9 Manfaat buah ceri

9 Manfaat buah ceri

Buah Ceri adalah kelompok tumbuhan maupun buahnya anggota marga Prunus. Buah Ceri tidak mencakup satu jenis saja, tetapi ada beberapa, seperti P. cerasus, P. avium, dan P. emarginata.

Ceri adalah pohon yang sangat disukai di Jepang & bunganya disebut sakura. Pada awal musim semi, di saat bunga ceri bermekaran, orang-orang berpiknik di taman-taman yang ditumbuhi pohon ini.

Buah Ceri Baik Untuk Kesehatan


Di Australia buah ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, sedangkan di Amerika dan Eropa selatan pada bulan Juni. Produksi di seluruh dunia saat ini tiga juta ton per tahun.

Selain itu bunga dan buah ceri juga dijadikan hiasan hidangan makanan atau minuman. Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan.

Selain itu, rutin mengkonsumsi buah ceri setiap hari dapat menurunkan jumlah kadar asam urat dalam tubuh, bahkan dapat menyembuhkan pirai.

Ceri memiliki musim tanam yang sangat singkat dan bisa tumbuh didaerah beriklim sedang. Musim puncak untuk panen ceri adalah dimusim panas.

Masa Panen Buah Ceri


Di Australia dan Selandia Baru, masa puncak panen ceri adalah pada akhir bulan Desember, di Eropa selatan pada bulan Juni, di Amerika Utara pada bulan Juni, di Kanada pada bulan Juli hingga pertengahan bulan Agustus dan di Inggris masa puncak panen buah ceri adalah pada bulan Juli.

Seperti kebanyakan pohon beriklim sedang, biji ceri membutuhkan udara dingin untuk dapat tumbuh (mekanisme pohon berevolusi untuk mencegah perkecambahan selama musim gugur, yang kemudian akan menghasilkan bibit yang dibunuh oleh suhu musim dingin).

Lubang-lubang yang ditanam di musim gugur (setelah pertama menjadi dingin) dan bibit muncul di musim semi.

Sebuah pohon ceri akan memakan waktu tiga sampai empat tahun untuk menghasilkan panen buah pertama, dan tujuh tahun untuk mencapai kematangan penuh. Karena kebutuhan cuaca dingin, tak satu pun dari keluarga Prunus dapat tumbuh di iklim tropis.

baca juga manfaat buah buni atau wuni

Manfaat Buah Ceri:


1. Anti oksidan:

Buah ceri membantu menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan rusaknya sel dalam tubuh. Dengan menjaga sel tubuh tetap sehat, maka sel kanker tidak akan masuk ke dalam tubuh.

2. Anti peradangan:

Buah ceri sebagai anti peradangan didukung oleh senyawa antosianin yang terdapat pada buah ini. Senyawa tersebut bisa dijadikan untuk meredakan radang atau anti inflamasi, sehingga dapat menghindar dari penyakit yang kronis.

3. Mengatasi asam urat:

Asam urat menjadi penyakit yang cukup banyak menjangkit hampir semua orang. Buah ini bisa menjaga Anda dari asam urat. Buah ini juga bisa menjadi obat asam urat bagi Anda yang sudah memiliki penyakit tersebut.

4. Mengatasi kram:

Perut yang kram seringkali dirasa ketika asam lambung Anda naik atau ada bakteri yang masuk ke dalam perut. Manfaat ceri untuk kram perut bisa dijadikan sebagai obat yang ampuh untuk menghilangkannya.

5. Menyehatkan jantung:

Khasiat ceri untuk jantung adalah menyehatkan dan juga membantu jantung untuk berfungsi secara optimal.
Jantung yang sehat akan bekerja memompa darah di tubuh Anda dengan baik. Ketika aliran darah Anda lancar, tubuh Anda pun akan jauh lebih sehat.

6. Mencegah tumor:

Penyakit tumor juga bisa dijinakkan oleh buah ceri. Khasiat ceri sebagai anti tumor diatasi dengan kandungan flavonoid di dalamnya. Anda bisa terhindar dari tumor jinak maupun ganas dengan mengonsumsi buah ini.

7. Anti kanker:

Flavonoid sitotoksik dalam buah ceri dan pohonnya dapat digunakan sebagai obat anti kanker. Khasiat buah yang satu ini tentunya begitu penting mengingat kanker adalah penyakit yang mematikan untuk manusia.

8. Anti septik:

Kandungan dalam buah ceri yaitu flavonoid dapat dijadikan sebagai anti septic. Inilah khasiat buah ceri yang bisa menyembuhkan penyakit dari dalam maupun luar. Selain buahnya, daun pohon ceri bisa Anda rebus sebagai obat anti septik.

9. Mengeluarkan racun:

Racun dalam tubuh akan dikeluarkan dengan bertahap ketika Anda meminum jus buah ceri secara rutin. Khasiat buah ini untuk detoksifikasi akan membuat tubuh Anda bebas dari racun penyebab gangguan kesehatan.

Semoga bermanfaat.

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan