11 Manfaat Kentang Merah Untuk Kesehatan

11 Manfaat Kentang Merah Untuk Kesehatan

Kentang merah atau Kentang anggota keluarga nightshade kelompok yang sama yang termasuk terong dan paprika, kentang menjadi hal biasa dalam diet Eropa pada 1800-an.

Seperti varietas kentang lainnya, kentang merah dikemas dengan pati sumber energi terkonsentrasi dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap asupan karbohidrat harian.

Kentang merah juga mengandung vitamin dan mineral, yang membuatnya menjadi tambahan & bermanfaat untuk diet.

Kentang Merah


Kentang merah tak kalah bermanfaat dari kentang putih, sebab kandungan mineral, protein, vitamin C dan karbohidrat hingga antioksidannya sangat tinggi.

Berikut ini adalah serangkaian khasiat kentang merah untuk kesehatan.

Manfaat Kentang Merah


1. Kalium dan Serat.

Alium dan serat dalam kentang merah bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda. Kalium membantu mengatur tingkat tekanan darah dan diet rendah kalium menempatkan pada risiko tekanan darah tinggi, faktor resiko penyakit jantung.

Ini juga mendukung fungsi otot, termasuk jaringan otot yang ditemukan di jantung dan pembuluh darah. Kentang merah besar meningkatkan asupan kalium sebanyak 1.679 miligram kalium, atau 36 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Ini juga mengandung 6,3 gram serat makanan 17 dan 24 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita, masing-masing. Serat menurunkan kadar kolesterol darah dan mengurangi risiko penyakit arteri koroner.

2. Zat Besi dan Vitamin C.

Kentang merah sebagai sumber zat besi dan vitamin C yang baik. Mendapatkan zat besi dalam makanan dan mendukung fungsi sel darah merah, sehingga sel-sel ini dapat memasok oksigen segar ke jaringan tubuh.

Zat besi juga membantu sel-sel yang menghasilkan energi, sehingga memicu gaya hidup aktif. Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi, dan juga menjaga jaringan lebih kuat dengan meningkatkan produksi kolagen.

Setiap kentang merah besar mengandung 2,7 miligram zat besi 15 dan 34 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita. Ini juga memberi tubuh 31,7 miligram vitamin C, yang merupakan 35 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan 42 persen untuk wanita.

3. Meningkatkan penyerapan zat besi.

Kentang merah sebagai sumber makanan yang mengandung vitamin C tinggi, ini bila disajikan dengan sayuran dan daging mampu mempercepat atau menyempurnakan proses penyerapan zat besi pada tubuh. Hal ini tentu tergantung dari makanan yang menemani kentang merah tersebut.

4. Untuk Tekanan Darah Sehat.

Secara alami bebas natrium dan tinggi kalium, kentang merah merupakan kontributor utama menjaga tekanan darah yang sehat. Agar sel, saraf, dan cairan tubuh dalam tubuh tetap sehat, kalium sangat penting, dan natrium berbahaya.

Kentang merah memiliki lebih banyak kalium per sajian dibandingkan dengan buah sayur lainnya.
Buah pisang memiliki 9% dari kebutuhan harian dalam hal potasium. Kentang merah hampir 20%.

5. Dukungan Imunitas.

Kentang memiliki 45% cadangan harian yang direkomendasikan untuk Vitamin C. Sementara kulit pada kentang merah menyediakan sebagian besar serat, kentang adalah bagian dalam kentang merah yang dikemas dengan Vitamin C.

Nutrisi ini sangat penting bagi keseluruhan tubuh kita. kesehatan, membantu memperbaiki jaringan tubuh dan menyediakan antioksidan. Ini lebih banyak vitamin C daripada yang disediakan tomat.

6. Seng dan Tembaga.

Kentang merah juga mengandung mineral penting lainnya, termasuk sejumlah besar tembaga dan seng.

Anda hanya perlu melacak jumlah seng setiap hari untuk bertahan hidup, tetapi itu memainkan peran penting dalam fungsi sistem kekebalan tubuh, dan juga mendukung kesehatan reproduksi, fungsi saraf dan penyembuhan luka yang tepat.

Kentang merah besar mengandung 1,22 miligram seng, yang berkontribusi 11 persen terhadap asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan 15 persen untuk wanita.

Seperti halnya seng, tembaga dalam kentang merah menjaga sistem saraf tetap sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ini juga membantu tubuh menyerap zat besi. Setiap kentang merah besar menyediakan 494 mikrogram tembaga, yang merupakan 55 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

7. Membantu kenyang Lebih Lama.

Kentang merah sedang dengan kulit mengandung 3 g serat makanan per sajian. Kentang merah merupakan sumber serat karena kulit, tempat sebagian besar serat berada.

Tidak hanya manfaat kesehatan usus, tetapi juga karena serat kentang akan membantu kenyang lebih lama. Jumlah serat yang sama dalam kentang ditemukan di banyak roti gandum, pasta, dan sereal.

8. Mengurangi tingkat stres.

Kentang merah memiliki setidaknya 10% dari nilai harian Vitamin B6 yang direkomendasikan. Vitamin ini sangat penting untuk pembaruan sel, sistem saraf yang sehat dan suasana hati yang seimbang.

Penambahan vitamin ini bersama dengan manfaat kesehatan lainnya dari kentang merah akan membantu mengurangi stres sehari-hari dan juga menurunkan kolesterol juga membantu mencegah penyakit jantung.

Untuk mendapatkan B6 maksimal dari kentang, panggang kentang merah.

9. Untuk meningkatan energi.

Kentang panggang, dihaluskan, atau direbus, sebenarnya menyediakan lebih banyak karbohidrat kompleks yang menghasilkan energi daripada secangkir pasta.

Kaya akan karbohidrat kompleks dan vitamin lainnya, kentang adalah bahan bakar yang fantastis untuk tubuh. Tidak tercemar dan tidak diproses, kentang mungkin merupakan sumber energi tepung terbaik dan paling lezat yang mungkin ada dalam makanan.

10. Untuk meningkatan fungsi sel.

Zat besi memiliki peran penting dalam sel yang membantu dalam pemanfaatan oksigen, sistem enzimatik, terutama untuk perkembangan saraf, dan fungsi sel secara keseluruhan di mana saja di dalam tubuh.

Kentang merah yang dipanggang memiliki sekitar 6% dari nilai harian zat besi yang direkomendasikan. Kentang sendiri adalah cara yang bagus untuk mendapatkan zat besi secara seimbang.

11. Kulit Merah kentang.

Sebagian besar nilai gizi kentang ditemukan di kulitnya. Kentang merah sangat sehat karena kulitnya yang tipis dan berisi nutrisi, yang sarat dengan serat, vitamin B, zat besi, dan kalium.

Setengah dari serat kentang berasal dari kulit. Pada kentang merah khususnya, kulit sudah sangat tipis, sehingga tidak mengurangi rasa atau tekstur.

baca juga manfaat sayuran pare

Tips dan Saran Penyajian Kentang Merah


Rebus, panggang atau kukus kentang merah untuk manfaat kesehatan yang optimal. Metode memasak lainnya, seperti menggoreng, membutuhkan penggunaan minyak tambahan.

Kukus kentang merah cincang sampai sangat empuk dan kemudian gunakan untuk membuat kentang tumbuk - kulit merah menambah daya tarik visual pada hidangan.

Cara lainnya, kukus sedikit kentang merah, sampai lunak, lalu gunakan untuk membuat salad kentang.

Untuk lauk yang lebih enak, cocok untuk cuaca yang lebih dingin, lapisi sedikit kentang merah dengan campuran minyak zaitun dan rosemary, lalu panggang sampai berwarna cokelat keemasan.

Sebagian besar informasi ini adalah dari sumber lain yang tahu lebih banyak tentang faktor kesehatan dari kentang merah.

Semoga bermanfaat

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah