12 Manfaat jeruk lemon atau sitrun

12 Manfaat jeruk lemon atau sitrun

Jeruk lemon atau jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau limun adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.

Pohon berukuran sedang ini dapat mencapai 6 m dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun atau jeruk lemon dibudidayakan di negara Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat & negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah.

Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).

Buah Jeruk Lemon


Buah ini termasuk dari Genus Citrus (keluarga jeruk) yang dikenal memiliki banyak khasiat, serta punya kemiripan satu dengan yang lainnya.

Akan tetapi sebenarnya pada masing-masingnya memiliki manfaat yang khas, karena pada setiap jenis dari (keluarga) jeruk memiliki presentase kandungan atau nutrisinya yang berbeda-beda.

Saran
Sangat disarankan untuk tidak menggunakan gula untuk tujuan ini. Lemonade adalah minuman yang berbeda. Air lemon dianggap obat, obat untuk banyak penyakit.


Untuk jumlah maksimum jus lemon. Anda harus mencuci lemon dalam air panas, tekan sedikit dan kemudian memotongnya. Anda akan menghasilkan lebih banyak air dengan cara ini. Coba Juicer lemon juga, jika Anda tidak dapat memeras airnya keluar.

Pada saat-saat ketika Anda tidak memiliki lemon, gunakan minyak esensial lemon. Selalu gunakan air hangat, disaring atau ketuk untuk minuman menakjubkan dan penyembuhan ini.

Waktu
Selalu pada perut kosong, hal pertama di pagi hari. Untuk hasil terbaik disarankan untuk minum lemon air hingga satu jam sebelum makan.
Baca juga manfaat buah bendi atau okra


Kandungan Gizi


Kandungan Gizi Sitrun Jumlah Per 100 g

  • Kalori (kcal) 28
  • Jumlah Lemak 0,3 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 2 mg
  • Kalium 138 mg
  • Jumlah Karbohidrat 9 g
  • Serat pangan 2,8 g
  • Gula 2,5 g
  • Protein 1,1 g
  • Vitamin A 22 IU
  • Vitamin C 53 mg
  • Kalsium 26 mg
  • Zat besi 0,6 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0,1 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 8 mg

Manfaat:


1. Baik untuk pencernaan:

Jeruk lemon hangat sangat merangsang sekresi asam lambung karena mengandung asam sitrat. Asam ini berinteraksi dengan enzim dan asam lainnya untuk pencernaan yang lebih baik. Dengan konsumsi jus lemon secara teratur berfungsi untuk memperlancar proses pembuangan sisa-sisa di pencernaan.

Lemon bermanfaat untuk meningkatkan gerakan peristaltik di perut, alhasil berkasiat agar buang air besar (BAB) dapat lancar dan teratur, dan terhindar dari masalah penyakit perut atau pencernaan.

Jus lemon membantu hati dalam memproduksi empedu, membantu menjaga makanan bergerak melalui tubuh dan saluran pencernaan menjadi lancar. membantu meredakan gangguan pencernaan sehingga berkhasiat meringankan sakit perut.

2. Anti inflamasi:

Air lemon terkenal untuk memerangi semua luka dan infeksi pada mulut dan tenggorokan. Ini adalah pembersihan besar, membilas, minuman anti inflamasi. Ini semua berkat sifat anti-inflamasi yang kaya lemon.

3. Kaya vitamin C:

Jeruk lemon atau airnya adalah minuman alami yang bagus untuk wanita hamil. Hal ini kaya vitamin C yang membantu kesepakatan organisme dengan banyak kondisi, virus dan pilek.

Ini adalah unsur penting dalam pembentukan jaringan tulang bayi dan juga karena kalium tingginya kandungan lemon, membantu dalam membentuk sel sel otak dan sistem saraf bayi.

4. Antioksidan:

Jeruk lemon sangat penting untuk fungsi yang tepat dari metabolisme. Lemon merupakan antioksidan yang sangat kuat yang menyediakan perlindungan tubuh dari radikal bebas dan memberikan sistem kekebalan yang kuat.

5. Membantu sistem saraf:

Jeruk lemon membantu mengatur fungsi normal dari sistem saraf karena lemon ini konten berlimpah kalium.

6. Jeruk lemon membantu tekanan darah:

Jeruk lemon membantu dalam menurunkan tekanan darah. Jika Anda memiliki satu jus lemon sehari (diekstraksi dari satu lemon) Anda dapat mengurangi 10% dari hipertensi Anda. Dan air lemon juga dapat membersihkan darah, pembuluh darah dan arteri.

7. Mencegah penyakit:

Jeruk lemon bersifat alkali tubuh Anda. Jika diambil sebelum makan, itu membuat tubuh Anda tetap tingkat ph yang lebih tinggi. Hal ini diketahui bahwa semakin tinggi tingkat ph, semakin tubuh Anda dapat melawan penyakit dan mencegah mereka.

8. Menurunkan berat badan:

Jeruk lemon membantu dalam melarutkan batu empedu, batu ginjal, batu pankreas, dan deposit kalsium.

Dan juga membantu tubuh Anda menurunkan berat badan karena bersifat alkali tubuh Anda. Serat pektin mengandung membantu melawan mengidam makanan.

9. Baik untuk kesehatan kulit:

Air lemon menakjubkan untuk kulit. Jika diminum secara teratur setiap hari (pagi) itu akan memberikan tubuh dan kulit Anda hidrasi dan vitamin C. Ini akan mengatur kulit Anda kebutuhan sehingga menghidupkan kembali setiap sel untuk melihat lebih jelas.

10. Memerangi rasa sakit:

Air lemon membantu dalam memerangi rasa sakit di sendi dan asam urat dengan kemampuannya untuk mencairkan asam urat. Asam ini dapat membangun di sendi sehingga menyebabkan penyakit gout.

Air lemon menghambat kanker. Hal ini sangat baik diketahui bahwa pasien kanker mengobati penyakit ini dengan makanan alkali. Lemon adalah salah satu buah yang paling alkali.

11. Menyeimbangkan keasaman pH dalam tubuh:

Dimana tubuh manusia cenderung bersifat asam ph rendah, yang mengakibatkan tubuh beresiko terserang penyakit, yang cukup sering yaitu asam urat asam lambung. Adapun lemon sebenarnya ketika masuk ke dalam tubuh, berubah menjadi basa.

Yang memiliki manfaat sebagai alkalize darah. Sehingga dengan mengkomsumsi lemon hangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh dalam keadaan basa yang seimbang.

Tujuannya untuk menetralisir masalah asam urat yang diderita, serta bisa mengatai peradangan, termasuk nyeri akibat asam urat. Dengan buah lemon yang punya sifat alkalinic, bermanfaat agar menyeimbangkan pH internal di dalam tubuh.

12. Mengatasi rasa mual:

Khasiat lemon lainnya yaitu mengatasi masalah mual karena naiknya asam lambung. Perlu diketahui, lemon tidak cocok dengan susu. sehingga jangan mengkonsumsi keduanya dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan.

Yang disarankan untuk kesehatan pencernaan yaitu menambahkan jus lemon ke dalam air hangat, kemudian minum di pagi hari.

Semoga bermanfaat.
Rangkuman dari berbagai sumber.

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah