Manfaat buah bendi atau okra

Manfaat buah bendi atau okra

Buah bendi atau okra, Abelmoschus esculentus Moench, lady's fingers, okra, atau gumbo, adalah sejenis tumbuhan berbunga dalam suku Malvaceae yang berasal dari kawasan di sekitar Ethiopia kini. Tumbuhan ini termasuk dalam genus Hibiscus, namun kini diubah menjadi termasuk genus Abelmoschus. Ia banyak ditemui di kawasan tropis.

Asal Dan Penyebaran Buah Okra:

Buah okra berasal dari suatu tempat sekitar Ethiopia dan dibudidayakan oleh orang Mesir kuno sejak abad ke-12, kemudian menyebar ke seluruh Afrika Utara dan Timur Tengah. Okra sampai di Karibia & Amerika Serikat pada tahun 1700 an kemudian diperkenalkan ke Eropa Barat.

Bentuk Dan Manfaat buah bendi atau okra:


Ukurannya sebesar cabai hijau besar, kelilingnya berlekuk, berbulu halus dan berwarna hijau. Jika dipotong akan terlihat biji-biji kecil dikelilingnya. Jika dimasak akan keluar lendir dari dalamnya. Rasanya renyah dengan tektur mirip terung. Sayuran ini bisa diolah menjadi kari, campuran salad atau hidangan tumis.


Tanaman ini buahnya diyakini secara ilmiah berkhasiat untuk kesehatan dan beberapa penyakit diantaranya: mencuci hati(lever), menstabilkan kadar gula darah, melumasi/ melicinkan usus besar, mencegah dan menyembuhkan sembelit pada orang orang tua.


Membantu pertumbuhan bakteri baik dalam saluran usus Baik di konsumsi untuk mengurangi perasaan murung, sedih, letih dan rasa tidak nyaman, merawat ulcer dan mengurangkan kekejangan di persendian Menetralkan asam lambung, meringankan radang paru paru, sakit kerongkongan dan ambeien/wasir.

Kegunaan Buah Okra:


Buah okra sering digunakan dalam masakan di Karibia dan Cina, tetapi popularitasnya meningkat sepanjang waktu hingga di hampir seluruh belahan dunia.

Karena pod sayuran ini dapat digunakan sebagai sayuran acar, bahan dalam sup, lauk, dan juga digunakan untuk minyak yang dapat diekstraksi dan digunakan sebagai minyak sayur. Ada banyak kegunaan okra dikarenakan kandungan mineral, vitamin, dan senyawa organik yang ditemukan dalam sayuran ini.

Baca juga manfaat buah kepel atau burahol

Manfaat:


1. Untuk Kesehatan Tulang.

Okra membantu memperkuat tulang dikarenakan adanya folat yang terkandung di dalamnya. Hal ini akan meningkatkan kepadatan tulang dan dapat mencegah osteoporosis.

2.Tekanan Darah:

Potasium akan membantu mengendurkan pembuluh darah dan arteri yang akan mengurangi tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular, seperti serangan jantung. Kandungan kalium pada okra juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh.

3. Untuk Mengatasi Anemia:

Penderita anemia dapat memperoleh manfaat dari buah okra dengan cara di jus. Jus okra dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah yang membantu mengobati anemia. Jus okra banyak mengandung vitamin-A, vitamin-C, magnesium, zat besi, dan mineral lainnya yang membantu memproduksi lebih banyak sel darah merah.

4. Untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan:

Penderita sakit tenggorokan dan batuk dapat mengkonsumsi jus okra secara rutin untuk menguransi rasa tidak nyaman akibat radang dan batuk. Okra juga banyak digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk yang parah dikarenakan sifat antibakteri dan antiseptik pada okra.

5. Pencernaan:

Serat pada okra mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti kembung, kram, sembelit, diare dan kelebihan gas. Okra mengandung serat larut yang membantu menjaga saluran usus yang sehat dengan mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker kolorektal.

6. Untuk Kesehatan Kulit:

Vitamin A pada okra juga dapat melindungi kesehatan kulit dengan melakukan penyembuhan luka lebih cepat dan mengurangi munculnya bekas luka dan jerawat, juga menghilangkan keriput pada kulit sehingga dapat menjaga kesehatan sel-sel kulit.

7. Untuk Mata:

Okra mengandung vitamin A yang sangat tinggi, beta-karoten, xanthein, dan lutein yang dapat menetralisir radikal bebas. Kandungan nutrisi tersebut juga bermanfaat untuk melindungi mata dari risiko penyakit degenerasi makula dan katarak.

8. Untuk Kekebalan Tubuh:

Berbagai komponen antioksidan dari okra membuatnya sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Disamping itu, tingginya kandungan vitamin C juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membuat sel-sel darah putih, sehingga dapat memerangi patogen asing dan zat berbahaya lainnya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan