6 Manfaat buah jambe atau pinang

6 Manfaat buah jambe atau pinang

Buah Jambe atau pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan orang.
Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree & nama ilmiahnya adalah Areca catechu.

Pohon
Batang lurus langsing, dapat mencapai ketinggian 25 m dengan diameter lk 15 cm, meski ada pula yang lebih besar. Tajuk tidak rimbun.

Pelepah daun buah jambe atau pinang berbentuk tabung dengan panjang 80 cm, tangkai daun pendek, helaian daun panjangnya sampai 80 cm, anak daun 85 x 5 cm, dengan ujung sobek dan bergerigi.

Kayu pinang yang tua juga dimanfaatkan untuk bahan perkakas atau pagar. Batang pinang tua yang dibelah dan dibuang tengahnya digunakan untuk membuat talang atau saluran air.
Pinang juga kerap ditanam, di luar maupun di dalam ruangan, sebagai pohon hias atau ornamental.

Bunga
Tongkol bunga dengan seludang (spatha) yang panjang dan mudah rontok, muncul di bawah daun, panjang lebih kurang 75 cm, dengan tangkai pendek bercabang rangkap, sumbu ujung sampai panjang 35 cm, dengan 1 bunga betina pada pangkal, di atasnya dengan banyak bunga jantan tersusun dalam 2 baris yang tertancap dalam alu

r. Bunga jantan panjang 4 mm, putih kuning, benang sari 6. Bunga betina panjang lebih kurang 1,5 cm, hijau, bakal buah beruang 1.

Buah
Buah buni bulat telur terbalik memanjang, merah oranye, panjang 3,5 sampai 7 cm, dengan dinding buah yang berserabut. Biji 1 berbentuk telur, dan memiliki gambaran seperti jala. Pohon pinang tumbuh hingga ketinggian 1.400 m dpl.

Buah pinang yang masak


Buah pinang terutama ditanam untuk dimanfaatkan bijinya, yang di dunia Barat dikenal sebagai betel nut. Biji ini dikenal sebagai salah satu campuran orang makan sirih, selain gambir dan kapur.

Biji buah pinang mengandung alkaloida seperti misalnya arekaina (arecaine) dan arekolina (arecoline), yang sedikit banyak bersifat racun dan adiktif, dapat merangsang otak. Sediaan simplisia biji pinang di apotek biasa digunakan untuk mengobati cacingan, terutama untuk mengatasi cacing pita.

Sementara itu, beberapa macam pinang bijinya menimbulkan rasa pening apabila dikunyah. Zat lain yang dikandung buah ini antara lain arecaidine, arecolidine, guracine (guacine), guvacoline dan beberapa unsur lainnya.

Berdasarkan penelitian oleh para ahli, yang dikutip dari the Merck Index, zat yang terkandung didalam buah pinang seperti Arecoline yang merupakan sebuah ester metil-tetrahidrometil-nikotinat yang berwujud minyak basa keras.

Dulu, zat tersebut digunakan dalam bentuk arecolinum hydrobromicum yang berfungsi untuk membasmi cacing pita pada hewan seperti unggas, kucing, dan anjing, sebelum ditemukannya obat cacing sintetik, seperti piperazine, tetramisole, dan pyrantel pamoate.

Akar
Akar pinang jenis pinang itam, pada masa lalu digunakan sebagai bahan peracun untuk menyingkirkan musuh atau orang yang tidak disukai.

Pelepah daun yang seperti tabung (dikenal sebagai upih) digunakan sebagai pembungkus kue-kue dan makanan. Umbutnya dimakan sebagai lalapan atau dibikin acar.
Baca juga manfaat jeruk lemon atau sitrun

Manfaat Buah Jambe:


1. Untuk meningkatkan Stamina:

Makan buah jambe yang masih muda yang belum mengeras, pisahkan dari kulitnya lalu dimakan, atau dengan cara buah pinang campurkan dengan kuning telur ayam atau telur bebek.

Campurkan madu dan susu secukupnya. Kemudian, blender sampai halus dan jadilah jus buah pinang. Sebelum diminum jus tersebut harus disaring dulu agar ampasnya terpisah.

Jus buah Pinang tersebut sebaiknya diminum beberapa jam sebelum anda hendak melakukan hubungan suami-istri supaya hasilnya benar-benar terasa. dalam sebuah pinang terkandung arekolin.

Senyawa arekolin ini bersifat kholinergik, yang berguna mengatasi senyawa asetil kholin yang banyak beredar di dalam tubuh.

Asetil kholin ini bila terlalu banyak dapat menyebabkan seseorang cepat merasa lelah dan kurang sehat. Sebaliknya, sifat kholinergik pinang bermanfaat menjadikan tubuh sehat, bugar, dan penuh semangat.

2. Mengencangkan vagina:

Menurut Dian gantini seorang Herbalife mengatakan bahwa buah yang memiliki rasa sepat agak asam ini di katakan jika sangat baik untuk pemulihan vagina setelah proses melahirkan.

Cara untuk mengkonsumsinya juga termasuk mudah dengan cara memasak buah pinang kemudian menyaring airnya dan kemudian di minum secara berkelanjutan setelah proses melahirkan.

3. Menguatkan gigi dan gusi:

Iris beberapa buah pinang kemudian kunyah irisan pinang tersebut hal tersebut dapat menguatkan gigi dan gusi. Senyawa kimia lainnya yang terkandung dalam biji pinang adalah Arecaidine atau arecaine, Choline atau bilineurine, Guvacine, Guvacoline.

Dan Tannin dari kelompok ester glukosa yang menggandeng beberapa gugusan pirogalol. Sifat astringent dan hemostatik dari zat tannin inilah yang berkhasiat untuk mengencangkan gusi dan menghentikan perdarahan.

4. Mengatasi mulut kering:

Orang yang menyirih biasanya mulutnya tidak kering, hal ini di sebabkan oleh kinerja buah pinang yang membuat kelenjar ludah menjadi keluar terus menerus. Ludah ini akan mencegah orang terserang penyakit seperti disentri dan sindrom sjogren.

5. Obat cacing:

Siapkan seperempat buang pinang, temulawak berukuran setengah jari, kunyit setengah jari, Semua bahan ini di rebut hingga matan dan kemudian saring airnya dan minum. Kandungan air minuman ini dapat mengatasi penyakit cacingan. Hal ini di gunakan pula oleh peternakan ayam agar ayam-ayam peternak tidak cacingan dan dapat mempertahankan produksi telur karena bebas dengan cacing.

6. Mengobati kulit yang luka:

Cari daging buah pinang yang masih muda, kemudian tumbuk hingga halus, tempelkan hasil tumbukan ini kepada kulit yang terluka. Lakukan secara bertahap dan luka tersebut akan cepat sembuh.

Penting


Meskipun buah ini memiliki banyak manfaat, perlu Anda ingat bahwa mengonsumsi buah pinang tidak bisa dilakukan setiap waktu secara teratur. Sebab buah pinang memiliki kandungan racun yang akan terasa dampaknya setelah pemakaian dalam jangka waktu lama dan terus menerus. Gunakan ramuan buah jambe ini secukupnya saja. Apabila penyakit yang diderita sudah sembuh, maka segera hentikan mengonsumsi buah ini.

Semoga bermanfaat.

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah