6 manfaat buah gayam

6 manfaat buah gayam

Buah gayam (Inocarpus fagifer (Parkinson ex Zollinger) Fosberg) adalah jenis pohon anggota suku polong-polongan (Fabaceae) yang dapat tumbuh setinggi 20 meter dengan diameter 4 meter. Nama lainnya adalah buah gatep (indonesia), tahitian chestnut (bahasa Inggris).

Pohon gayam diperkirakan merupakan tanaman asli & berasal dari negara Indonesia yang kemudian tersebar secara luas ke berbagai daerah tropis di kawasan Asia Pasifik.

Pertumbuhan Buah Gayam


Tanaman ini tumbuh di dataran rendah tropis yang lembab hingga ketinggian 500 meter dpl. Tumbuhan ini mampu tumbuh di tanah-tanah yang miskin hara sekalipun.

Sehingga pohon gayam sering kali ditemukan tumbuh di rawa-rawa, tepi sungai, maupun di tepi pantai yang berpasir di antara hutan bakau.

Buah gayam yang telah tua dan masak tidak dapat dimakan langsung. Buah dari Inocarpus fagiferus ini sebelum dimakan harus direndam air kemudian direbus atau dibakar. Buah gayam yang telah dimasak ini dikonsumsi sebagai makanan ringan.

Ciri Ciri Buah Gayam


Pohon
Pohon ini biasa ditanam di pedesaan sebagai peneduh pekarangan dan kuburan. Pohon ini seringkali tumbuh berdekatan dengan kolam atau mata air sehingga diduga memiliki kemampuan menyerap air yang kuat dari sekitarnya. Karena anggapan itu, gayam juga merupakan salah satu tumbuhan penghijauan.

Buah:
Bentuk buah gayam seperti halnya buah yang menggantung pada pohonnya memiliki bentuk seperti ginjal, karakter dari kulit buah gayam yaitu keras, buahnya berukuran kecil sampai medium, warna kulit buah pada umumnya hijau saat masih mentah dan akan berubah menjadi kuning hingga kecoklatan jika hampir masak.

Buah gayam memiliki satu biji didalamnya yang bersifat keras dan bebentuk gepeng. Isi bijinya biasa dimakan setelah direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan racun saponin yang terkandung di dalamnya. Biasa dimakan begitu saja atau diolah lagi menjadi keripik.

Kayu:
Kayu pohon gayam dapat dimanfaatkan sebagai bahan furniture atau perabotan rumah. Sedangkan dengan kerindangan daun dan dahannya pohon ini bisa dimanfaatkan sebagai pohon peneduh.

Akan tetapi tanaman yang satu ini jarang dibudidayakan. Umumnya tanaman ini tumbuh liar di daerah rawa rawa atau tepi sungai. Tidak jarang yang beranggapan pohon ini sebagai tempat tinggal makhluk halus.

baca juga manfaat buah goji berry yang sangat baik untuk kesehatan tubuh

Manfaat buah gayam:


1. Membantu penyerapan makanan:

Proses penyerapan makanan terjadi didalam usus. Gayam memang memiliki manfaat untuk membersihkan usus dan menjaga kesehatan pencernaan serta dapat membantu penyerapan sari makanan.

Penyerapan makanan dalam pencernaan bisa diperlancar dengan mengkonsumsi buah gayam. Hal ini disebabkan karena buah gayam memiliki kandungan tanin yang bisa membantu proses penyerapan sari makanan dalam usus bekerja dengan baik. Penyerapan sari makanan yang baik akan membuat tubuh mendapat asupan gizi secara optimal dari makanan yang dikonsumsi.

2. Sebagai Bahan makanan:

Salah satu manfaat gayam yaitu bisa di olah menjadi produk makanan seperti keripik ataupun diolah dengan cara tradisional seperti gayam rebus. Cita rasa dari gayam sendiri akan keluar jika diolah dengan benar.

Bentuk olahan gayam juga di senangi banyak kalangan mulai anak kecil hingga dewasa. Selain bahan makanan yang langsung berupa produk, buah gayam juga dapat diinovasikan untuk pembuatan tepung.

Tepung dari buah gayam ini bisa dijadikan bahan pembuatan kue, tepung buah gayam akan menjadi tepung dengan keunggulan vitamin dan nutrisi yang baik.

3. Menambah asupan nutrisi:

Buah gayam memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Mengkonsumsi buah gayam tidak akan membuat seseorang keracunan tapi akan mendatangkan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah gayam mengandung serat yang baik untuk tubuh. Serat dalam buah gayam juga baik untuk pencernaan.

4. Membersihkan usus:

Usus merupakan organ pencernaan yang rentan oleh kontaminasi bakteri yang merugikan serta dapat menyebabkan masalah pencernaan, tentu saja hal ini bisa mengganggu kenyamanan.

Salah satu keuntungan buah gayam untuk kesehatan pencernaan yaitu buah gayam memiliki kandungan saponin. Saponin dalam buah gayam memiliki manfaat untuk membersihkan usus dan organ pencernaan.

5. Sumber antioksidan:

Buah gayam juga memiliki manfaat sebagai sumber antioksidan, karena buah gayam mengandung flavonoid. Zat antioksidan yang terkandung sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai pelindung dari radikal bebas.

Sebagai zat untuk mendukung kekebalan tubuh agar tidak rentan terhadap penyakit. Antioksidan juga dapat mengeluarkan racun didalam tubuh. Mengkonsumsi buah gayam yang memiliki kandungan antioksidan akan membantu tubuh untuk tetap sehat dan terhindar dari resiko penyakit.

6. Sumber vitamin C:

Buah gayam memiliki sumber vitamin C. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh agar terhindar dari penyakit seperti sariawan, gusi berdarah dan masalah infeksi lainnya.

Bagi seseorang yang membutuhkan vitamin C, gayam juga bisa menjadi pilihan untuk membantu mendapatkan vitamin C alami. Vitamin C alami lebih tepat diajurkan karena sangat baik untuk tubuh dan berasal dari tumbuhan alami.

Semoga bermanfaat.

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah