10 Manfaat Buah Medlar Untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Medlar Untuk Kesehatan

Buah medlar memiliki sejarah yang cukup panjang, telah dibudidayakan selama lebih dari 3.000 tahun.

Pohon itu berasal dari negara Iran, Asia barat daya & Eropa tenggara, di sepanjang pantai Laut Hitam dari Bulgaria hingga Turki.

Dibawa ke Inggris oleh orang Romawi, dan masih dapat ditemukan di taman Inggris. Medlar adalah buah yang penting selama era abad pertengahan.

Mespilus, yang biasa disebut medlar, adalah genus monotip tanaman berbunga dalam famili Rosaceae yang mengandung spesies tunggal Mespilus germanica di Asia barat daya.

Spesies yang diusulkan kedua, Mespilus canescens, ditemukan di Amerika Utara pada tahun 1990, terbukti merupakan hibrida antara M. germanica dan satu atau lebih spesies hawthorn, dan dikenal sebagai × Crataemespilus canescens.

Mespilus germanica, dikenal sebagai medlar atau medlar biasa, adalah semak besar atau pohon kecil, dan nama buah dari pohon ini.

Budidaya Buah Medlar


Buah telah dibudidayakan sejak zaman Romawi, dan tidak biasa tersedia di musim dingin, dan dimakan ketika dibasahi.

Medlar dimakan mentah dan dalam berbagai macam hidangan. Ketika genus Mespilus termasuk dalam genus Crataegus, nama yang benar untuk spesies ini adalah Crataegus germanica (Kuntze).

Medlar (Mespilus germanica) adalah semak besar atau pohon yang menghasilkan buah pada akhir musim gugur dan awal musim dingin. Buah ini dikatakan rasanya seperti mentega apel, dengan sedikit kayu manis, dan vanila.

Rasa Buah Medlar

Agak mirip dengan proses pematangan buah kesemek. Ini adalah buah lain yang umumnya bersifat asam, tetapi dapat dimakan dan sangat lezat setelah dibiarkan melunak.

Dalam kasus buah medlar, kulit benar-benar menjadi cokelat dan keriput, seperti buah markisa yang matang akan terlihat ketika sudah siap.

Daging bagian dalamnya juga berubah menjadi coklat dan lunak, yang membuat banyak orang percaya bahwa buah itu "busuk". Ini adalah istilah umum yang salah.

Ada beberapa varietas medlar umum yang bisa di tanam. Royal dan Nottingham adalah dua jenis yang paling banyak tersedia.

Royal dikatakan memiliki citarasa terbaik, sedangkan Nottingham varietas paling kompak telah mendapatkan Penghargaan Merit dari Perkebunan Royal Horticultural Society.

Ada beberapa pohon atau semak yang dikenal sebagai medlar, meskipun mereka tidak berada dalam keluarga yang sama.

Medlar Afrika (Vangueria infausta) adalah bagian dari keluarga Rubiacea. Buahnya memiliki rasa seperti apel yang menyenangkan dan dapat dimakan mentah, tanpa proses pembengkakan.

Buah Medlar Jepang benar-benar pohon loquat. Seperti medlar standar, ini adalah bagian dari keluarga Rosaceae, dan buahnya kadang-kadang dikenal sebagai plum Jepang atau Cina. Di Italia, mereka disebut nespole.

Nilai Gizi Buah Medlar.


Medlar adalah buah rendah kalori dengan hanya 42 kalori dalam 100 gram, yang hanya memenuhi 2% dari kebutuhan harian organisme.

Buah Ini mengandung air, karbohidrat, sejumlah kecil lemak, protein dan jumlah serat yang memuaskan, membantu pencernaan yang tepat dan melindungi dari sembelit.

Medlar mengandung C, A, E, K, serta vitamin B, dan yang paling penting adalah keberadaan vitamin B3 (niasin), B5 (asam pantotenat) dan B9 (asam folat).
baca juga manfaat sayuran bayam cina
Komposisi medlar.
100 gram medlar mengandung:


  • protein - 0,4 g
  • lemak - 0,2 g
  • karbohidrat - 10,4 g
  • kalori - 46 kkal
  • kalium - 266,0 mg
  • kalsium - 16,0 mg
  • magnesium - 13,0 mg
  • natrium - 1,0 mg
  • fosfor - 27,0 mg
  • besi - 0,3 mg
  • mangan - 0,2 mg
  • seng - 0,1 mg
  • tembaga - 40,0 mcg
  • selenium - 0,6 mcg

Daftar yang terkandung dalam vitamin medlar: A, B1, B2, B5, B6, B9, C, PP.


Manfaat


1. Manfaat Medlar Untuk Kesehatan.

Buah medlar adalah antioksidan alami. Medlar memiliki vitamin A dan C, fenol, dan flavonoid yang memberikan sifat antioksidan.

Zat ini menghilangkan radikal bebas dari tubuh, yang menghilangkan sel agen oksidatif. Sifat antioksidan medlar mengurangi risiko perubahan degeneratif, seperti kanker, katarak, diabetes, dan lainnya.

Juga melindungi sel-sel otak dari kehilangan memori dan penyakit neurologis lainnya.

2. Manfaat Untuk Mata.

Medlar bermanfaat untuk penglihatan dan juga wortel. Kandungan Vitamin A yang tinggi membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi jaringan dari stres oksidatif.

Konsumsi medlar secara teratur membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula, serta perbaikan penglihatan secara umum. Medlar juga meningkatkan pigmentasi mata dan mencegah katarak.

3. Untuk Mendetoksifikasi Tubuh.

Buah medlar memiliki sifat diuretik dan membantu ekskresi garam asam urat, yang mengurangi risiko asam urat dan batu ginjal.

Kandungan pektin yang tinggi menghambat penyerapan racun dalam usus, sehingga mencegah perkembangan penyakit kanker.

4. Memerangi Penyakit Kudis, Gigi dan Gusi.

Vitamin C buah medlar membuatnya ideal untuk memerangi penyakit kudis yang bermanifestasi dalam pendarahan dari gigi dan gusi.

Buah medlar yang belum matang memiliki peran sebagai astringen, yang mengencangkan selaput lendir, dan digunakan dalam pengobatan lepuh eksternal.

5. Untuk Obat Flu.

Untuk menyiapkan obat flu dan asma yang efektif di rumah, Anda membutuhkan daun medlar, jahe, kemangi, akar licorice, dan madu.

Semua bahan ini harus diberi air mendidih dan infus. Campuran yang dihasilkan dapat disimpan dalam lemari es untuk waktu yang lama.

Kehadiran asam ursolat dalam daun medlar bertanggung jawab atas efek penekan HIV, meskipun itu fitur yang berguna medlar belum sepenuhnya dipahami.

Studi ilmiah lain menunjukkan manfaat ekstrak daun dalam pengobatan kandidiasis.

6. Untuk Meningkatkan Keseimbangan Organisme.

Salah satu komponen yang membentuk bagian dari loquat adalah potasium yang dikandungnya.

Kalium memiliki kemampuan untuk mempertahankan kadar air yang seimbang dalam tubuh, juga meningkatkan perkembangan sel, dan berkontribusi pada berfungsinya tubuh dengan baik.

7. Antioksidan Alami.

Buah medlar memiliki vitamin A dan C, fenol, dan flavonoid yang memberikan sifat antioksidan. Zat ini menghilangkan radikal bebas dari tubuh, yang menghilangkan sel agen oksidatif.

Sifat antioksidan medlar mengurangi risiko perubahan degeneratif, seperti kanker, katarak, diabetes, dan lainnya.

8. Meningkatkan Kekebalan.

Zat Besi yang ditemukan di dalam buah medlar membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah medlar juga membantu tubuh untuk menangkal berbagai infeksi dan penyakit. Sel darah merah sangat penting untuk menyediakan oksigen ke organ, jaringan dan sel yang rusak.

9. Untuk Pencegahan Osteoporosis.

Dalam studi laboratorium telah membuktikan efektivitas medlar dapat menghilangkan gejala osteoporosis atau penyakit pengeroposan tulang.

Terbukti bahwa asam ursolat dalam daunnya, mencegah hilangnya mineral tubuh. Selanjutnya, daun mengurangi peradangan sendi pada osteoporosis.

10. Mencegah penyakit kanker.

Teh daun medlar mencegah terjadinya kanker. Medlar dapat digunakan untuk pencegahan kanker paru-paru, rongga mulut, dan kanker usus besar.

Tes laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak daun bertindak sebagai penghambat multiplikasi sel kanker.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan