6 Manfaat buah genitri atau jenitri

6 Manfaat buah genitri atau jenitri

Buah Genitri disebut sebagai buah Rudraksha yang diyakini berasal dari negara india. Tanaman ini dapat mencapai tinggi 25-30 m dengan batangnya yang tegak & bulat berwarna cokelat keputihan.
Sisi tepi daunnya bergerigi dan meruncing di bagian ujung.

Rudraksha di India diartikan sebagai Mata Dewa Shiwa. Dan Hindu meyakini Rudraksha adalah air Mata Dewa Shiwa yang menitik ke bumi dan tetesan air mata itu tumbuh menjadi pohon Rudraksha atau sering disebut ganitri atau genitri.

Pohon jenitri atau bahasa latinnya Elaeocarpus ganitrus banyak ditanam di asia tenggara. Indonesia memasok 70% kebutuhan jenitri yang diekspor dalam bentuk butiran biji. Sebanyak 20% pasokan lainnya dari Nepal. Sedangkan India, negara paling banyak menggunakan rudaksa hanya memproduksi 5%.

Penelitian Buah Jenitri Atau Genitri


Menurut keterangan Ir. Komari, peneliti dari Pusat Penelitian Institut Teknologi Bandung, biji-biji jenitri keras dan awet, bisa digunakan untuk 8 generasi. Kecuali ukuran, setiap biji memiliki jumlah lekukan atau mukhis berbeda.

Jumlahnya bervariasi mulai dari 1 hingga 21 mukhis yang memiliki perbedaan arti. Mukhis yaitu jumlah serat jenitri/garis lekukannya pada buah yang telah dikupas. Mukhis rata 2 dibawah 8 dan Mukhis istimewa 8-30 akan semakin tinggi harga karena langka dan jarang ditemukan.

Manfaat buah jenitri bukan sekadar alat 'hitung' dalam berdoa laiknya tasbih bagi kaum Muslim atau rosario bagi umat Nasrani. Biji jenitri juga berfungsi menghilangkan stres.

Hal itu dibuktikan oleh Dr Suhas Roy dari Benaras Hindu University. Penelitiannya mengungkap “ utrasum bead “ sebutan jenitri di Amerika, biji jenitri mengirimkan sinyal secara beraturan ke jantung ketika digunakan sebagai kalung.

Ia mengatur aktivitas otak yang mengarah pada kesehatan tubuh. Efek itu diperoleh karena biji jenitri memiliki sifat kimia dan fisik berupa induksi listrik, kapasitansi listrik, pergerakan listrik, dan elektromagnetik.

Karena itu biji jenitri mempengaruhi sistem otak pusat saat menyebarkan rangsangan bioelektrokimia.

Hasilnya, otak merasa tenang dan menghasilkan pikiran positif. Sebetulnya, komposisi kimia jenitri tak beda jauh dengan buah lainnya. Antara lain 50,024% karbon, 17,798% hidrogen, 0,9461% nitrogen, dan 30,4531% oksigen.

Elemen Mikro Dalam Biji Buah Jenitri


Beberapa elemen mikro dalam biji tanaman anggota famili Elaeocarpaceae itu adalah aluminum, kalsium, klorin, tembaga, kobalt, nikel, besi, magnesium, mangan, dan fosfor.

Jenitri memiliki nilai spesifik gravitasi sebesar 1,2 dengan pH 4,48. Saat digunakan untuk berdoa, misalnya, jenitri memiliki daya elektromagnetik sebesar 10.000 gauss pada keseimbangan Faraday, hasil konduksi elektron alkalin.

Karena itulah buah jenitri dipercaya mengontrol tekanan darah, stres, serta berbagai penyakit mental. Jenitri juga dipercaya menyembuhkan epilepsi, asma, hipertensi, radang sendi, dan penyakit hati.

Genitri ini memiliki banyak sekali manfaat. Meski demikian, manfaatnya tidak akan diperoleh dengan cara mengkonsumsinya seperti layaknya buah dan biji–bijian lain.
Baca juga manfaat buah gayam

Manfaat Buah Genitri:


1. Media berdoa:

Biji atau buah genitri memiliki ukuran yang kecil dan mudah diolah menjadi bentuk kalung ataupun gelang. Ditambah dengan stigma nya yang merupakan buah titisan air mata dewa, maka buah atau biji genitri sering dimanfaatkan sebagai media dalam berdoa dan berkomunikasi dengan Sang Pencipta.

Biasanya biji atau buah genitri ini diproduksi dalam bentuk tasbih atau Rosario, yang sering menjadi media bagi beberapa umat beragama dalam berdoa dan berkomunikasi dengan Sang Pencipta.

2. Menghilangkan Stres:

Biji atau buah genitri juga memiliki manfaat yang baik dalam hal penghilangan dan pecegahan stres dan juga depresi. Biasnya ketika seseorang mengalami stres dan depresi, mereka akan merasa gelisah dan sulit beraktivitas secara normal.

Buah genitri ini dapat membantu anda yang mengalami stres dan depresi dan menghilangkannya. Hal ini bukanlah mitos, dan sudah pernah diuji secara ilmiah, dimana biji genitri memiliki kemampuan untuk menginduksi listrik dan gelombang elektromagnetik.

Ambil segenggam biji atau buah genitri
Rendam biji genitri dengan air semalaman.
Minum hasil rendaman tersebut pada pagi hari ketika perut masih kosong
Selain diminum, anda juga dapat mencoba mengalungkan biji genitri untuk menambah efek peredaman tekanan darah tinggi anda.


3. Anti peradangan:

Manfaat lain dari buah atau biji genitri ini mampu mencegah dan mengurangi peradangan, baik yang berada pada luar maupun dalam tubuh.

Anda cukup menggunakan larutan dari buah genitri, lalu larutan tersebut mampu untuk mengobati peradangan dan juga dapat dimanfaatkan sebagai anti pembengkakan.

4. Sebagai aksesoris:

Pemanfaatan biji genitri lainnya adalah sebagai aksesoris. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, biji genitri dapat dibuat menjadi jenis kalung, manik – manik, dan gelang yang memiliki kualitas yang sangat baik, karena sifat buah genitri yang sangat keras dan kuat serta tahan lama, terutama ketika dijadikan aksesoris tubuh.

5. Sebagai benda koleksi dan investasi:

Buah atau biji genitri bisa juga anda gunakan sebagai investasi dan menjadi lahan bisnis. Dengan kualitas bijinya yang sangat baik, anda dapat memulai bisnis genitri. Selain itu, semakin kecil dan semakin rumit motif dari biji genitri yang anda miliki, harganya akan semakin tinggi.

6. Meningkatkan kinerja jantung:

Buah atau biji genitri mampu memberikan sinyal elektromagnetik yang positif pada organ dalam tubuh dengan cara di kalungkan keleher.

Semoga bermanfaat.

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah