Manfaat buah goji berry

Manfaat buah goji berry

Buah Goji berry adalah buah berry yang berasal dari negara Cina (disebut wolfberries di dunia barat, Lycium chinese) Cina: pinyin: Ningxia gǒuqǐ. (Kou Kee Chye-Hokkien dialect). Buah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sejak abad pertama Masehi.

Kegunaan:
Buah Goji berry bisa dimakan mentah setelah dikeringkan (seperti kismis), dimasak dan digunakan dalam teh herbal, jus, anggur & obat-obatan. Goji berry kaya akan vitamin C dan antioksidan, 18 asam amino dan 21 mineral, sehingga tak heran bahwa beberapa toko obat dan herbal dengan marketing yang berani mengklaim bahwa ini adalah buah yang paling kaya nutrisi, mereka menyebutnya superfruit.

Mereka sering mengkombinasikan atau mencampur berry ini dengan herbal lain sebagai tonik untuk meningkatkan umur panjang. Sedangkan daunnya juga termasuk edible food dan bisa di masak selayaknya sayuran lainnya. Bisa dimasak untuk campuran sup atau di tumis biasa. Dalam bahasa Inggris daun Goji Berry sering di sebut Matrimony Vine Leaves.

Kegunaan Lain Buah Goji Berry:


Kegunaan lain goji berry dikatakan juga untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi dan penglihatan, bagus untuk mata, melindungi hati, dan meningkatkan produksi sperma untuk laki-laki.

Buah goji berry memiliki anti oksidan yang tinggi sehingga dia sering disebut buah superfruit yang populer, terutama untuk wanita yang ingin menunda penuaan. Buah ini juga kaya akan Vitamin, mineral dan nutrisi.

Beberapa penelitian telah menggunakan jus goji berry dan menemukan bahwa biji ini bemanfaat positif untuk memberi efek ketenangan, kebahagiaan, kualitas tidur yan baik, dan perasaan kesehatan yang baik.

Manfaat Buah Goji Berry:


Manfaat buah goji berry telah dikenal bertahun-tahun sebagai makanan yang dapat memperpanjang usia. Buah berwarna jingga dari negeri Tiongkok ini juga dikenal dapat menangani berbagai gangguan kesehatan, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Manfaat goji berry yang juga disebut sebagai wolfberries ini dianggap dapat meredakan stres, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan berat badan, dan memperbaiki performa fisik. Goji berry dipercaya dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh, membantu memerangi sel-sel kanker, dan menjaga kesehatan jantung.

konsumsi buah ini juga diklaim tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara drastis, karena buah ini mengandung karbohidrat kompleks. Selain itu, goji bery juga mengandung zeaxanthin, yaitu zat antioksidan yang menjadikan buah ini berwarna cerah.

Para peneliti selama sebulan di Tiongkok menemukan bahwa dosis standar ekstrak goji berry yang diberikan dalam percobaan dapat membantu meningkatkan kadar enzim antioksidan pada organ hati.
Baca juga manfaat buah jambe atau pinang

Efek samping


Bagi yang menderita penyakit diabetes dan sedang meminum obat tekanan darah tinggi lebih baik konsultasi dengan Dokter dulu. Apalagi bagi anda yang mengkonsumsi obat Warfarin (pengencer darah) lebih baik anda menghindari makan buah ini.

bagi seorang pengidap tekanan darah tinggi, diabetes, serta penyakit-penyakit lain, perlu mengonsultasikannya terlebih dulu sebelum mengonsumsi goji berry karena buah ini dikhawatirkan dapat berinteraksi dengan obat-obatan penurun tekanan darah, diabetes, dan pengencer darah.

Bagi siapapun itu sesuatu yang berlebih-lebihan akan selalu berefek tidak baik , maka secara aman, konsumsilah Goji berry secukupnya. Satu gelas sehari diseduh dengan air panas itu sudah cukup.

Semoga bermanfaat.

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah