7 Manfaat buah sirsak

7 Manfaat buah sirsak

Buah sirsak atau (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, sangat baik ditanam di daerah yang cukup berair.

Nama buah sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda Zuurzak, yang berarti "kantung yang asam".
Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter.

Buah sirsak bukan buah sejati


Ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah.

Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa.

Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun & dapat digunakan sebagai insektisida alami.

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak:


Pada bagian buah, daun dan pohon sangat berguna bagi manusia. Berbagai kandungan nutrisi yang disimpannya mendapat peran sebagai alat penunjang kesehatan tubuh, seperti karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Serat:
Buah ini juga menyimpan serat pangan yang merupakan substansi non gizi, kadar seratnya mencapai 3,3 gram pada 100 gram daging buah. Beberapa mineral seperti fosfor (27 mg) dan kalsium (14 mg) juga terkandung di dalam 100 gram buah sirsak.

Karbohidrat:
Dalam satu gelas sirsak mengandung karbohidrat sebanyak 38 gram sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat yang terkandung dalam buah tentunya lebih sehat dibandingkan yang terdapat dalam kue yang justru berakibat buruk bagi kadar gula dalam darah seseorang.

Kalium:
Sirsak mengandung kalium yang dapat membantu otot otot di dalam tubuh, mengatur tingkat tekanan darah, dan juga untuk perbaikan tulang.

Vitamin C:
Sirsak memiliki kandungan vitamin C tinggi yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang berfungsi untuk melawan berbagai macam penyakit dalam tubuh, termasuk menyembuhkan luka dan mencegah kerusakan kulit.

Air:
Sirsak juga mengandung banyak air, dalam secangkir sirsak memiliki kandungan air sebanyak 183 gram. Dan buah sirsak dapat mencegah terjadinya dehidrasi tubuh.

Fosfor dan Kalsium:
Kandungan mineral lainnya yang terdapat dalam sirsak adalah fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram buah sirsak terdapat fosfor sebanyak 27 mg dan kalsium sebanyak 14 mg. Mineral ini yang bermanfaat untuk pembentukan tulang serta menghambat terjadinya osteoporosis.

Baca juga manfaat buah manggis

Manfaat Buah Sirsak:


1. Untuk Mengobati Kolesterol:

Buah sirsak mengandung banyak serat yang baik bagi tubuh manusia. Dalam 100 gram daging buah sirsak ternyata bisa memenuhi kebutuhan serat harian tubuh sebanyak 13 %.

Serat ini juga yang berperan baik dalam penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga mempermudah kolesterol jahat keluar dari tubuh.

2. Energi Bagi Tubuh:

Kandungan karbohidrat pada buah sirsak mempunyai manfaat sebagai penambah energi. Dan terdapat vitamin B1 yang menambah kadar energi untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh seperti jantung, otak, paru-paru, dan ginjal, dengan cara bertindak sebagai ko-enzim untuk merubah glukosa menjadi energi.

3. Membantu Produksi Hemoglobin:

Fungsi dari riboflavin dalam buah sirsak sangat penting, yaitu membantu produksi sel darah merah, sehingga cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh.

4. Untuk Mengobati Hipertensi:

Tak hanya daun sirsak saja yang bisa mengobati darah tinggi atau hipertensi. Beberapa penelitian, telah membuktikan khasiat buah sirsak ini yang mampu mengobati penyakit hipertensi. Buah sirsak mengandung zat zat yang mampu menangkal terjadinya hipertensi.

5. Meningkatkan Konsentrasi:

Manfaat lain dari tiamin yaitu menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori serta konsentrasi. Adanya vitamin ini juga membantu otak terlepas dari beban (stres) dan memperkuat sistem saraf motorik dalam otak.

6. Untuk Mengobati Asam Urat:

Dengan mengkonsumsi buah sirsak secara rutin, maka tubuh akan terhindar dari penyakit asam urat.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh:

Kandungan senyawa mulai dari acetogenins hingga muricapentocin yang telah disebutkan, berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dari bahaya penyakit, selain juga bisa juga digunakan sebagai obat penyakit.

Semoga bermanfaat.

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah