19 Manfaat Bengkoang Pada Tubuh Manusia

19 Manfaat Bengkoang Pada Tubuh Manusia

Bengkoang atau Pachyrhizus erosus dikenal dari umbi cormus putihnya yang bisa dimakan langsung atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah & memutihkan kulit.

Asal Usul Buah Bengkoang


Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jicama.

Tumbuhan bengkoang ini membentuk umbi akar cormus berbentuk bulat atau membulat seperti gasing dengan berat mencapai 4 sampai 5 kg.

Kulit umbinya tipis berwarna kuning pucat dan bagian dalamnya berwarna putih dengan cairan segar manis.

Umbinya mengandung gula, pati, fosfor dan kalsium. Umbi ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%.

Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin, yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Sifat ini berguna bagi penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.

Bengkuang merupakan liana tahunan yang dapat mencapai panjang 4-5m, sedangkan akarnya dapat mencapai 2m. Batangnya menjalar dan membelit, dengan rambut-rambut halus yang mengarah ke bawa.

Ciri Ciri Daun Bengkoang


Daun majemuk menyirip beranak daun 3 bertangkai 8,5-16 cm. anak daun bundar telur melebar, dengan ujung runcing dan bergigi besar, berambut di kedua belah sisinya, anak daun ujung paling besar, bentuk belah ketupat, 7-21 × 6–20 cm.

Nutrisi
Nilai gizi per 100 g (3,5 ons)

  • Energy 159 kJ (38 kcal)
  • Carbohydrates 8.82 g
  • Sugars 1.8 g
  • Dietary fiber 4.9 g
  • Fat 0.09 g
  • Protein 0.72 g
  • Vitamin
  • Thiamine (B1) 0.02 mg
  • Riboflavin (B2) 0.029 mg
  • Niacin (B3) 0.2 mg
  • Pantothenic acid (B5) 0.135 mg
  • Vitamin B6 0.042 mg
  • Folate (B9) 12 μg
  • Choline 13.6 mg
  • Vitamin C 20.2 mg
  • Mineral
  • Calcium 12 mg
  • Iron 0.6 mg
  • Magnesium 12 mg
  • Manganese 0.06
  • Phosphorus 18 mg
  • Potassium 150 mg
  • Sodium 4 mg
  • Zinc 0.16 mg

USDA Database entry.

baca juga manfaat sayuran bayam

Manfaat


1. Untuk melancarkan pencernaan.

Bengkoang sama seperti layaknya buah buahan lain. Buah ini mengandung serat yang tinggi yang dapat melancarkan pencernaan anda. Konsumsi rutin seminggu 3 kali untuk mendapatkan hasil terbaik agar pencernaan menjadi lancar.

2. Meningkatkan sistem imun.

Bengkoang mengandung fitonutrien yang berguna untuk tubuh. Nutrien yang terkandung bisa memberikan nutrisi pada tubuh dan meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia, sehingga akan menyebabkan tubuh terhindar dari virus atau bakteri.

Konsumsi buah bengkoang rutin selama seminggu satu atau dua kali untuk menyehatkan tubuh anda.

3. Untuk kesehatan kulit.

Bengkoang mengandung vitamin C dan B yang berguna untuk kulit. Bengkoang akan menyebabkan kulit lebih sehat dan terawat, serta membuang kulit mati.

Tumbuk atau haluskan bengkoang kemudian tempelkan pada wajah dan kulit, setelah itu diamkan selama 30 menit dan bilas. Bengkoang juga sering digunakan sebagai campuran bahan perawatan tubuh wanita.

4. Mengobati penyakit sariawan.

Buah bengkoang yakni mengobati dari sakit sariawan. Bengkoang mengandung vitamin C cukup tinggi dan bisa mengobati sariawan.

Untuk mengobati sariawan secara langsung, buat jus buah bengkoang, kemudian kumur-kumur di mulut lalu buang, atau meminumnya perlahan agar jus tersebut terkena sariawan yang dimaksud.

5. Mengobati biri biri.

Biri-biri atau beri-beri merupakan penyakit yang timbul seperti bintik pada kulit. Beri-beri merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B1.

Buah bengkuang mengandung vitamin B1 yang cukup banyak. Walaupun jarang terjadi, penyakit seperti ini bengkoang bisa menjadi buah alternatif untuk mengobati.

6. Untuk kesehatan tulang.

Tulang merupakan bagian utama yang menjadi penopang tubuh. Maka kesehatan tulang haruslah dijaga. Bengkoang memiliki kandungan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Anda bisa mengonsumsinya sebagai jus agar khasiatnya lebih terasa.

7. Untuk menjaga pigmen tubuh.

Bengkoang mengandung tembaga yang penting untuk tubuh, tembaga bisa menutrisi tubuh sehingga rambut tidak cepat beruban, rambut rontok dan menjaga pigmentasi kulit. baik tekstur kulit maupun warna kulit.

Buah bengkoang bisa membantu mencerahkan karena mengandung vitamin E dan C yang besar.

8. Untuk penyerapan mineral.

Magnesium membantu untuk menyerap vitamin dan mineral penting seperti natrium, kalsium, kalium dan fosfor.

Penyerapan mineral biasanya terjadi dalam usus halus, manfaat dari magnesium adalah mendetoksifikasi banyak racun berbahaya yang ada didalam tubuh manusia.

9. Untuk pembentukan enzim.

Kandungan zat besi pada bengkoang hampir 7 % dalam buah keseluruhan. Ukuran ini dikatakan cukup tinggi dibanding mangan atau kalium dalam buah tersebut. zat besi berguna untuk pembentukan enzim.

Zat besi merupakan komponen penting penyusun beberapa jenis enzim dan bahan penting lainnya dalam tubuh seperti myoglobin, cytochrome dan katalase.

Enzim sendiri bekerja untuk membantu organ tubuh dalam memproduksi senyawa pembantu. Agar organ bekerja sesuai dengan komposisi.

10. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Metabolisme berfungsi untuk pembakaran pada tubuh. Kerja metabolisme bisa dibantu dengan adanya asam pantotenat yang merupakan salah satu golongan vitamin B yang mudah larut dalam air.

Dengan begitu, metabolisme akan bekerja dengan baik. buah bengkoang memiliki kandungan asam sebesar 3%.

Hal ini membuktikan bahwa buah bengkoang baik untuk diet, karena bisa membakar lemak dan meningkatkan metabolisme agar tubuh bekerja lebih baik.

11. Untuk kesehatan otot.

Buah bengkoang bisa membantu dalam kerja fungsi otot menjadi lebih baik. Zat besi yang terkandung pada bengkoang bisa meredakan sakit pada otot.

Zat besi merupakan unsur penting dalam otot agar bisa bergerak dan bekerja. Bengkoang termasuk buah yang bisa difungsikan sebagai pembantu dan meningkatkan kerja otot.

12. Untuk meningkatkan kinerja jantung.

Jantung merupakan organ vital yang penting, dengan otak dan sumsum tulang belakang. Kerja jantung yakni memompa darah.

Berkaitan dengan hal tersebut, senyawa tembaga bengkoang juga membantu mensuplai jantung dengan darah yang sehat.

Ia bekerja sama dengan zat besi dalam respirasi dan sintesis hemoglobin. Tembaga diyakini diperlukan untuk penyimpanan penggunaan, dan pelepasan besi dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin dalam sel darah merah.

Bengkoang mengandung cukup banyak tembaga dan bisa membantu kerja jantung menjadi lebih baik.

13. Mencegah penyakit asma.

Bengkoang mengandung magnesium sebesar 3%. Magnesium dapat meringankan penderita asma. Bagi anda yang terserang asma atau kambuh terlalu sering, konsumsi bengkoang secara rutin.

14. Untuk diet.

Buah bengkoang mengandung gula yang sedikit dan serat yang tinggi. Selain itu, bengkoang memiliki karbohidrat yang cukup sedikit, namun tidak menghilangkan senyawa hidrat arang ini. Anda bisa mengonsumsinya sebagai buah segar, atau jus untuk diet.

15. Mengobati penyakit batu ginjal.

Bengkoang termasuk buah yang mengandung senyawa seperti fosfor yang baik untuk merawat organ ginjal dan juga empedu.

Sehingga ketika anda mengalami sakit seperti batu ginjal atau empedu, maka bengkoang merupakan buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

16. Mencegah penuaan dini.

Penuaan dini ditandai dengan mengkerutnya kulit bagian bawah mata atau dekat bibir. Bengkoang bisa mencegah terjadinya penuaan dini dengan mengkonsumsi atau membuat buah tersebut menjadi masker.

Buah bengkoang mengandung vitamin C yang bisa menutrisi kulit, dan menghindari dari penuaan dini.

17. Untuk mendinginkan kulit.

Jika sehabis keluar dari ruangan, sinar matahari menerpa kulit dan menyebabkan kulit panas hingga timbul kemerahan.

Gunakan buah bengkoang, iris dan tempelkan pada kulit yang memerah. Karena bengkoang mengandung alkali, maka kulit akan terasa dingin.

18. Untuk mengobati maag.

Maag bisa disebabkan karena tingginya asam lambung. Dengan mengkonsumsi bengkoang yang diklaim merupakan buah yang dingin dan juga mengandung alkali.

Dengan begitu, bengkoang bisa membantu menurunkan produksi gas dalam lambung dan juga asam lambung.

19. Untuk mengobati diabetes.

Para penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan dengan gula dan karbo tinggi. Bengkoang hadir dengan buah yang bisa menjadi alternatif pada penderita diabetes.

Bengkoang bisa menurunkan kadar gula dalam darah manusia.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah