15 Manfaat Bayam Cina Untuk Tubuh

15 Manfaat Bayam Cina Untuk Tubuh

Bayam cina juga dikenal sebagai daun bayam. Dalam bahasa Kanton disebut yeen choy dan dalam bahasa Cina, itu adalah xian cai.

Cukup banyak orang mengira bayam Cina untuk bayam air. Mereka tidak sama. Memiliki batang ramping panjang dengan daun berbentuk oval, sedangkan bayam memiliki batang berongga.

Daunnya berwarna hijau muda dengan bentuk bundar atau hijau gelap dengan vena merah tua di tengahnya. Ada variasi dengan daun hijau gelap, sempit dengan ujung runcing.

Rasanya agak seperti bayam tetapi dengan sedikit kegelisahan yang khas.

Bayam Dapat Dimakan Mentah


Bayam dapat dimakan mentah sebagai bagian dari banyak salad, dan juga dapat dimasak atau ditumis ke dalam bentuk tereduksi.

Bisa dimakan sebagai sayuran lauk atau ditambahkan dalam sejumlah resep untuk sup, semur, dan casserole. Asli dari Timur Tengah dan dibudidayakan di Persia ribuan tahun yang lalu. Dari sana, dibawa ke China, sekitar 1.500 tahun yang lalu.

Bayam cina tinggi akan protein dan vitamin A, B & C. Memiliki dua kali lipat jumlah zat besi dibandingkan dengan bayam normal, sehingga sangat bagus untuk anak-anak yang sedang tumbuh berkembang.

Bayam cina juga membantu menyembuhkan patah tulang, membantu penurunan berat badan dan detoksifikasi dengan mengurangi sembelit.

Telah ditemukan memiliki kemampuan untuk menghancurkan bakteri tertentu seperti staphyloccocus aureus, shigella patogen, pseudomonas aeruginosa, salmonella typhi.

Juga merupakan suplemen makanan yang baik untuk serangan panas atau penyakit apa pun akibat panas di musim panas.

Gizi Bayam


Berbagai manfaat kesehatan bayam adalah karena adanya mineral, vitamin, pigmen, dan fitonutrien, termasuk kalium, seng, magnesium, zat besi, dan kalsium.

Menurut USDA National Nutrient Database, sayuran berdaun hijau adalah sumber vitamin seperti folat, niasin, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, dan mengandung jejak sisa vitamin esensial.

Elemen penting lainnya, termasuk tiamin dan riboflavin, yang digunakan dalam berbagai reaksi dalam tubuh kita, juga ditemukan dalam sayuran berdaun hijau ini. Bagian terbaiknya adalah bayam memiliki kandungan lemak rendah.

Cara cepat untuk menyiapkan daun bayam dalam sup adalah dengan memasukkan daun ke dalam panci berisi kaldu yang lezat dan telur.

Cara cepat lainnya untuk menyajikannya adalah menggorengnya dengan bawang putih. Ada banyak variasi hidangan goreng cepat. Dengan dadih kacang fermentasi atau telur asin atau goji berry.
baca juga manfaat buah pir hijau
Ukuran Porsi 100 g

  • Air 91,4 g
  • Energi 23 kkal
  • Protein 2.86 g
  • Total lipid (lemak) 0,39 g
  • Karbohidrat, dengan perbedaan 3,63 g
  • Serat, makanan total 2.2 g
  • Gula, total 0,42 g
  • Kalsium, Ca 99 mg
  • Besi, Fe 2,71 mg
  • Magnesium, Mg 79 mg
  • Fosfor, P 49 mg
  • Kalium, K 558 mg
  • Sodium, Na 79 mg
  • Seng, Zn 0,53 mg
  • Vitamin C, asam askorbat total 28.1 mg
  • Thiamin 0,08 mg
  • Riboflavin 0,19 mg
  • Niasin 0,72 mg
  • Vitamin B-6 0,2 mg
  • Folat, DFE 194 μg
  • Vitamin B-12 0 μg
  • Vitamin A, RAE 469 μg
  • Vitamin A, IU 9377 IU
  • Vitamin E (alfa-tokoferol) 2,03 mg
  • Vitamin D (D2 + D3) 0 μg
  • Vitamin D 0 I0
  • Vitamin K (phylloquinone) 482,9 ug
  • Asam lemak, total jenuh 0,06 g
  • Asam lemak, total tak jenuh tunggal 0,01 g
  • Asam lemak, total tak jenuh ganda 0,17 g
  • Asam lemak, total trans 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Kafein 0 mg
Sumber termasuk: USDA

Manfaat Bayam Cina


1. Membantu Dalam Mineralisasi Tulang.

Bayam adalah sumber Vitamin K yang baik, yang berfungsi mempertahankan kalsium dalam matriks tulang, sehingga mengarah ke mineralisasi tulang.

Selain itu, mineral lain seperti mangan, tembaga, magnesium, seng, dan fosfor juga membantu membangun tulang yang kuat.

Pada gilirannya dapat mencegah seseorang dari mengembangkan osteoporosis. Mineral ini juga penting untuk menjaga kesehatan gigi dan kuku.

2. Meredakan Gejala Hemofilia.

Bayam cina kaya vitamin K membantu dalam pembekuan darah dengan memproduksi protrombin dan karenanya membantu meringankan gejala hemofilia.

Ini bagus untuk mengendalikan perdarahan berlebih dan juga menjaga fungsi hati dengan merangsang produksi glikogen.

3. Mengurangi Risiko Katarak.

Lutein dan zeaxanthin hadir dalam bayam, keduanya bertindak sebagai antioksidan kuat, sehingga mencegah mata dari efek keras sinar UV yang dapat menyebabkan katarak.

Bayam cina juga mengurangi dampak radikal bebas, yang dapat menjadi penyebab utama katarak dan penyakit mata lainnya.

4. Meningkatkan Penglihatan.

Helen M Rasmussen, seorang peneliti di Universitas Cambridge, dalam laporannya tahun 2013 yang diterbitkan di Clinical Interventions in Aging mengungkapkan bahwa bayam adalah sumber kaya beta-karoten, lutein, dan xanthene, yang semuanya bermanfaat untuk penglihatan.

Beta-karoten, dalam bayam yang dimasak, membantu meningkatkan kesehatan mata. Ini juga dapat mencegah kekurangan vitamin A, mata gatal, bisul mata, dan mata kering. Sifat anti-inflamasi dari sayuran ini juga dapat mengurangi bengkak atau iritasi pada mata.

5. Meningkatkan Metabolisme.

Ada alasan mengapa dokter merekomendasikan menambahkan bayam secara signifikan ke dalam diet.

Jumlah protein yang ditemukan dalam bayam sangat mengesankan untuk sayuran apa pun, dan mereka mudah dipecah oleh enzim menjadi asam amino yang penting bagi manusia. Protein mamalia yang dibentuk kembali membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan otot.

Bayam cina juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka dan memberikan dorongan bagi seluruh metabolisme, mendorong semua organ kita untuk berfungsi pada tingkat optimal.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa Thylakoid yang ditemukan dalam bayam dapat mengurangi keinginan dan kelaparan yang selanjutnya dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Untuk Pertumbuhan Bayi.

'Popeye, the Sailor Man' dikenal karena obsesinya dengan bayam. Kartun itu sengaja bertujuan meyakinkan anak-anak untuk makan bayam dan menjadi kuat.

Bayi disarankan diberi makan bayam, yang akan memberi mereka protein, vitamin, mineral, dan fitonutrien. Nutrisi ini menghasilkan pengembangan proporsional dalam tahap pertumbuhan penting.

7. Membantu Perkembangan Janin.

Folat yang ditemukan dalam bayam cina dibutuhkan oleh janin yang sedang tumbuh untuk pengembangan sistem saraf baru yang tepat.

Cacat seperti langit-langit mulut sumbing atau spina bifida dapat terjadi karena kekurangan folat. Vitamin A yang terkandung dalam bayam disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang lebih tinggi oleh ibu.

Vitamin A diperlukan untuk perkembangan paru-paru janin juga dan dapat ditransfer selama menyusui, sehingga konsumsi bayam harus dilanjutkan setelah kelahiran.

8. Efek Kemopreventif.

Bayam terdiri dari berbagai konstituen penting yang telah terbukti menjanjikan dalam pencegahan berbagai jenis penyakit kanker. Ini termasuk kanker kandung kemih, prostat, hati dan paru-paru.

Konstituen yang berbeda dalam bayam seperti folat, tokoferol, dan klorofilin bertindak melalui mekanisme berbeda untuk melindungi pasien yang menderita kanker.

Studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa bayam sangat efektif melawan kanker prostat yang agresif, dan ini telah dikaitkan dengan epoksixantofil, yang merupakan karotenoid unik, bersama dengan neoxanthin dan violaxanthin yang secara langsung mengurangi aktivitas penyakit tumor dan penyebaran kanker ke seluruh tubuh.

9. Mempertahankan Tekanan Darah.

Bayam memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi dan kandungan natrium yang rendah. Komposisi mineral ini sangat bermanfaat bagi pasien tekanan darah tinggi karena kalium lebih rendah dan natrium meningkatkan tekanan darah.

Folat yang ada dalam bayam juga berkontribusi terhadap pengurangan hipertensi dan melemaskan pembuluh darah, sambil mempertahankan aliran darah yang tepat.

Dengan mengurangi tekanan darah dan meredakan ketegangan pembuluh dan arteri, dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular dan meningkatkan oksigenasi ke sistem organ tubuh untuk fungsi yang optimal.

10. Manfaat Neurologis.

Fernando Gómez-Pinilla, seorang peneliti di Departemen Bedah Saraf dan Ilmu Fisiologis, University of California, AS, menunjukkan bahwa bayam dengan kapasitas anti-oksidan yang tinggi telah dikaitkan dengan aktivitas mitokondria, yang bertanggung jawab untuk mempengaruhi fungsi kognitif.

Beberapa komponen sayuran ini seperti potasium, folat, dan berbagai antioksidan diketahui memberikan manfaat neurologis bagi orang yang rutin mengkonsumsinya.

Folat mengurangi terjadinya penyakit Alzheimer, jadi bayam adalah ide yang sangat bagus untuk orang-orang yang berisiko tinggi mengalami penurunan saraf atau kognitif.

Kalium adalah bagian integral dari kesehatan otak juga, dan telah dikaitkan dengan peningkatan aliran darah ke otak dan peningkatan kognisi, konsentrasi, dan aktivitas saraf.

11. Mengurangi Peradangan.

Ada banyak senyawa anti-inflamasi yang ditemukan dalam bayam, lebih dari selusin, sebenarnya.

Mereka diklasifikasikan ke dalam kategori methylenedioxy flavonoid glucuronides, dan bayam adalah salah satu sayuran yang paling kuat dalam mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Ini tidak hanya berarti melindungi jantung tetapi juga mengurangi peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan kondisi seperti radang sendi dan asam urat, yang menimpa jutaan orang di seluruh dunia.

12. Bertindak Sebagai Anti ulseratif.

Menurut sebuah makalah yang berjudul, Aktivitas Antiulcer Ekstrak Air Spinacia Oleracia in Rats, yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Penelitian Farmasi dan Kimia, bayam dan beberapa sayuran lainnya memiliki kemampuan untuk melindungi selaput lendir lambung, sehingga mengurangi terjadinya tukak lambung.

Selain itu, glikogliserolipid yang ditemukan dalam bayam dapat meningkatkan kekuatan lapisan saluran pencernaan, sehingga mencegah peradangan yang tidak diinginkan di bagian tubuh tersebut.

13. Memperkuat Otot.

Faktor C0-Q10, yang merupakan antioksidan dalam bayam, memainkan peran penting dalam memperkuat otot, terutama otot jantung yang terus menerus memompa darah ke seluruh bagian anggota tubuh.

C0-Q10 dapat digunakan untuk mencegah banyak penyakit kardiovaskular seperti hiperlipidemia, gagal jantung, hipertensi, dan penyakit jantung koroner.

14. Mencegah Aterosklerosis.

Aterosklerosis disebabkan karena pengerasan pembuluh darah. Pigmen yang disebut lutein yang ditemukan di bayam telah terbukti mengurangi terjadinya aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa protein bayam cenderung mengurangi kolesterol dan timbunan lemak lainnya di pembuluh darah.

15. Degenerasi Makula.

AMD atau Retinitis pigmentosa bertanggung jawab untuk menyebabkan kebutaan, yang disebabkan oleh degenerasi lutein dan xanthene yang merupakan bagian sentral dari retina.

Dalam sebuah makalah yang berjudul, Degenerasi makula terkait usia dan perkembangan terbaru, yang diterbitkan dalam Post Graduate Medical Journal, terungkap bahwa pasien AMD, harus mengonsumsi sayuran berdaun hijau segar, terutama bayam karena mengandung karoten.

Ini juga mengandung banyak antioksidan yang mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas, yang diketahui berdampak negatif pada penglihatan dan menyebabkan kondisi terkait usia seperti glaukoma dan degenerasi makula juga.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah