6 Manfaat Mentimun atau ketimun

6 Manfaat Mentimun atau ketimun

Mentimun atau ketimun suku labu-labuan atau cucurbitaceae merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan.

Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran.

Mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat & merupakan tanaman semusim.

Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya.

Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan Vitamin Mentimun


Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit.

Kandungan air yang tinggi. vitamin A, B, dan C serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika, membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit.

Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit.

Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

baca juga manfaat sayuran lobak

Manfaat Mentimun


1. Menangkal radikal bebas.

Antioksidan adalah molekul yang menghambat oksidasi, reaksi kimia yang membentuk atom yang sangat reaktif dengan elektron tidak berpasangan yang dikenal sebagai radikal bebas.

Akumulasi radikal bebas berbahaya ini dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis.

Stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas telah dikaitkan dengan kanker dan penyakit jantung, paru-paru dan autoimun.

Mentimun sangat kaya akan antioksidan bermanfaat yang dapat mengurangi risiko kondisi ini. Satu studi mengukur kekuatan antioksidan mentimun dengan 30 orang dewasa dengan bubuk mentimun.

Pada akhir studi 30 hari, bubuk mentimun menyebabkan peningkatan signifikan dalam beberapa penanda aktivitas antioksidan dan peningkatan status antioksidan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa bubuk mentimun yang digunakan dalam penelitian ini kemungkinan mengandung dosis antioksidan yang lebih besar daripada yang dikonsumsi dalam porsi biasa.

Studi tabung reaksi lain menyelidiki sifat antioksidan mentimun dan menemukan bahwa mereka mengandung flavonoid dan tanin, yang merupakan dua kelompok senyawa sangat efektif dalam memblokir radikal bebas berbahaya.

2. Untuk kesehatan pencernaan.

Makan mentimun dapat membantu mendukung pergerakan usus secara teratur.
Dehidrasi adalah faktor risiko utama untuk sembelit, karena dapat mengubah keseimbangan air dan mempersulit buang air besar.

Mentimun atau ketimun kaya akan air dan meningkatkan hidrasi. Tetap terhidrasi dapat meningkatkan konsistensi feses, mencegah sembelit dan membantu menjaga keteraturan.
Mentimun mengandung serat, yang membantu mengatur pergerakan usus.

Secara khusus, pektin, jenis serat larut yang ditemukan dalam mentimun, dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar.

Satu studi memiliki 80 peserta suplemen dengan pektin. Ditemukan bahwa pektin mempercepat pergerakan otot-otot usus, sambil memberi makan bakteri bermanfaat dalam usus yang meningkatkan kesehatan pencernaan.

3. Menurunkan Gula Darah.

Beberapa penelitian pada hewan dan tabung percobaan menemukan bahwa mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes.

Satu studi pada hewan meneliti efek berbagai tanaman terhadap gula darah. Mentimun terbukti secara efektif mengurangi dan mengontrol kadar gula darah.

Studi hewan lain menginduksi diabetes pada tikus dan kemudian menambahkannya dengan ekstrak kulit mentimun. Kulit mentimun membalikkan sebagian besar perubahan terkait diabetes dan menyebabkan penurunan gula darah.

Selain itu, satu studi tabung menemukan bahwa mentimun mungkin efektif dalam mengurangi stres oksidatif dan mencegah komplikasi terkait diabetes.

Namun, bukti saat ini terbatas pada penelitian tabung dan hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana mentimun dapat mempengaruhi gula darah pada manusia.

4. Menurunkan Berat Badan.

Mentimun berpotensi membantu menurunkan berat badan dengan beberapa cara berbeda. Pertama-tama, yang rendah kalori. Setiap porsi satu cangkir (104 gram) mengandung 16 kalori, sedangkan mentimun 11 ons (300 gram) mengandung 45 kalori.

Ini berarti Anda bisa makan banyak mentimun tanpa mengemas kalori ekstra yang menyebabkan kenaikan berat badan. Ketimun dapat menambah kesegaran dan rasa pada salad, roti lapis, lauk pauk dan juga dapat digunakan sebagai pengganti alternatif kalori yang lebih tinggi.

Selain itu, kandungan air mentimun yang tinggi dapat membantu menurunkan berat badan.

Satu analisis mengamati 13 studi termasuk 3.628 orang dan menemukan bahwa makan makanan dengan kadar air yang tinggi dan kalori rendah dikaitkan dengan penurunan berat badan yang signifikan.

5. Meningkatkan Hidrasi.

Air sangat penting untuk fungsi tubuh manusia dan memainkan banyak peran penting. Ini terlibat dalam proses seperti pengaturan suhu dan transportasi produk limbah dan nutrisi. Bahkan, hidrasi yang tepat dapat memengaruhi segalanya, mulai dari kinerja fisik hingga metabolisme.

Sementara manusia memenuhi sebagian besar kebutuhan cairan dengan air minum atau cairan lain, beberapa orang mungkin mendapatkan sebanyak 40% dari total asupan air dari makanan. Buah-buahan dan sayuran, khususnya, dapat menjadi sumber air yang baik dalam makanan.

Dalam satu studi, status hidrasi dinilai dan catatan diet dikumpulkan untuk 442 anak-anak. Mereka menemukan bahwa peningkatan asupan buah dan sayuran dikaitkan dengan peningkatan status hidrasi.

Karena mentimun terdiri dari sekitar 96% air, mereka sangat efektif dalam mempromosikan hidrasi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian.

Ketimun rendah kalori tetapi banyak vitamin dan mineral penting


Satu mentimun mentah berkadar 11 ons (300 gram) mengandung:

  • Kalori 45
  • Lemak 0 gram
  • Karbohidrat 11 gram
  • Protein 2 gram
  • Serat 2 gram
  • Vitamin C 14% dari RDI
  • Vitamin K 62% dari RDI
  • Magnesium 10% dari RDI
  • Kalium 13% dari RDI
  • Mangan 12% dari RDI

Meskipun, ukuran porsi khas sekitar sepertiga mentimun, jadi makan porsi standar akan memberikan sekitar sepertiga dari nutrisi di atas.

Selain itu, mentimun memiliki kandungan air yang tinggi. Faktanya, mentimun terdiri dari sekitar 96% air.
Untuk memaksimalkan kandungan nutrisi, mentimun harus dimakan tanpa dikupas. Mengupasnya mengurangi jumlah serat, serta vitamin dan mineral tertentu.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah