8 Manfaat buah dewandaru

8 Manfaat buah dewandaru

Buah dewandaru tanaman herba ini tumbuh dengan ketinggian lebih dari 5 meter. Habitat dan distribusi di negara-negara Amerika Selatan terutama di Brasil, Argentina, Uruguay & Paraguay. Tanaman ini tersebar di negara Indonesia.

Di Indonesia, itu dikenal sebagai Ceremai Asam, Belimbing Londo, Dewandaru.

Buah dan daun Dewandaru yang dalam bahasa Latin disebut eugenia uniflora dan dipercaya memiliki khasiat kesehatan. Itu bisa mengurangi tekanan darah tinggi dan mengurangi kolesterol.

Pohon Dewandaru selalu berbuah, meski tidak banyak. Tetapi pada bulan September, pohon ini dapat menghasilkan sedikit lebih banyak dari bulan-bulan biasanya. butuh sekitar satu bulan untuk buah matang.

Yaitu proses dari masih berupa bunga, menjadi buah hijau kecil, lalu kuning, dan kuning kemerahan menjadi merah kehitaman sebagai tanda bahwa buah sudah matang.

Dewandaru Tanaman Berumur Panjang


Dewandaru atau nama latinnya Eugenia uniflora, termasuk tanaman dikotil berakar tunggang. Tanaman ini secara genetical cukup tahan lama atau berumur panjang.

Pohon Dewandaru cukup tahan lama dan tidak mengenal musim, selalu berbuah kapan saja.

Tanaman jenis perdu ini memang tidak mengenal musim. Dengan kata lain, setiap saat bisa berbuah. suhu udara yang sejuk mempengaruhi usia pohon bisa sampai tua dan tetap berbuah.

Daunnya yang kecil, membuat pohon ini cukup efisien untuk proses berfotosintesis sehingga tahan lama. Sehingga bisa memperlambat untuk proses gugur daun atau pun buahnya.

Karena gas ettilen untuk fotosintesis di dalam ranting atau dahan pohon bisa ditahan lebih lama lagi.
Di tempat yang panas, daun atau buah dewandaru ini mudah sekali jatuh.

Dewandaru memiliki kandungan senyawa fenolik dan flavonoid. Monoterpenes (75,3%) merupakan kandungan volatil tertinggi yang ada di dalam buah dewandaru.

Senyawa lain diantaranya yaitu
cisocimene (13,4%),
trans-beta-ocimene (36,2%),
beta-pinene (10,3%).


Dalam ekstrak volatil buah juga ditemukan kandungan terapeutik seperti selina-1,3,7(11)-trien-8-one.


Hal ini memungkinkan buah memiliki manfaat terapeutik layaknya ekstrak daun.

Manfaat Zat Yang Terkandung Pada Buah Dewandaru


A. Antioksidan:

Senyawa karotenoid yang terkandung dalam buah kecil ini sangat bermanfaat sebagai antioksidan.

Zat antioksidan dalam buah ini digunakan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang masuk. Zat ini tidak hanya ditemukan pada bagian buah saja, melainkan dapat ditemukan juga pada daunnya.

B. Antibakteri:

Tidak hanya buah dan daun, biji buah Dewandaru ini juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit seperti diare.

Diungkapkan oleh para peneliti bahwa, protein yang terkandung pada biji buah ini dapat digunakan sebagai anti kuman yang bisa menghambat kuman penyebab diare.

C. Pereda Rasa Sakit:

Selain untuk antioksidan, daun buah Dewandaru ini juga memiliki fungsi lain yakni sebagai obat rematik.

Kandungan minyak atsiri dalam daun dewa ndaru bisa bekerja sebagai penghilang rasa sakit seperti nyeri pada sendi, rematik, dan lain sebagainya.

D. Tekanan Darah:

Daun dan buah dewandaru ini juga dapat digunakan untuk mengurangi tekanan darah serta meningkatkan kualitas astringent.

Selain itu daun dewa ndaru juga bisa dimanfaatkan sebagai penurun kolesterol dan metabolism lipid yang digunakan akibat efek proteksi.

E. Mencegah Kanker:

Kanker merupakan penyakit yang dianggap menakutkan di kalangan masyarakat. Dari hasil serangkaian penelitian yang telah dilakukan, terbukti memang dewandaru dapat digunakan untuk obat kanker.

Salah satu penyebab timbulnya kanker adalah radikal bebas. Dengan mengkonsumsinya secara teratur maka akan menghambat penyebaran sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Mencegah tumor baik tumor jinak maupun ganas juga bisa kita cegah hanya dengan meminum air rebusan daun dewandaru.

Seperti senyawa fenolik yang ada di dalam daun tersebut akan menangkal timbulnya tumor yang ada di dalam tubuh.

Penelitian sebagai obat kanker pada buah ini masih terus dilakukan hingga sekarang sebagai alternatif obat anti kanker.

Kandungan Daun Dewandaru:
Karotenoid, Felonik, Likopen Dan berbagai senyawa lainnya

baca juga manfaat sayuran mentimun

Manfaat buah dewandaru lainnya:


1. Sebagai Anti Radikal Bebas:

Daun buah dewandaru memiliki kandungan antioksidan , seperti senyawa karotenoid dan fenolik. Dan kandungan-kandungan tersebut akan menangkal kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Penghilang Rasa Sakit:

Manfaat daun dewandaru juga bisa sebagai obat analgesik atau sebagai anestesi yang akan menekan rasa sakit yang ditimbulkan oleh berbagai penyakit.

Efek samping dari daun ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan obat buatan pabrik.

3. Mencegah Stroke:

Salah satu khasiat utama dari daun dewandaru adalah menurunkan tekanan darah tinggi dan juga kolesterol. Dan keduanya itu bisa mengakibatkan stroke ringan maupun berat.

Dan memang akan jauh lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar herbal atau dokter sebelum mengkonsumsi daun tersebut.

4. Mengobati Rematik:

Khasiat daun dewandaru bisa benar-benar dirasakan secara langsung oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Karena mereka sangat sering mengalami sakit seperti rematik.

Berikan minuman dari ekstrak daun tersebut dengan cara merebus atau menyeduhnya untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh rematik.

5. Mengurangi Rasa Sakit Gigi:

Kandungan seperti minyak atsiri yang terkandung pada daun dewandaru ini bermanfaat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi.

Dan khasiat lainnya akan mencegah peradangan yang ditimbulkan oleh sakit gigi.
Ambil beberapa lembar daun lalu direbus, dan minum air rebusan tersebut.

6. Menurunkan Kolesterol:

Timbunan lemak jahat yang ada di dalam tubuh kita akan menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol. Penyakit ini bisa diturunkan dengan mengkonsumsi daun dewandaru secara rutin.

7. Sebagai Anti Bakteri:

Bakteri bisa mengakibatkan berbagai masalah di dalam tubuh, misalnya seperti masalah pencernaan dan lain-lain. Dengan meminum ekstrak dari daun buah dewandaru maka akan membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh.

8. Mencegah Osteoporosis:

Kandungan yang ada di dalam daun dewandaru sangat berpengaruh terhadap kesehatan tulang.

Daun ini sangat bagus jika dikonsumsi oleh orang yang lanjut usia, karena mereka sangat rentan dengan penyakit seperti pengeroposan tulang karena faktor usia.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah