5 Manfaat sayur sayuran lobak

5 Manfaat sayur sayuran lobak

Lobak atau sayur sayuran lobak yang dalam bahasa latin Raphanus raphanistrum subsp. Sativus atau Raphanus sativus, adalah sayuran akar yang dapat dimakan dari keluarga Brassicaceae yang didomestikasi di Eropa pada zaman Romawi kuno.

Sayuran lobak ini sekarang tersebar luas di seluruh penjuru dunia, tetapi hampir tidak ada catatan arkeologis yang tersedia untuk membantu menentukan sejarah awal pertumbuhan lobak ini.

Namun, para ilmuwan secara tentatif menemukan asal Raphanus sativus di benua Asia, yakni di negara India, Cina, dan Asia Tengah, yang tampaknya merupakan pusat sekunder tempat berbagai bentuk sayuran lobak dikembangkan.

Lobak atau Radish memasuki catatan sejarah pada abad ketiga sebelum Masehi. Ahli pertanian Yunani dan Romawi abad pertama memberikan rincian varietas bulat, panjang, kecil, bulat, ringan & tajam.

Lobak tampaknya merupakan salah satu tanaman Eropa pertama yang diperkenalkan ke benua Amerika. Seorang ahli botani Jerman melaporkan lobak 45 kg dan panjangnya sekitar 90 cm pada tahun1544, meskipun satu-satunya variasi ukuran itu saat ini adalah lobak Sakurajima Jepang.

Bentuk lobak Asia Timur yang besar, ringan, dan putih dikembangkan di negara Cina, meskipun sebagian besar terkait di Barat dengan daikon Jepang.

Pertumbuhan Dan Ciri Ciri Lobak


Lobak adalah tanaman brassicaceous tahunan atau dua tahunan yang ditanam karena akar yang membengkak dan bisa berbentuk bundar, lentik, atau silindris. Warna kulit akar dari putih hingga merah hijau, muda, merah, ungu, kuning, hingga hitam, tetapi dagingnya biasanya putih.

Akar mendapatkan warna dari anthocyanin. Varietas merah menggunakan anthocyanin pelargonidin sebagai pigmen, dan kultivar ungu memperoleh warna mereka dari cyanidin.

Jenis yang lebih kecil memiliki beberapa daun dengan panjang sekitar 13 cm Dengan akar bulat berdiameter 2,5 cm Atau lebih ramping, panjang akar hingga 7 cm.

Keduanya biasanya dimakan mentah dalam salad. Bentuk akar yang lebih panjang, termasuk lobak oriental, daikon atau mooli, dan lobak musim dingin, tumbuh hingga 60 cm, panjang dengan dedaunan sekitar 60 cm dan tinggi dengan penyebaran 45 cm.

Daging lobak yang dipanen tepat waktu renyah dan manis, tetapi menjadi pahit dan keras jika sayuran dibiarkan terlalu lama di tanah. Daun disusun dalam bentuk roset.

Mereka memiliki bentuk lyrate, yang berarti dibagi secara pinus dengan lobus terminal yang diperbesar dan lobus lateral yang lebih kecil. Bunga-bunga putih ditanggung pada perbungaan rasemose. Buahnya adalah polong kecil yang bisa dimakan saat masih muda.

Lobak adalah spesies diploid, dan memiliki 18 kromosom (2n = 18). Diperkirakan bahwa genom lobak mengandung antara 526 dan 574 Mb.

Sayuran lobak adalah tanaman yang tumbuh cepat, tahunan, dan musim dingin. Benih berkecambah dalam tiga hingga empat hari dalam kondisi lembab dengan suhu tanah antara 65 dan 85 ° F (18 dan 29 ° C).

Akar kualitas terbaik diperoleh pada panjang hari sedang dengan suhu udara di kisaran 50 hingga 65 ° F (10 hingga 18 ° C). Dalam kondisi rata-rata, panen akan matang dalam 3 hingga 4 minggu, tetapi dalam cuaca yang lebih dingin, 6 hingga 7 minggu.

Lobak tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari langsung, lempung berpasir, dengan pH tanah 6,5 hingga 7,0. Tanah yang membuat kering dan membentuk kerak dalam cuaca kering tidak cocok dan dapat merusak perkecambahan atau pertumbuhan.

Periode panen dapat diperpanjang dengan membuat penanaman berulang, berjarak satu atau dua minggu. Di daerah beriklim tropis yang hangat, sayuran lobak biasanya ditanam di musim gugur.

Kedalaman penanaman benih mempengaruhi besar kecilnya ukuran akar, dari kedalaman 1 cm direkomendasikan untuk lobak kecil hingga 4 cm untuk lobak besar.

Selama periode pertumbuhan Sayuran lobak, tanaman perlu ditipiskan dan gulma atau hama dapat dikendalikan, dan irigasi atau pengairan sangat diperlukan.

Lobak adalah tanaman kebun umum di banyak dibudidayakan di belahan dunia, dan siklus panen yang cepat membuatnya sangat cocok untuk menghasilkan.

Setelah panen, lobak dapat disimpan tanpa kehilangan kualitas selama dua atau tiga hari pada suhu kamar, dan sekitar dua bulan pada 0 ° C (32 ° F) dengan kelembaban relatif 90 hingga 95%.

Secara umum, lobak dapat dikategorikan ke dalam empat jenis utama sesuai dengan saat musim ketika mereka tumbuh dan berbagai bentuk panjang Buahnya, warna, dan ukuran, seperti lobak merah, hijau, pink, putih, abu-abu-hitam, atau kuning, dengan bulat atau akar memanjang yang bisa tumbuh lebih panjang dari parsnip.

Kandungan Nutrisi Dan Vitamin Lobak


Dalam porsi 100 gram, sayuran lobak mentah menghasilkan 16 kalori dan memiliki jumlah vitamin C moderat (18% dari Nilai Harian), dengan nutrisi penting lainnya dalam kadar rendah. Lobak mentah adalah air 95%, karbohidrat 3%, protein 1%, dan memiliki lemak yang dapat diabaikan.

Lobak, mentah
Nilai gizi per 100 g (3,5 oz)

  • Energi 66 kJ (16 kkal)
  • Karbohidrat 3.4 g
  • Gula 1,86 g
  • Serat makanan 1,6 g
  • Lemak 0,1 g
  • Protein 0,68 g
  • Vitamin Kuantitas% DV †
  • Tiamin (B1) 1% 0,012 mg
  • Riboflavin (B2) 3% 0,039 mg
  • Niacin (B3) 2% 0,254 mg
  • Asam Pantotenat (B5) 3% 0,165 mg
  • Vitamin B6 5% 0,071 mg
  • Folat (B9) 6% 25 μg
  • Vitamin C 18% 14,8 mg
  • Mineral Kuantitas% DV †
  • Kalsium 3% 25 mg
  • Besi 3% 0,34 mg
  • Magnesium 3% 10 mg
  • Mangan 3% 0,069 mg
  • Fosfor 3% 20 mg
  • Kalium 5% 233 mg
  • Seng 3% 0,28 mg
  • Kuantitas air 95,3 g

Unit
μg = mikrogram • mg = miligram
IU = Unit internasional
† Persentase diperkirakan secara kasar menggunakan rekomendasi AS untuk orang dewasa.

Bagian yang paling sering dimakan adalah tapiform napiform
Meskipun seluruh tanaman dapat dimakan dan bagian atasnya dapat digunakan sebagai sayuran. Benih lobak juga bisa tumbuh dan dimakan mentah dengan cara yang mirip dengan kacang hijau.

Akar lobak biasanya dimakan mentah, meskipun spesimen yang lebih keras dapat dikukus. Daging mentah memiliki tekstur renyah dan sedikit ada rasa pedas, rasa pedas yang disebabkan oleh glukosinolat dan enzim myrosinase, yang bergabung ketika dikunyah untuk membentuk allyl isothiocyanate, kandungan ini juga ada dalam wasabi, mustard (tanaman Eurasia berbunga kuning dari keluarga kubis yang bijinya digunakan untuk membuat pasta ini).

baca juga manfaat sayuran kangkung

Manfaat


1. Kesehatan jantung

Lobak memiliki sifat antiinflamasi yang sangat baik dan yang dianggap penting dalam mencegah serangan jantung dan penyakit jantung.

Sayuran lobak ini juga dapat membantu tubuh menurunkan kolesterol dan mengandung folat dalam jumlah yang sangat baik, vitamin B yang sangat penting untuk kesehatan jantung manusia.

2. Kesehatan tulang

Lobak merupakan sumber kalsium dan kalium, mineral penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat dan membantu mencegah terjadinya penyakit tulang seperti osteoporosis.

3. Tinggi Serat

Serat pada sayuran lobak membantu mengatur metabolisme, mengontrol berat badan dan mendukung usus besar yang aktif dan sehat. Warna hijau lobak menawarkan sekitar 20% serat DV.

4. Penurunan berat badan

Makanan rendah kalori dan kaya akan nutrisi seperti lobak bisa menjadi tambahan yang bagus untuk program penurunan berat badan yang ideal. Kandungan serat pada sayur lobak yang tinggi meningkatkan metabolisme yang aktif dan sehat juga.

5. Pencegahan Kanker

Lobak mengandung kategori fitonutrien, yaitu zat dalam makanan nabati yang meningkatkan kesehatan tetapi tidak penting bagi kehidupan dan disebut indoles. Indoles dalam lobak dapat mengurangi resiko kanker paru-paru dan kolorektal, menurut Linus Pauling Institute.

Sebuah studi kultur jaringan yang diterbitkan dalam edisi bulan Maret 2012 "International Journal of Oncology" menemukan bahwa brassinin, sejenis senyawa indole, membunuh sel-sel kanker usus besar manusia.

Para peneliti mencatat bahwa percobaan mereka adalah yang pertama untuk menentukan tahap tertentu dari pertumbuhan sel kanker yang dipengaruhi oleh senyawa lobak.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah