9 Manfaat buah langsat

9 Manfaat buah langsat

Buah langsat merupakan salah satu jenis buah yang juga anggota dari suku meliaceae. Buah yang satu ini memiliki jenis yang sama dengan buah duku. Dengan bentuk yang mirip buah duku, banyak yang mengatakan jika buah langsat merupakan buah duku dengan jenis yang lain.

Ciri-ciri buah langsat:
Tanaman buah langsat memiliki daun yang lebat dengan warna hijau tua dengan cabang yang tegak. Tanaman ini memiliki tandan buah yang cukup panjang dan biasanya berisi mulai dari 10 hingga 20 butir buah.

Buah langsat memiliki bentuk bulat seperti telur dan dengan buah yang agak besar kalau dibandingkan dengan buah duku. Buah ini memiliki kulit yang tipis dan umumnya selalu bergetah meski buahnya telah masak/matang.

Buah ini memiliki rasa masam bercampur manis dan menyegarkan. Jika buah duku cenderung bulat dengan kulit yang tebal, buah langsat justru memiliki kulit buah yang tipis & bergetah.

Perbedaan buah duku dan langsat:


Dalam beberapa hari setelah dipetik, buah langsat lebih cepat membusuk, sementara buah duku akan bertahan lebih lama. Terkait dengan manfaatnya, buah langsat memiliki manfaat yang tidak kalah beragam jika dibandingkan dengan manfaat buah duku.

Buah langsat bukan hanya menimbulkan efek segar saat dikonsumsi melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah ini memiliki banyak kandungan sehat yang bisa dimanfaatkan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan protein pada buah langsat


  • a. Kalori
  • b. Kalsium
  • c. Zat besi
  • d. Mineral
  • e. Karbohidrat
  • f. Fosfor
  • g. Lemak
  • h. Protein.

Untuk kandungan buah langsat seperti zat besi, mineral serta kalori, buah yang satu ini setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah apel ataupun buah jeruk.
Pada awalnya budidaya buah langsat banyak dilakukan di Asia Tenggara. Negara Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Filipina.


Di Filipina, secara tradisional kulit kering dari buah langsat akan dibakar dan digunakan sebagai repellant untuk mengusir nyamuk dan juga sebagai dupa untuk memberikan aroma di ruangan orang yang sedang sakit

Baca juga manfaat buah blewah

Manfaat buah langsat:


1. Mencegah Kanker:

Buah langsat mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu melawan kerusakan yang disebabkan radikal bebas pada sel-sel tubuh. Kerusakan oksidatif pada sel dapat menyebabkan terbentuknya penyakit tumor dan kanker. Buah langsat mengandung suatu senyawa yang bersifat antikanker dan dapat melindungi tubuh dari berbagai faktor penyebab penyakit kanker.

2. Mengatasi Penyakit Kulit:

Kulit buah langsat dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti ruam, jerawat, gatal, dan lain-lain. Anda dapat menggunakan kulit buah langsat untuk dioleskan atau digosokkan pada daerah yang mengalami masalah tersebut, untuk mengurangi kemerahan, radang, dan gatal.

3. Mengobati Demam:

Buah langsat dapat membantu Anda dalam mengobati demam dan flu. Hal ini dikarenakan buah langsat mengandung vitamin C yang dapat membantu mengurangi gejala demam dan flu. Bagian biji buah langsat yang telah dihaluskan dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi demam dan flu.

4. Anti Malaria:

Terdapat banyak penelitian yang sedang dilakukan untuk membuktikan kemampuan biji langsat sebagai obat anti malaria yang potensial. Selain itu, kulit dan daun terbukti memiliki sifat anti pantogen terhadap Plasmodium falciparum, yaitu parasit penyebab penyakit malaria.

5. Memperkuat Tulang dan Gigi:

Buah langsat juga mengandung fosfor. Seperti yang telah diketahui, fosfor berperan untuk kesehatan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung fosfor, seperti buah langsat ini, dapat membantu memperkuat tulang dan gigi Anda.

6. Mengontrol Kolesterol:

Buah langsat mengandung niacin (vitmin B3), yang serupa dengan serat yang terkandung didalamnya, dapat berperan untuk meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat dari darah, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

7. Untuk Penderita Diabetes:

Buah ini dapat menjadi cemilan sehat bagi penderita diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi, seiring dengan hadirnya antioksidan polifenol, yang dapat membantu dalam mengontrol kadar glukosa dengan memperlambat penyerapan gula.

8. Meredakan Sakit Kepala:

Beberapa studi telah menyatakan dampak positif dari riboflavin dalam meminimalkan dan melawan serangan migrain atau sakit kepala. Buah langsat dapat menjadi alternatif bagi Anda dalam mengurangi kemungkinan mengalami serangan sakit kepala.

9. Kesehatan Pencernaan:

Langsat dapat membantu dalam menyembuhkan masalah saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan buah langsat kaya akan serat yang sangat baik untuk kesehatan usus. Selain itu, kulit buah langsat mengandung oleoresin yang dapat membantu dalam menyembuhkan diare.

Semoga bermanfaat.

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan