13 Manfaat buah nanas

13 Manfaat buah nanas

Buah nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari negara Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae).

Perawakan (habitus) tumbuhan rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang & tebal.

Buah nanas dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus.

Asal Nama Nanas


Buah nanas berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik".

Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Buah nanas mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan untuk tubuh manusia, sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin dan secukupnya.

Baca juga manfaat buah mangga

Kandungan Gizi Nanas:

  • Jumlah Per: 100 g
  • Kalori (kcal): 50
  • Jumlah Lemak: 0,1 g
  • Jumlah Karbohidrat: 13 g
  • Protein: 0,5 g

Perhatikan Cara Mengkonsumsi Buah Nanas


Secara umum buah Nanas dapat dikatakan sebagai salah satu buah yang aman untuk dikonsumsi, yang harus diperhatikan yaitu Nanas hijau, yang merupakan nanas belum masak atau matang, apabila dikonsumsi maka gejala yang akan timbul yaitu akan merasa mual dan muntah.

Nanas sangat dilarang bagi ibu hamil, karena buah ini dapat bekerja dalam membersihkan usus dan perut yang dapat berakibat fatal bagi janin yang ada didalamnya.

Nanas merupakan salah satu buah yang diketahui mengandung enzim Bromelain. Enzim ini berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit, terutama baik untuk penyembuhan dan mengurangi tingkat peradangan.

Manfaat Buah Nanas


1. Anti Radang:

Terdapat kombinasi enzim bromelain bersama dengan kandungan enzim proteolytic penting yang terkandung didalam buah nanas, dapat bekerja mengurangi peradangan dalam tubuh penyebab kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor.

2. Kesehatan Pencernaan:

Buah nanas mengandung serat yang tinggi untuk menjaga kesehatan usus-usus dalam pencernaan.

3. Vitamin C:

Nanas mengandung separuh dari kadar asupan harian vitamin C.
Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang diperlukan tubuh untuk melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Vitamin C dapat menjadi nutrisi pelindung tubuh dari penyakit jantung dan sakit pada persendian.

4. Kesehatan Mata:

Buah nanas memiliki kandungan yang dapat mengurangi risiko terjadinya macular degeneration, penyakit mata yang mempengaruhi mata seseorang seiring dengan pertambahan usia.
Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C dan anti oksidan dalam buah nanas.

5. Mengobati Peradangan Sinus:

Didalam buah nanas terdapat kandungan vitamin C dan enzim bromelain yang tinggi, dapat terjadi pengurangan lendir yang signifikan pada tenggorokan dan hidung.

Nanas juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita alergi, untuk membantu mengurangi kadar lendir sinus secara jangka panjang.

Meski banyak mengandung manfaat kesehatan bagi tubuh, buah nanas tetap harus dikonsumsi secukupnya. Kadar vitamin C yang sangat tinggi di dalam buah nanas, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Banyak mengonsumsi vitamin C dapat menyebabkan diare, mual, muntah, dan rasa sakit perut.

6. Untuk Kesehatan Tulang:

Di dalam buah nanas, terdapat sekitar 75% dari total rekomendasi asupan harian mineral mangan, yang penting untuk memperkuat tulang serta jaringan-jaringannya.

Konsumsi mangan yang teratur dapat mencegah timbulnya kondisi osteoporosis pada wanita yang baru saja memasuki masa menopause.

7. Menutrisi Kulit:

Nanas mengandung Vitamin dan Asam Askorbat. Nanas mengandung Array dari Nutrisi yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, Ini merupakan salah satu buah yang menjadi sumber Vitamin C yang baik.

Vitamin C memiliki manfaat, untuk menjaga kesehatan serta elastisitas kulit, dan dapat menghindarkan kulit kita dari dehidrasi, juga menghilangkan sel-sel kulit yang mati.

8. Memutihkan Gigi:

Mengonsumsi Nanas secara rutin, dapat mengembalikan gigi yang kusam, menjadi putih kembali. Jumlah Vitamin C yang tinggi dalam buah ini, dapat membantu dalam mencegah tumbuhnya plak pada gigi.

Dan salah satu manfaat dari Nanas, adalah membantu memperkuat gusi, yang lebih lanjut menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung:

Nanas dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit jantung, Nanas baik untuk kesehatan Jantung, bahkan dapat memastikan aliran darah, dalam sistem peredaran darah tetap lancar.

10. Mencegah Penyakit Mata:

Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas dapat menjaga kesehatan mata dengan baik, Nanas juga mengandung beta karoten dan Vitamin A, dalam dosis yang cukup tinggi, dimana hal tersebut memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga kesehatan mata.

Mengonsumsi Nanas secara rutin, dapat mencegah degenerasi Makula, serta dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan di usia tua.

11. Menjaga Kekuatan Sistem Kekebalan Tubuh:

Dengan mengkonsumsi buah Nanas secara rutin, dapat memungkinkan terhindar dari serangan penyakit flu. Buah Nanas yang diperkaya dengan Vitamin C dan Nutrisi penting lainnya, dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan kuat.

12. Mencegah Penyakit Batu Ginjal:

Kalium dan serat yang ditemukan dalam buah Nanas, dapat membantu menjaga kesehatan Jantung. Asupan Kalium yang tinggi, pada umumnya berkaitan dengan penurunan risiko penyakit stroke, dan mencegah pembentukan Batu Ginjal.

13. Meningkatkan Kesehatan Jantung:

Nanas dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit jantung, Nanas baik untuk kesehatan Jantung, bahkan dapat memastikan aliran darah, dalam sistem peredaran darah tetap lancar.

Selain membantu untuk mengurangi lemak pada perut, buah Nanas yang telah dimasak juga mempunyai khasiat lain seperti:

Membantu pencernaan makanan.
Menghambat penggumpalan Trombosit.
Menurunkan berat badan.
Radang tenggorokan.
Peradangan kulit.
Peluruh kencing (Diuretik).
Membersihkan jaringan kulit yang mati.
Mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan.

Semoga Bermanfaat.

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah