15 Manfaat jambu air

15 Manfaat jambu air

Jambu semarang atau buah jambu air semarang (Syzygium samarangense) adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari negara Indonesia & Malaysia.

Pohon dan buah jambu semarang tidak banyak berbeda dengan jambu air (S. aqueum), beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja.

Nama-nama lainnya adalah jambu air mawar (Malaysia), jambu lilin, jambu cincalo, jambu camplong (Ind.), jambu klampok (Jw.), chomphu kaemmaem (Thai), makopa (Fil.), Java apple, wax apple, water apple (Ingg.) dan lain-lain.

Ciri Ciri Jambu Semarang


Jambu semarang umumnya berperawakan perdu atau pohon, setinggi 5-15 m. Berbatang bengkak-bengkok dan bercabang rendah, gemangnya mencapai 50 cm.

Daun tunggal terletak berhadapan, bertangkai pendek dan menebal, panjang 3-5 mm. Helaian daun berbentuk jorong atau jorong lonjong, 10-25 x 5–12 cm, sedikit menjangat bertepi tipis, berbintik tembus cahaya, berbau aromatis apabila diremas.

Karangan bunga dalam malai di ujung ranting (terminal) atau muncul di ketiak daun yang telah gugur (aksial), berisi 3-30 kuntum. Bunga kuning keputihan, dengan banyak benang sari yang mudah berguguran. Tabung kelopak panjang 1,5 cm.

Buah bertipe buah buni, seperti lonceng seperti buah pir yang melebar, dengan lekuk atau alur-alur dangkal membujur di sisinya, bermahkota kelopak yang melengkung berdaging, besarnya sekitar 3,5-4,5 x 3,5-5,5 cm, di bagian luar mengkilap seperti lilin, merah, kehijauan atau merah-hijau kecoklatan. Daging buah putih, banyak berair, dengan bagian dalam seperti spons, aromatik, manis atau asam manis.

Kegunaan Jambu Air


Jambu air semarang sebagai buah meja. Jambu semarang, seperti juga jambu air dan jambu bol biasa disajikan sebagai buah meja. Ketiga jenis jambu ini memiliki pemanfaatan yang kurang lebih serupa dan dapat saling menggantikan.

Buah ini umumnya dimakan segar. Karena manis, buah jambu semarang sering diserang oleh ulat (larva) lalat buah. Telur lalat dan ulatnya ini biasa ditemukan pada buah yang tidak ditutup rapat semasa di pohon.

Kayunya yang keras dan kemerahan cukup baik untuk digunakan sebagai bahan bangunan, asalkan tidak kena tanah.

Asal usul pohon buah ini tidak diketahui dengan pasti, akan tetapi banyak kultivar yang baik yang berasal dari pulau Jawa indonesia. Kini pelbagai kultivar jambu semarang telah dikembangkan dan ditanam luas di berbagai wilayah di dunia, termasuk di India, Bangladesh, Asia Tenggara, Republik Tiongkok, Amerika Tengah dan Selatan.

Kandungan Nutrisi Per-100gr Pada Buah Jambu Air:

  • Water 93% g
  • Zinc, Zn 0.06% mg
  • Copper, cu 0.016% m
  • Manganese, Mn 0.029% mg
  • Phosphorus, p 8% mg
  • Potassium, K 123% mg
  • Carbohydrate 5.7%
  • Calcium, Ca 29% mg
  • Vitamin C, 22.3% mg
  • Thiamin 0.02% mg
  • Riboflavin 0.03% mg
  • Niacin 0.8% mg
  • Vitamin A
  • Protein 0.6% g
  • Total lipid (fat) 0.3% g
  • Energy 25% kcal
  • Energy 105% kj
  • Ash 0.4% g
  • Iron, Fe 0.07% mg
  • Magnesium, Mh 5% mg

baca juga manfaat buah kelengkeng

Manfaat Jambu Air Atau Jambu Semarang


1. Mencegah Dehidrasi.

Kandungan air yang besar mencapai 93% dalam berat 100gram ini sangat melimpah dan efektif untuk mencegah dehidrasi dan mampu menyegarkan tubuh dan memberikan mood yang baik bagi tubuh.

2. Meningkatkan Kesuburan.

Jambu air mengandung anti oksidan yang bagus, kandungan antioksidan yang diproduksi oleh vitamin C mampu menyuburkan sperma pada pria, bisa bertahan dari radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh.

3. Menyehatkan Mata.

Vitamin A yang terkandung dalam jambu air ini sangat tinggi, jika mengkonsumsi jambu air secara rutin dapat merawat fungsi mata dengan sangat optimal, jambu air ini sangat cocok untuk mengatasi mata lelah.

4. Mencegah Diare.

Ekstrak jambu air bisa dijadikan obat untuk mencegah diare, jambu air bisa mencegah demam pada anak-anak.
Biji jambu air juga dapat digunakan dalam proses pengobatan diare.

5. Melancarkan Pencernaan.

Kandungan serat yang dimiliki buah jambu air memberi pengaruh terhadap proses pencernaan pada usus, tercukupinya serat dalam asupan makanan mampu melancarkan proses pencernaan makanan dan menghindarkan terkena sembelit.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol.

Seseorang yang di dalam tubuhnya mengandung kolestrol yang berlebihan, beresiko lebih besar terkena serangan jantung, stroke dan jantung koroner, menurut hasil dari sebuah penelitian, serat dan mineral dalam jambu air dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh.

7. Menyehatkan Jantung.

Serat dan nutrisi dalam jambu air telah menunjukkan efek yang signifikan terhadap kadar kolesterol. Dalam penelitian yang mengarah ke kemungkinan lebih rendah dari aterosklerosis dari jambu air, sehingga mencegah komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung, dan penyakit stroke.

8. Mencegah Kanker.

Senyawa organik yang aktif di dalam jambu air yang mengandung manfaat vitamin C dan manfaat vitamin A, telah dikenal sebagai pengobatan kanker dan pencegahan yang efektif. Penelitian awal dan pengobatan tradisional mengklaim bahwa kanker prostat dan kanker payudara, berkurang dengan mengonsumsi jambu air untuk diet.

9. Mengontrol Diabetes.

Jambosine adalah jenis alkaloid yang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula. Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung tentang dampak jambosine pada kontrol gula darah.

10. Detoksifikasi.

Rebusan jambu biji telah digunakan sebagai zat diuretik, yang membantu untuk membersihkan hati dan toksisitas ginjal. Selain itu, untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan efisiensi metabolisme tubuh manusia.

11. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh.

Jambu air telah dikaitkan dengan efek antimikroba dan anti jamur. Penelitian telah menunjukkan bahwa hal tersebut dapat melindungi kulit dari pengembangan berbagai infeksi yang dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

12. Bunga Jambu.

Bagian bunga yang berbau manis digunakan untuk menurunkan suhu tinggi dalam tubuh. Bunga yang dikombinasikan dengan daunnya berguna untuk menenangkan gatal bagi orang yang menderita cacar. Daun jambu air juga dapat diterapkan pada sakit mata yang berfungsi sebagai diuretik.

13. Merawat Kulit.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan berguna untuk kesehatan sel-sel kulit, kandungan air yang melimpah baik untuk memelihara dan memberikan kesehatan untuk gigi dan gusi.

14. Biji Jambu.

Biji jambu air disimpan dalam sebuah wadah dalam jangka waktu 4 hari hingga kering. Sesudah kering, tumbuk atau di haluskan dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diare. Obat ini juga digunakan untuk menurunkan demam dan mengontrol asma. Benih segar dapat menyembuhkan katarak dan disentri.

15. Kulit Pohon.

Kulit pohon ini dibuat menjadi rebusan dan digunakan untuk meringankan penyakit bronkitis, asma dan suara serak di tenggorokan. Akar juga diperlakukan untuk menyembuhkan epilepsi.

Akar dan biji jambu air banyak digunakan sebagai pengobatan kuno, namun juga dikenal dapat menyebab racun. Selain itu, jambu air juga mengandung sianida. Konsultasikan dengan dokter, sebelum mencoba pengobatan dengan jambu air untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan