14 Manfaat bawang merah

14 Manfaat bawang merah

Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back) merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari negara Iran, Pakistan & pegunungan utara negara tersebut, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis.

Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, obat tradisional, kulit umbi dapat dijadikan zat pewarna dan daun dapat digunakan untuk sayur.

Bunga bawang merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 kuntum bunga.

Pada ujung dan pangkal tangkai mengecil, bagian tengah menggembung, bentuknya seperti pipa yang berlubang didalam. Tangkai tandan bunga ini sangat panjang, lebih tinggi dari daun dan mencapai 30–50 cm.

Bunga bawang merah


Bunga bawang merah termasuk bunga yang sempurna, tiap bunga terdapat benang sari dan kepala putik.

Bakal buah terbentuk dari 3 daun buah yang disebut carpel, membentuk tiga buah ruang dan dalam tiap ruang tersebut terdapat 2 calon biji.

Buah berbentuk bulat dengan ujung tumpul. Bentuk biji agak pipih. Biji bawang merah dapat digunakan sebagai bahan tanaman secara generatif.

Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi.

Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami yang berupa hormon auksin dan giberelin.

Kegunaan lain bawang merah


Kegunaan lain bawang merah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin.

Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.


Kandungan Gizi Bawang Merah jumlah Per 100 g

  • Kalori (kcal) 71
  • Lemak 0,1 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 12 mg
  • Kalium 334 mg
  • Karbohidrat 17 g
  • Serat pangan 3,2 g
  • Gula 8 g
  • Protein 2,5 g
  • Vitamin A 4 IU
  • Vitamin C 8 mg
  • Kalsium 37 mg
  • Zat besi 1,2 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0,3 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 21 mg

Bagi yang mengonsumsi bawang merah mentah, ada banyak keuntungan yang didapatkan dalam tubuh. Di dalam bawang merah mentah terdapat senyawa penting yang masih aktif dibandingkan saat sudah dimasak.

Senyawa tersebut diantaranya sulfur organik dan minyak atsiri yang memberi manfaat bagi kesehatan. Kedua senyawa tersebut biasanya sudah berkurang kandungannya bila terkena panas.

Bawang merah memiliki manfaat tinggi karena mengandung antioksidan, dan quercetin. Senyawa ini baik untuk jantung, sistem imunitas tubuh dan banyak hal lain yang bermanfaat.


Studi lain menyebutkan mengonsumsi bawang merah membantu melawan pertumbuhan tumor serta mendukung kerja hormon tetap sehat.

Bawang merah bermanfaat sebagai obat, untuk mengobati maag, masuk angin, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, obat kencing manis (diabetes melitus), memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah, karena bawang merah dapat menghambat penimbunan trombosit dan meningkatkan aktivitas fibrinotik.

Bawang merah mempunyai khasiat yang besar untuk meningkatkan kepadatan tulang dan memperkuat sendi.

baca juga manfaat buah petai

Manfaat Bawang Merah


1. Mencegah Kanker:

Bawang merah berfungsi sebagai antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas. Peneliti juga meyakini bahwa zat antioksidan pada bawang merah dapat meminimalisir risiko kanker perut mencapai angka 50 persen.

2. Menjaga Kesehatan Jantung:

Pada sebutir bawang merah tersimpan banyak kromium, yaitu senyawa kimia yang dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung akibat komplikasi dari masalah diabetes.

3. Nafsu Makan:

Kandungan Folat bawang merah membantu mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.

Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

4. Menurunkan Berat Badan:

Bawang merah membantu program penurunan berat badan. Tubuh yang mengalami difisiensi kromium akan kesulitan untuk menurunkan berat badan, karena itu zat kromium pada bawang merah sangat tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Tingkatkan Sperma:

Antioksidan yang terdapat dalam bawang merah meningkatkan jumlah sperma pria dengan cara alami.

Hasil riset sudah menunjukkan bahwa bawang merah dan jahe bisa meningkatkan jumlah sperma serta libido.

6. Mengobati Sembelit:

Sembelit terjadi karena banyak komponen makanan yang menempel pada usus sehingga sulit dikeluarkan.

Didalam bawang merah terkandung serat yang berkhasiat untuk membuang racun dan partikel makanan keras dalam usus.

7. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah:

Untuk menetralisir kadar gula darah dalam tubuh, Anda hanya perlu minum ramuan bawang merah agar gula darah terkontrol. Kandungan kromium dan mineral dapat mengurangi resistensi insulin.

8. Kanker Prostat:

Bawang merah bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker prostat, pada studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat.

Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.

9. Tingkatkan Stamina:

Fitokimia yang ada pada bawang merah dalam jumlah besar bertindak sebagai stimulan untuk vitamin C, yang bisa meningkatkan system kekebalan tubuh.

Bawang merah dapat melawan racun serta unsur-unsur asing pada tubuh yang dapat menyebabkan stamina seksual yang rendah.

10. Esofagus Dan Kanker Perut:

Kandungan allium pada bawang merah bermanfaat untuk menghambat tumor. Penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

11. Meningkatkan Aliran Darah:

Bawang merah juga sumber yang baik dari sulfida, yang menolong mengontrol kandungan kolesterol berfluktuasi serta menyembuhkan tekanan darah tinggi.

Ini akan meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan aliran darah termasuk alat kelamin serta meningkatkan dorongan sex.

12. Meningkatkan Kadar Testosteron:

Menurut riset yang dikerjakan di Tabriz University di negara Iran, bawang merah bisa meningkatkan kadar testosteron. Dan meningkatkan kesehatan organ seksual baik pada pria ataupun wanita.

13. Menguatkan otot:

Manfaat lain yang bisa didapat dari bawang merah adalah Menguatkan Otot Kardiovaskular, menghambat aktivitas sel darah putih, mencegah kanker, menurunkan panas, menghangatkan, memudahkan keluar angin, melancarkan pengeluaran air seni, mencegah terjadinya penggumpalan darah.

14. Memperkuat Sistem Imun Tubuh:

Kandungan quercetin pada bawang merah dapat melawan pertumbuhan bakteri dalam tubuh, mengatasi infeksi akibat jamur, serta mencegah peradangan.

Beberapa sifat tersebut juga mampu mengobati influenza yang umum hadir saat musim dingin.

Semoga Bermanfaat.

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan