dapat mengkonsumsi 100-200 gram kolang-kaling yang direbus tanpa gula dan tanpa ditambah pewarna adalah asupan yang direkomendasikan untuk membantu mengobati peradangan di sendi.

Seseorang yang sedang mengalami arthritis akan cenderung sering mengalami nyeri pada lutut ketika berjalanan. Kolang kaling dapat membantu mengobati penyakit arthritis.

Karbohidrat yang terkandung dalam kolang-kaling pada umumnya adalah galaktomannan, di mana zat ini sering kali digunakan sebagai bahan dasar obat arthritis, karena galaktomannan dapat membantu mengurangi rasa sakit dipersendian.

2. Memperlancar pencernaan:

Kolang kaling adalah makanan yang kaya manfaat serat, serat sangat baik untuk pencernaan dan dapat membantu tubuh manusia membuang limbah yang tidak lagi perlukan oleh tubuh.

Kolang–kaling sendiri mengandung hingga 39% serat kasar. Serat akan membantu dalam membantu pencernaan tubuh.

Selain itu kolang-kaling juga mengandung karbohidrat yang dapat memberikan rasa kenyang dan memberikan energi, sehingga hal ini menjadi rekomendasi sangat baik untuk menjalankan program diet sehat.

3. Untuk diet sehat:

Kolang kaling merupakan makanan yang memiliki kandungan air sangat tinggi, yaitu mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram nya.

Kolang-kaling sendiri juga mengandung sekitar 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, mengandung kadar abu sekitar 1 gram, 0,95 gram serat kasar dan 0,69 gram protein. Ditambah kandungan gelatin dan vitamin A, vitamin B, vitamin C nya yang terdapat didalam setiap gramnya.

4. Mencegah osteoporosis:

Serat dan karbohidrat kolang-kaling juga mengandung manfaat kalsium yang cukup tinggi, untuk 100 gram kolang-kaling mengandung 91 miligram kalsium sehingga sangat cocok untuk mengisi kebutuhan kalsium. Terutama bagi seseorang yang alergi terhadap susu.

5. Sebagai obat gatal-gatal:

Kolang-kaling yang belum diolah menjadi kolang-kaling matang juga memiliki potensi untuk menjadi obat, caranya adalah dengan mengambil beberapa tetes getah kolang-kaling dan gosok pada tubuh yang gatal-gatal, terbukti menjadi obat yang cukup kuat mengatasi gatal.

6. Sistem pencernaan:

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, makan kaling kolang juga membantu dalam memfasilitasi pekerjaan sistem pencernaan.

Manfaat karbohidrat dari kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, dan juga mengurangi nafsu makan sehingga membuat konsumsi makanan menurun, sehingga hal inilah yang cocok dikonsumsi sebagai makanan diet yang sehat.

7. Sebagai pengganti susu:

Manfaat susu telah dikenal sebagai sumber kalsium yang umumnya dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Namun, susu sendiri memiliki kandungan kalori tinggi.

Hal ini tentu mengkhawatirkan bagi peningkatan berat badan. Jika obesitas atau kegemukan terjadi maka akan membuat nyeri sendi akibat tulang yang terlampau berat untuk mendukung tubuh.

Ternyata kalsium dari kolang-kaling hampir sama dengan susu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dalam 100 gram susu murni sapi mengandung 125 mg kalsium.

Sedangkan kolang kaling sendiri dalam 100 gram nya mengandung 91 mg kalsium. Jika sedang menjalankan program tidak untuk diet atau obesitas, maka dapat menggunakan kolang-kaling sebagai alternatif dari susu.

8. Mengurangi nafsu makan:

Karena serat yang tinggi dalam kolang-kaling akan dapat membuat kolang-kaling mudah untuk dicerna di perut dan juga menekan nafsu makan.

Hal ini bisa membuat tubuh lebih banyak waktu untuk menghemat energi. Selain itu, serat yang masuk dalam tubuh akan membuat buang air besar lebih teratur sehingga akan membantu mencegah obesitas atau masalah perut lainnya.

Semoga bermanfaat.

hartsltg

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan