8 Manfaat buah lengkeng

8 Manfaat buah lengkeng

Buah lengkeng atau kelengkeng, mata kucing, longan, Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae) adalah tanaman buah yang berasal dari daratan Asia Tenggara.

Pohon lengkeng dapat mencapai tinggi 40 m & diameter batangnya hingga 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4-6 pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1–20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5–20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebelah bawah di dekat pertulangan daun.

Perbungaan umumnya di ujung (flos terminalis), 4–80 cm panjangnya, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang hingga 6 mm.

Buah bulat, coklat kekuningan, hampir gundul, licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus) tipis berwarna putih dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat.

Jenis Dan Penyebaran Lengkeng


Ada beberapa jenis buah lengkeng, Dimocarpus longan, di antaranya:
ssp. longan var. longan. Longan (Ingg.), lengkeng (Ind./Mal.), lamyai pa (Thai). Berasal dari wilayah pegunungan di Myanmar hingga ke Tiongkok selatan. Kini dibudidayakan secara meluas hingga ke negara Taiwan, Thailand, Indonesia, Australia (Queensland) dan Amerika Serikat (Florida).

A. ssp. longan var.
longepetiolatus. Dari Vietnam bagian selatan.

B. ssp. longan var. obtusus.
Lamyai khruer, lamyai tao (Thai). dibudidayakan di Thailand.

C. ssp. malesianus var.
Malesianus. Matakucing, isau, sau, kakus Menyebar di Malaysia.
Dan jenis yang sama menyebar di negara indonesia medaru, medaro, bedaro, ihau.

D. ssp. malesianus var. echinatus.
Dari indonesia dan Filipina.

Kegunaan Buah Lengkeng


Buah lengkeng ini dimakan dalam keadaan segar. Buah lengkeng yang berdaging tebal dan besar, dikalengkan dalam sari buah di negara Thailand, Taiwan dan Tiongkok, baik ditambah gula maupun tidak. Lengkeng juga dikeringkan, untuk dijadikan bahan pembuat minuman penyegar.

Biji lengkeng yang mengandung saponin bisa dimanfaatkan untuk mencuci rambut. Biji, buah, daun dan bunga lengkeng juga digunakan sebagai bahan obat tradisional negara Tiongkok atau china.
Daunnya mengandung quercetin dan quercitrin. Kayu lengkeng dan kayu bedaro (Dimocarpus malayensis) merupakan kayu yang cukup baik untuk konstruksi ringan dalam rumah dan bahan perkakas rumah tangga.


Baca juga manfaat buah pir

Kandungan Gizi
Lengkeng
Jumlah Per 100 g:


  • Kalori (kcal) 60
  • Lemak 0,1 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 0 mg
  • Kalium 266 mg
  • Karbohidrat 15 g
  • Serat pangan 1,1 g
  • Protein 1,3 g
  • Vitamin C 84 mg
  • Kalsium 1 mg
  • Zat besi 0,1 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 10 mg

Manfaat Buah Lengkeng


1. Menjaga Suhu Tubuh:

Kandungan vitamin C dalam buah kelengkeng cukup tinggi, yang bisa menjaga suhu tubuh agar tetap hangat pada kondisi udara dingin, dan juga mencegah anda terkena penyakit flu, sangat baik untuk tubuh anda.

2. Mencegah Anemia:

Salah satu masalah kesehatan karena kurangnya sel darah merah ini bisa diatasi dengan sering mengonsumsi buah kelengkeng. Kandungan zat besi yang terkandung didalamnya cukup tinggi, sehingga mampu menaikkan sel darah merah dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

3. Penambah Energi:

Kelengkeng merupakan tonik alami yang mampu menambah energi, dapat digunakan mengatasi berbagai masalah tidur, meningkatkan daya ingat dan juga meredakan rasa cemas.

4. Melancarkan sirkulasi darah:

Buah lengkeng bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit anemia. Selain itu, kelengkeng terbukti mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh.

5. Membantu Kerja Jantung:

Dengan kandungan yang bagus untuk menenangkan syaraf menjadikan anda terhindar dari stres, hal ini akan merangsang limpa dan hati, sirkulasi darah menjadi lancar dan anda dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung yang membahayakan, seperti stroke dan juga jantung koroner.

6. Untuk Diet:

Buah kelengkeng memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat rendah. Setengah piring kelengkeng hanya mengandung 35 kalori, pilihan yang tepat untuk diet.

7. Kesehatan Kulit:

Kelengkeng bagus untuk kulit, karena mengandung material ­anti-aging. Kelengkeng mencegah kerutan kulit di dekat mata, meminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit serta mencerahkan warna kulit.

8. Sebagai Penenang:

Buah kelengkeng mengandung anti-depresan, zat ini sangat bagus untuk mengatasi masalah syaraf, karena akan memberikan reaksi yang menenangkan atau relaksasi, dan juga dapat meningkatkan fungsi saraf. Efek yang bisa anda dapatkan adalah tubuh yang tenang dan juga mengurangi rasa lelah. Anda juga bisa terhindar dari insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Semoga Bermanfaat.

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan