8 manfaat buah pakel atau bajang

8 manfaat buah pakel atau bajang

Pakel atau bajang termasuk dalam suku Anacardiaceae. Tinggi dari batang pohon bisa mencapai 30 meter dengan diameter 20–50 cm. Batangnya bulat, berkulit tebal berkerak, dan bergetah kuning pekat, sedangkan daun sangat rimbun kaku & tebal.

Nama lain dari buah ini adalah horse mango. Nama ilmiah atau nama latin buah pakel disebut juga dengan mangifera foetida.

Buah pakel ini sejenis mangga sehingga ada yang menyebut buah itu dengan nama mangga bacang
atau ambacang. Pohon pakel berbuah pada saat musim kemarau seperti halnya pohon mangga.

Ciri ciri pohon buah pakel


Permukaan daun pakel sangat bergelombang dengan panjang antara 10–35 cm & lebar 10–15 cm. Warna daun hijau tua, tebal, yang membuat pohon ini begitu menarik adalah bunga yang berwarna putih dengan tangkai merah, sehingga jika sedang berbunga mirip dengan tanaman hias.

Seperti kebanyakan tanaman buah mangga, buah pakel bisa tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian mulai 500 hingga 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Rasa buah pakel


Buahnya sangat harum, tapi karena berserat jadi mungkin kurang disukai, buah mangga pakel yang warnanya hijau kekuningan ini dagingnya memang berserat kasar. Rasanya manis sedikit masam. Memiliki bau yang sangat harum kuat. Buah pakel yang sudah matang manis dan lezat. Lebih lezat lagi apabila dibuat sebagai campuran es buah atau sebagai perasa es krim.

Tetapi perlu di perhatikan untuk mengupas buah pakel harus tebal dan jangan dikupas tipis, kalau mengupas tipis akan ada getah yang bisa membuat alergi kulit, bagi yang peka.
Untuk kayu atau batang dari pohon pakel bisa untuk bahan bangunan


Perbedaan pakel dengan kweni


Saudara terdekat dari buah pakel adalah buah kweni atau mangga kweni. Perbedaan pakel dengan kweni adalah kweni ukuran buahnya lebih kecil dan baunya lebih harum pada buah pakel yang bulat besar, serta serat pada daging buah kweni lebih lembut daripada buah pakel, walaupun tidak selembut serat daging buah mangga. Dan perbedaan lain antara buah pakel dan buah kweni pada keharuman bau dan tekstur
daging buah yang seratnya lebih lembut buah kweni.

Buah pakel atau bacang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang masih sekerabat dengan buah mangga. Buah ini mengandung sejumlah nutrisi yang membuatnya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi

Baca juga manfaat sayuran seledri atau nutrisi seledri

Manfaat


1. Menjaga Fungsi Otak.

Mengonsumsi buah bacang dapat membantu memenuhi kebutuhan otak akan asupan air, sehingga dapat menjaga otak agar berfungsi dengan baik.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Manfaat buah bacang yang kedua yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan pada tubuh. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mencegah Dehidrasi.

Manfaat buah bacang yang selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah dehidrasi. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung kadar air yang cukup tinggi, sehingga tidak hanya mencegah tetapi juga dapat mengatasi dehidrasi. Oleh karena itu, buah ini cocok diolah menjadi jus untuk membantu melepas dahaga.

4. Memperlancar Peredaran Darah.

Tubuh manusia membutuhkan asupan air yang cukup untuk membuat peredaran darah tetap berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, selain dapat mencegah dehidrasi dan menjaga fungsi otak, kandungan air pada buah bacang juga dapat membantu memperlancar peredaran darah.

5. Meningkatkan Stamina Tubuh.

Buah pakel atau bacang dapat memberikan pasokan energi yang dibutuhkan oleh tubuh, karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Oleh karena itu, buah ini dapat membuat Anda memiliki stamina untuk menjalani aktivitas sehari hari.

6. Menjaga Kesehatan Paru-Paru.

Memiliki paru-paru yang sehat tentu akan membuat sistem pernapasan Anda juga menjadi lebih sehat. Khasiat buah bacang memiliki peran penting dalam hal ini. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru agar berfungsi dengan baik.

7. Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah.

Manfaat selanjutnya dari buah bacang yaitu dapat membuat kulit tampak lebih cerah. Kulit yang cerah tidak selalu berwarna putih, tetapi cerah yang menampilkan kesegaran alami. Selain itu, dengan memperoleh kulit yang cerah merupakan cerminan dari kulit yang sehat.

8. Menjaga Kesehatan Kulit.

Memiliki kulit yang sehat tentu dambaan semua orang. Karena dengan memiliki kulit yang sehat, dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih sehat dan segar. Khasiat dari buah pakel atau bacang dapat memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan, sehingga dapat membantu membuat kesehatan kulit Anda menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

7 manfaat koro untuk kesehatan