12 Manfaat buah raspberry

12 Manfaat buah raspberry

Buah Raspberry merupakan nama lain dari buah ini. Bentuk dari buah ini memang mungil dan rasanya cenderung asam, tetapi terdapat banyak nutrisi di dalamnya.

Buah Frambos berasal dari Asia Timur. Meskipun begitu, buah raspberry juga tersebar ke berbagai belahan dunia, terdapat beberapa jenis dari buah Raspberry, sedangkan untuk jenis yang biasa kita sebut buah Frambos adalah jenis Rubus idaeus atau berry merah.

Frambos diperkirakan sudah dikonsumsi sejak zaman prasejarah dan baru dikembangkan di Inggris dan Prancis pada abad ke 16. Frambos memiliki nama latin Rubus idaeus. Dari beberapa jenis buah berry ( dimana frambos adalah satunya ) terdapat turunan hingga 200 jenis berry. Frambos menghasilkan biji antara 100-120 biji.

Pada jaman dulu Frambos digunakan untuk membersihkan gigi dan obat sakit mata. Di Amerika ada beberapa peringatan hari nasional raspberry yaitu di tanggal 3 Mei (Hari raspberry popover dan tart nasional), tanggal 31 Juli (Hari kue raspberry nasional), tanggal 7 Agustus (Hari raspberry dan krim nasional).

Orang-orang Troy adalah masyarakat yang pertama kali mengapresiasi dan mengakui keberadaan buah ini. Setelah di petik, buah ini tidak akan tambah matang dan tetap seperti kondisi pada saat dipetik.

Buah Raspberry Mengandung Berbagai Macam Nutrisi


Meskipun bentuknya yang mungil, tetapi buah ini mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Selain terdapat kandungan Vitamin C yang cukup besar, juga terdapat berbagai macam vitamin & mineral pada buah ini.

Raspberry menawarkan dosis anthocyanin yang besar, (pigmen yang menjamin pewarna kemerahannya).

Anthocyanin adalah bagian dari kelompok flavonoid yang menetralisir radikal bebas, menyerang sel dan berperan sebagai pemicu perkembangan penyakit. Oleh karena itu, semakin banyak flavonoid dalam makanan, semakin rendah timbulnya kanker dan perkembangannya.

Selain flavonoid, blackberry dan raspberry memiliki zat yang disebut asam ellagic yang, menurut peneliti, memiliki tindakan antimutagenik, menghambat munculnya tumor kanker.

Selain itu, sebuah penelitian di Amerika juga mengungkapkan bahwa antosianin, bila bersamaan dengan asam ellagic (juga ditemukan pada buah raspberry), mencegah degenerasi sel.

Seperti asam asetilsalisilat, anthocyanin raspberry menghambat kerja enzim siklooksigenase, yang terlibat dalam sintesis hormon yang disebut prostaglandin, bertanggung jawab atas rasa sakit dan pembengkakan.

Makan makanan dengan antosianin diindikasikan untuk meringankan arthritis dan nyeri sendi. Buah raspberry memiliki vitamin B6 (piridoksin), yang secara langsung terlibat dalam produksi serotonin.

Serotonin adalah neurotransmitter yang terlibat dalam pertukaran informasi antar neuron. Kekurangan pada produksi regulernya dapat menyebabkan perubahan mood, kelelahan, depresi dan cedera otak.

Buah raspberry memiliki kekuatan antioksidan yang tinggi bila dibandingkan dengan buah lainnya. Hal ini disebabkan oleh konsentrasi tinggi asam ellagic, anthocyanin, asam gallic, quercetin, catechins, pelargonidins, kaempferol dan asam salisilat.

Namun, buah raspberry kuning memiliki persentase anthocyanin yang jauh lebih rendah. Dengan demikian, raspberry dapat dianggap sebagai salah satu perawatan alami terbaik untuk kanker.

Raspberry membawa nutrisi kelas karotenoid yang disebut lutein, yang membantu menjaga penglihatan yang baik. "Antosianin, bersama dengan lutein, juga memperbaiki fungsi visual.

baca juga manfaat buah genitri yang sangat baik bagi kesehatan

Manfaat Buah Raspberry Untuk Kesehatan:


1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh:

Adanya kandungan Vitamin C dan antioksidan yang berjumlah cukup besar membuat buah Frambos bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain Vitamin C dan antioksidan juga terdapat fitonutrien yang penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu memerangi penyakit.

2. Meningkatkan kesuburan:

Kandungan Vitamin C dan magnesium yang terdapat pada buah Frambos dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita.

Antioksidan yang terkandung dalam buah ini juga mampu menjaga kesehatan sperma dan mengurangi resiko keguguran.

3. Mengurangi keriput:

Buah raspberry atau buah frambos juga dapat digunakan sebagai masker. Masker dari buah ini akan bermanfaat dalam mengurangi keriput pada kulit.

Cukup campurkan 1 cangkir yogurt murni dengan 2 buah Frambos. lalu haluskan. Setelah itu tempelkan ke bagian yang berkeriput.

4. Untuk diet:

Buah yang satu ini kaya akan kandungan serat. Serat akan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi serta membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Hal ini menjadikan Buah Frambos bermanfaat dalam menurunkan berat badan bagi anda yang sedang melakukan diet.

5. Meningkatkan metabolisme:

Buah ini juga mengandung mineral mangan. Mineral mangan yang terdapat pada Buah Frambos menjadikan buah ini bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Meningkatnya metabolisme akan membantu dalam proses pembakaran lemak. Tubuh akan menjadi lebih sehat dan segar.

6. Menyehatkan kulit kepala:

Jumlah kandungan Vitamin C yang cukup banyak tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dalam tubuh, tetapi juga bermanfaat dalam menyehatkan kulit kepala. Dengan semakin sehatnya kulit kepala, maka rambut juga akan sehat dan terlihat lebih menarik.

7. Menjaga kesehatan kulit:

Buah Frambos tidak hanya dapat menjaga kulit dari radikal bebas, tetapi buah ini juga mampu menjaga kulit tetap terlihat awet muda. Terdapat antosianin yang mampu menjaga kulit tetap awet muda dan tampak cerah. Tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat terutama bagi wanita.

8. Menangkal radikal bebas:

Radikal bebas merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tubuh rentan terhadap penyakit. Radikal bebas bisa merusak sel dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

Buah Frambos merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Dengan mengongsumsi buah Frambos, tubuh akan menjadi lebih kuat dalam menangkal radikal bebas.

9. Baik dikonsumsi oleh wanita:

Buah raspberry ternyata sangat bermanfaat bagi wanita, baik wanita yang masih lajang ataupun sudah menikah, dan bagi ibu hamil ( harus dengan rekomendasi dokter ). Daun dari tanaman ini dapat digunakan sebagai teh herbal.

Teh herbal ini mempunyai banyak manfaat seperti mengatur siklus haid dan mengurangi aliran darah selama haid. Sedangkan bagi ibu hamil, bermanfaat dalam menurunkan rasa mual, mencegah pendarahan, meringankan rasa sakit dan membantu saat melahirkan.

Bagi ibu menyusui, dengan mengonsumsi buah ini, jumlah ASI akan bertambah.

10. Menjaga penglihatan:

Seiring bertambahnya usia, kemampuan manusia dalam melihat juga akan semakin berkurang karena otot mata semakin melemah. Buah frambos mengandung beberapa vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Terdapat pula antioksidan yang mampu menjaga kesehatan mata dari radikal bebas yang mungkin menyerang mata.

11. Mengurangi kerontokan rambut:

Dalam buah Frambos terdapat kandungan Vitamin B. seperti B-6 dan B-12. Dengan kandungan vitamin tersebut membuat buah Frambos bermanfaat dalam mencegah kerontokan dan juga mencegah timbulnya uban. Selain Vitamin B juga terdapat asam Folat yang akan membantu proses pertumbuhan rambut.

12. Mencegah infeksi dan kanker:

Dalam buah Frambos terdapat asam ellagic yang secara efektif dapat mencegah kerusakan pada sel dan juga menangkal radikal bebas, kerusakan sel dan radikal bebas merupakan salah satu penyebab kanker. Buah Frambos juga bermanfaat dalam mencegah infeksi yang disebabkan oleh mikroba.

Efek samping


Buah raspberry atau buah frambos selain bermanfaat juga mempunyai efek samping. Buah ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang, reaksi alergi akan muncul dengan tanda berupa gatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan wajah, bibir, lidah atau tenggorokan.

Jika terdapat riwayat penyakit seperti fibroid uterus, endometriosis, kanker payudara dan kanker ovarium pada masa lalu, maka tidak disarankan mengonsumsi buah ini. Bagi ibu hamil dan ibu menyusui, sebaiknya menanyakan terlebih dahulu ke dokter tentang porsi buah frambos yang boleh dimakan.

Semoga bermanfaat.

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah