15 Manfaat buah blewah

15 Manfaat buah blewah

Blewah (Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara.

Buah blewah sejenis dengan buah melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu & mentimun. Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan.

Kulit Buah Blewah


Di balik kulit buah blewah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.

Blewah kaya kandungan mineral kalium, provitamin A, serat makanan, dan vitamin C. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal, limpa, menurunkan tekanan darah, dan untuk menyembuhkan sariawan.

Kandungan Gizi Buah Blewah

Kandungan Gizi Blewah Jumlah Per 100 g

  • Kalori (kcal) 33
  • Jumlah Lemak 0,2 g
  • Lemak jenuh 0,1 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 16 mg
  • Kalium 267 mg
  • Jumlah Karbohidrat 8 g
  • Serat pangan 0,9 g
  • Gula 8 g
  • Protein 0,8 g
  • Vitamin A 3.382 IU
  • Vitamin C 36,7 mg
  • Kalsium 9 mg
  • Zat besi 0,2 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0,1 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 12 mg.

Baca juga manfaat buah leci

Manfaat buah blewah:


1. Menurunkan Tekanan Darah:

Kandungan kalium, vitamin C dan potasium dalam buah blewah membantu dalam menurunkan tekanan darah, disamping juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah.

Bahkan buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Oleh karena itu, blewah ini sangat aman bagi penderita yang memiliki masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi.

2. Mencegah Penyakit Jantung:

Kandungan vitamin C yang tinggi, dipercaya mampu mencegah penyakit jantung. Bahkan dapat menjaga kesehatan paru-paru dan pembuluh darah.

RDA (Recommended Dietary Allowance) sendiri menyarankan kita agar mengkonsumsi betakaroten, sekitar5-6mg perhari untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat dirasakan dengan mengkonsumsi buah blewah ini secara teratur.

3. Mengatasi Insomnia:

Buah blewah memiliki sifat sedatif yang mana sifat ini sangat bermanfaat bagi penderita insomnia. Sifat sedatif ini sama halnya dengan obat tidur. Jadi bagi penderita insomnia, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi blewah agar mampu menangkal penyakit tersebut.

4. Menjaga Kesehatan Mata:

Mata sehat merupakan hal sangat penting, karena mata merupakan organ yang memiliki peran sangat vital bagi kehidupan manusia. Buah blewah mengandung vitamin yang cukup tinggi, dengan mengkonsumsi blewah, maka mata anda akan tetap sehat. Selain itu, manfaat vitamin A juga berguna untuk mencegah efek radikal bebas.

5. Menyehatkan Janin:

Manfaat buah blewah mengandung asam folat, yang dibutuhkan oleh janin. Kandungan folat yang tinggi pada buah blewah ini, membantu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru yang sangat penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

6. Memelihara Kesehatan Kulit:

Kandungan vitamin C dan A pada buah blewah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C tersebut juga mampu membantu sintesis kolagen. Seperti yang diketahui, radikal bebas tidak pemah berhenti menyerang kulit kita. Buah blewah mengandung semua vitamin anti radikal tersebut.

7. Melancarkan Pencernaan:

Mengkonsumsi buah blewah dapat membantu pencernaan dan mampu menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Buah blewah memiliki kandungan vitamin A dan serat makanan tersebut.

8. Mengatasi Maag:

Penyakit maag bisa diobati dengan buah ini, selain itu blewah juga dapat meningkatkan nafsu makan. Bagi penderita maag, dianjurkan untuk membuatnya sebagai jus agar mudah dicerna.

9. Rendah gula dan kalori:

Buah blewah sangat baik untuk seseorang yang lagi proses diet karena buah blewah memiliki khasiat yang rendah gula dan kalori.

10. Mencegah Resiko Kanker:

Jika kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti betakaroten, vitamin C dan asam folat, maka dapat beresiko terkenan kanker rahim. Namun jika mengkonsumsi buah blewah, maka penyakit kanker akan dapat dicegah sebab buah blewah memiliki 3 nutrisi penting tersebut.

11. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi:

Buah blewah memiliki kandungan kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Bagi anda yang sering mengeluh tekanan darah tinggi, buah blewah baik untuk dikonsumsi.

12. Menurunkan Kolesterol:

Tingginya vitamin C dalam buah blewah ini mampu menurunkan kolesterol buruk di dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C ini juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan dapat menguatkan dinding kapiler.

13. Mengatasi Batu ginjal:

Dari penelitian yang sudah terbukti bahwa Buah blewah bisa mengurangi resiko batu ginjal dan tulang keropos.

14. Mencegah Asam urat:

Blewah juga memiliki indeks glikemik yang rendah (GI), Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah blewah merupakan gula sederhana yang alami sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, obesitas. Selain itu juga dapat mencegah asam urat.

15. Menurunkan Berat Badan:

Buah blewah rendah gula dan kalori. Selain untuk menjaga berat badan, buah ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari dari berbagai penyakit.

Semoga bermanfaat.

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan