12 Manfaat buah duku

12 Manfaat buah duku

Duku adalah jenis buah buahan dari anggota suku Meliaceae. Buah duku ini berasal dari Asia Tenggara. Pohon yang berukuran sedang, dengan tinggi mencapai 30 m dan gemang hingga 75 cm.

Batang
Batang biasanya beralur-alur dalam tak teratur, dengan banir (akar papan) yang pipih menonjol di atas tanah. Pepagan (kulit kayu) berwarna kelabu berbintik-bintik gelap & jingga, mengandung getah kental berwarna susu yang lengket (resin).

Daun
Daun majemuk menyirip ganjil, gundul atau berbulu halus, dengan 6–9 anak daun yang tersusun berseling, anak daun jorong (eliptis) sampai lonjong, 9–21 cm × 5–10 cm, mengkilap di sisi atas, seperti jangat, dengan pangkal runcing dan ujung meluncip (meruncing) pendek, anak daun bertangkai 5 sampai 12 mm.

Bunga
Bunga terletak dalam tandan yang muncul pada batang atau cabang yang besar, menggantung, sendiri atau dalam berkas 2–5 tandan atau lebih, kerap bercabang pada pangkalnya, 10–30 cm panjangnya, berambut.

Bunga berukuran kecil, duduk atau bertangkai pendek, menyendiri, berkelamin dua. Kelopak berbentuk cawan bercuping-5, berdaging, kuning kehijauan. Mahkota bundar telur, tegak, berdaging, 2–3 mm × 4–5 mm, putih hingga kuning pucat. Benang sari satu berkas, tabungnya mencapai 2 mm, kepala sari dalam satu lingkaran. Putiknya tebal dan pendek.

Ciri Ciri Buah Duku


Buah buni yang berbentuk jorong, bulat atau bulat memanjang, 2-4(-7) cm × 1,5–5 cm, dengan bulu halus kekuning-kuningan dan daun kelopak yang tidak rontok. Kulit (dinding) buah tipis hingga tebal (kira-kira 6 mm).

Berbiji 1–3, pipih, hijau, berasa pahit, biji terbungkus oleh salut biji (arilus) yang putih bening dan tebal, berair, manis hingga masam. Kultivar yang unggul memiliki biji yang kecil atau tidak berkembang (rudimenter), namun arilusnya tumbuh baik dan tebal, manis.

Buah duku yang dikupas, memperlihatkan arilus (selubung biji) yang putih bening. Duku terutama ditanam untuk buahnya, yang biasa dimakan dalam keadaan segar. Ada pula yang mengawetkannya dalam sirup dan dibotolkan.

Kayunya keras, padat, berat dan awet, sehingga kerap digunakan sebagai bahan perkakas dan konstruksi rumah. Beberapa bagian tanaman digunakan sebagai bahan obat tradisional. Biji duku yang pahit rasanya, ditumbuk dan dicampur air untuk obat cacing dan juga obat demam.

Kulit kayu
Kulit kayunya dimanfaatkan sebagai obat disentri dan malaria, sementara tepung kulit kayu ini dijadikan tapal untuk mengobati gigitan kalajengking. Kulit buahnya juga digunakan sebagai obat diare, dan kulit buah yang dikeringkan, di Filipina biasa dibakar sebagai pengusir nyamuk.

Sebagai tanaman bertajuk menengah, duku tumbuh baik dalam kebun campuran (wanatani). Tanaman ini, terutama varietas duku, menyukai tempat-tempat yang ternaung dan lembab.

Pohon Duku


Duku biasa ditanam di dataran rendah hingga ketinggian 600 mdpl di wilayah dengan curah hujan antara 1. 500- 2. 500 mm per tahun. Tanaman ini dapat tumbuh dan berbuah baik pada berbagai jenis tanah, terutama tipe tanah latosol, podsolik kuning, dan aluvial.

Duku menyenangi tanah bertekstur sedang dan berdrainase baik, kaya bahan organik dan sedikit asam, namun dengan ketersediaan air tanah yang cukup. Duku tidak tahan penggenangan.

Tanaman baru berbunga pada umur 10 sampai 15 tahun. Perbanyakan duku yang dilakukan menggunakan biji mengakibatkan lambannya tanaman dalam menghasilkan buah.

Perkecambahan tumbuhan ini memiliki perilaku poliembrioni (satu biji menghasilkan banyak embrio atau semai): satu embrio hasil pembuahan, dan sisanya embrio apomiktik.

Embrio apomiktik berkembang dari jaringan pohon induk sehingga keturunannya memiliki karakter yang serupa dengan induknya. Biji bersifat rekalsitran, penyimpanan lebih daripada tujuh hari akan menyebabkan kemunduran daya kecambah yang cepat.

Duku umumnya berbuah sekali dalam setahun, sehingga dikenal adanya musim buah duku. Musim ini dapat berlainan antar daerah, namun umumnya terjadi di sekitar awal musim hujan.

Baca juga manfaat buah kawista

Manfaat:


1. Menjaga kekuatan gigi:

Gigi yang setiap hari kita gunakan untuk mengunyah makanan juga perlu makan. Makanan terbaik untuk gigi adalah kalsium dan fosfor. Buah duku memiliki kandungan fosfor yang cukup tinggi sehingga mampu melindungi gigi dan memperkuatnya.

2. Kaya Vitamin A:

Duku merupakan buah yang kaya akan vitamin A. Fungsi vitamin ini sebagai penjaga kesehatan mata. Vitamin A termasuk vitamin yang larut dalam lemak, meliputi retinol dan karotenoid. Karoten dalam buah duku merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

3. Kaya Serat:

Serat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh karena fungsinya yang sangat baik untuk pencernaan. Dalam 100 gram buah duku terkandung kurang lebih 2 gram serat. Makanan tinggi serat dapat membantu menjaga tubuh dari serangan jantung dan juga mengatasi sembelit.

4. Melancarkan pencernaan:

Buah duku ini memiliki kandungan serat cukup tinggi, yaitu 2 gram per 100 gram buah. Karena kandungan seratnya tersebut, sangat layak jika buah manis ini untuk melancarkan pencernaan.

5. Untuk diet:

Manfaat buah duku untuk diet ini didapat karena kemampuannya dalam mengarahkan Carnitine sebagai pembakar lemak.
Bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi duku bisa jadi sangat membantu.

6. Antioksidan:

Duku merupakan sumber antioksidan alami, sejenis polifenol yang bermanfaat bagi tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh Food Chemistry pada tahun 2006 menunjukkan bahwa antioksidan buah duku sama dengan yang terdapat pada buah tropis lainnya yang lebih terkenal, seperti pepaya dan pisang.

7. Kesehatan gusi:

Kekurangan vitamin C dapat menjadi penyebab gingivitis alias gusi bengkak dan berdarah. Karena itu kita harus mencukupi kebutuhan harian vitamin C. Dalam buah duku, kandungan vitamin C cukup banyak.

Namun, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian harus ditunjang dengan makanan lain seperti sayuran dan buah-buahan lain yang kaya kandungan vitamin C.

8. Kaya Vitamin B:

Selain vitamin A, buah duku juga merupakan sumber yang baik bagi vitamin B. Antara lain vitamin B1 (Thiamin) dan vitamin B2 (Riboflavin).

Fungsi Thiamin dalam tubuh adalah membantu memecah gula dalam tubuh, mendukung pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah. Sedangkan fungsi Riboflavin lebih kepada membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat.

9. Mempercepat pemulihan:

Kandungan vitamin C dalam buah Duku, ternyata mampu mempercepat proses pemulihan bagi yang sedang sakit. Ini dikarenakan vitamin C merupakan antioksidan aktif yang dapat memulihkan kembali fungsi tubuh.

10. Sebagai obat nyamuk:

Buah duku bisa dijadikan sebagai obat nyamuk. Tapi bukan daging buahnya yang berkhasiat, melainkan kulit buahnya yang kering. Kulit buah duku yang sudah kering dibakar dan asapnya digunakan untuk mengusir nyamuk.

11. Menurunkan demam:

Demam biasanya gejala bahwa anak terkena virus atau bakteri. Panas tubuh anak merupakan bentuk pertahanan diri untuk mengusir virus dan bakteri atau mematikannya. gunakan buah duku ini untuk meredakan demam anak.

Caranya dengan menumbuk satu biji buah duku, kemudian dilarutkan dalam air seperempat gelas kemudian diminum.

12. Kolesterol:

Kandungan vitamin C dalam buah ini dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu. Kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit yang mengancam nyawa, seperti jantung koroner dan stroke.

Kolesterol mempunyai korelasi dengan penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan