16 Manfaat Pir Hijau Untuk Tubuh Manusia

16 Manfaat Pir Hijau Untuk Tubuh Manusia

Pir hijau adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan.

Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis.

Buah Pir Hijau Tanaman Beriklim Sedang


Buah Pir hijau adalah tanaman asli daerah pesisir dan beriklim sedang di Dunia Lama, dari Eropa barat dan Afrika utara di sebelah timur Asia.

Ini adalah pohon berukuran sedang, mencapai 10-17 meter, seringkali dengan mahkota tinggi dan sempit, beberapa spesies adalah semak belukar.

Pir Dan Apel


Pir dan apel tidak selalu dapat dibedakan dengan bentuk buahnya, beberapa buah pir sangat mirip dengan beberapa buah apel, mis, pir nashi.

Satu perbedaan utama adalah bahwa daging buah pir mengandung sel-sel batu.

Nilai gizi per 100 g (3,5 ons)
  • Energi 239 kJ (57 kkal)
  • Karbohidrat 15.23 g
  • Gula 9,75 g
  • Serat makanan 3.1 g
  • Lemak 0,14 g
  • Protein 0,36 g.
  • Vitamin Kuantitas % DV †
  • Tiamin (B1) 1% 0,012 mg.
  • Riboflavin (B2) 2% 0,026 mg.
  • Niacin (B3) 1% 0,161 mg.
  • Asam Pantotenat (B5) 1% 0,049 mg.
  • Vitamin B6 2% 0,029 mg.
  • Folat (B9) 2% 7 ug.
  • Vitamin C 5% 4,3 mg.
  • Vitamin E 1% 0,12 mg.
  • Vitamin K 4% 4,4 μg.
  • Mineral Kuantitas % DV †
  • Kalsium 1% 9 mg.
  • Besi 1% 0,18 mg.
  • Magnesium 2% 7 mg.
  • Mangan 2% 0,048 mg.
  • Fosfor 2% 12 mg.
  • Kalium 2% 116 mg.
  • Sodium 0% 1 mg.
  • Seng 1% 0,1 mg.
  • Kuantitas air 84 g.

Sumber Database USDA

Buah Pir hijau mentah adalah air 84%, karbohidrat 15% dan mengandung protein dan lemak yang dapat diabaikan. Pir dalam porsi 100 g memasok 15 gram karbohidrat, lemak dan protein yang dapat diabaikan, dan 57 Kalori, sambil menyediakan sumber serat makanan yang moderat dan tidak ada nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang signifikan.

Buah Pir hijau adalah sumber Vitamin B2, C, dan E. Vitamin C yang baik mengandung mineral seperti tembaga, besi, mangan, kalsium, kalium, magnesium, sulfur, dan klor dalam jumlah kecil. Ini juga merupakan sumber pektin yang baik, serat yang larut dalam air. Buah pir juga mengandung ketiga kelompok flavonoid - flavonol, flavan-3 dan anthocyanin dalam jumlah cukup besar.

baca juga manfaat ginseng

Manfaat Buah Pir Hijau


1. Manfaat Untuk Pencernaan.

Satu buah pir hijau berukuran sedang mengandung 6 gram serat menuju sasaran harian 21 hingga 38 gram.

Ketika makan banyak serat, sistem pencernaan manusia bekerja seperti seharusnya. Serat membantu mencegah dan meringankan sembelit dan dapat mencegah mengembangkan wasir yang menyakitkan. Buah pir hijau juga membantu Anda merasa kenyang setelah makan.

2. Manfaat Serat Buah Pir Hijau.

Buah pir hijau adalah salah satu makanan kaya serat terbaik. Buah Pir berukuran sedang menyediakan hingga 30 gram serat, termasuk pektin, yang membantu mengencangkan usus dan menurunkan kadar kolesterol.

Diet tinggi serat mencegah perut kembung yang disebabkan oleh sembelit, sekaligus mencegah wasir yang menyakitkan. Serat juga membantu menyerap vitamin dan mineral dari makanan.

3. Mencegah Penyakit Kanker.

Manfaat kesehatan pir meluas ke area risiko kanker juga. Serat dalam pir mengikat bersama dengan kelompok asam empedu sekunder khusus.

Jumlah asam empedu sekunder yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Dengan mengikat bersama dengan asam empedu sekunder, pir membantu menurunkan risiko kanker.

Asam hidroksisinamatik yang ditemukan dalam pir mencegah kanker paru-paru dan lambung. Quercetin, antioksidan yang ditemukan di kulit buah pir hijau, juga mencegah kanker.

4. Mengobati Diabetes.

Flavonoid tertentu yang ditemukan di buah pir hijau meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Ini mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 pada pria dan wanita. Karena itu, mengonsumsi buah pir hijau sangat membantu mengobati penyakit diabetes.

5. Anti-inflamasi.

Pir hijau mengandung fitonutrien, yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit perut dan radang kronis umum lainnya.

6. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh.

Kulit buah pir hijau lebih banyak mengandung fitonutrien fenolik daripada daging. Ini termasuk antioksidan, flavonoid anti-inflamasi dan bahkan nutrisi nabati anti kanker seperti asam sinamat.

Antioksidan mencegah infeksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan sehat. Ini juga melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

7. Mengobati Tenggorokan.

Sifat anti-inflamasi buah pir membantu membersihkan dahak dari tubuh untuk berfungsinya organ pernapasan manusia.

Rebus dua pir Cina dengan madu mentah dan minum selagi hangat untuk menenangkan tenggorokan dan pita suara. Minum jus pir dua kali sehari untuk mencegah masalah tenggorokan lebih lanjut.

8. Buah Pir Untuk Kesehatan Jantung.

Buah Pir hijau adalah sumber glutathione yang baik, antioksidan yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko penyakit stroke.

Buah pir mengandung potasium, mineral, yang menjaga kesehatan jantung. Quercetin juga mencegah kerusakan arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Tingginya kadar pektin pada pir menurunkan kolesterol dalam tubuh.

9. Mengobati Jerawat Dan Infeksi

Buah Pir direkomendasikan untuk pengobatan jerawat karena tingginya jumlah vitamin dan mineral di dalamnya. Buah pir meningkatkan sistem kekebalan dan memungkinkan kulit untuk melawan jerawat dan infeksi kulit lainnya.

10. Untuk Kesehatan Janin.

Folat adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk kesejahteraan janin dan wanita hamil. Buah pir mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Oleh karena itu, disarankan bagi wanita hamil untuk makan satu buah pir setiap hari selama kehamilan.

11. Memelihara Kulit Kepala.

Buah Pir hijau mengandung beberapa nutrisi ramah-rambut, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Buah pir matang mengandung gula alami yang disebut glucitol, yang menyehatkan kulit kepala, memberi makan akar rambut dan menjaga folikel rambut terhidrasi.

12. Meningkatkan Sirkulasi Darah.

Vitamin K pada buah pir hijau mencegah pembekuan darah dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa risiko mengembangkan limfoma sekitar 45% lebih rendah pada orang yang secara teratur mengonsumsi vitamin K.

13. Untuk Kesehatan Mental.

Pir berukuran sedang menyediakan sekitar 15 persen dari kebutuhan tembaga yang direkomendasikan setiap hari. Tembaga adalah mineral penting yang diperlukan untuk sistem saraf pusat yang sehat.

Ion tembaga mempengaruhi komponen yang bertanggung jawab untuk membuat sinapsis saraf lebih kuat atau lebih lemah.

Perubahan ini memengaruhi kemampuan manusia untuk belajar dan mengingat. Antioksidan, quercetin, yang ditemukan dalam pir juga melindungi kita dari penyakit Alzheimer.

14. Untuk Merawat Rambut Kusam.

Anda juga dapat menyiapkan masker rambut alami untuk merawat rambut kusam dan kering. Campurkan ekstrak satu buah pir matang dengan dua sendok makan cuka sari apel dan air.

Oleskan masker rambut ini pada kulit kepala dan rambut, setengah jam sebelum keramas. Cuci untuk menyaksikan rambut yang berkilau dan halus.

15. Mengatur Keseimbangan pH Kulit.

Anda dapat menggunakan pir dalam bentuk paket wajah untuk kulit berminyak. Tambahkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh krim kocok ke pir tumbuk.

Oleskan campuran itu pada wajah dan leher, dan cuci setelah 15 menit. Mineral yang ada dalam pir menetralkan asam kulit dan membantu mengatur keseimbangan pH kulit.

16. Manfaat Gizi Buah Pir.

Buah Pir hijau berukuran sedang memasok sekitar 200 miligram kalium. Kalium adalah mineral yang membantu detak jantung dan menjaga otot bekerja sebagaimana mestinya.

Buah pir hijau yang sama mengandung 8 miligram vitamin C, yaitu sekitar 10 persen dari kebutuhan harian.

Vitamin C membantu mencegah infeksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Buah Pir juga memasok sekitar 10 persen dari kebutuhan vitamin K harian. Vitamin K membantu pembekuan darah.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan