Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Tubuh

Ginseng adalah tanaman obat yang dikenal karena ketahanannya yang sangat baik dan merupakan makanan alami yang memberikan energi fisik dan mental.

Ginseng adalah ramuan populer yang digunakan dalam pengobatan di Asia. Ginseng telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok selama berabad abad silam.

Jenis Ginseng


Ada beberapa banyak jenis ginseng, tetapi efek penyembuhannya serupa, dan ginseng merah adalah yang paling dikenal di negara Cina dan negara Asia lainnya.

Jenis lain yang populer adalah ginseng Siberia. Varietas ini umum di negara Rusia. Ini sangat efektif dalam membatalkan radiasi dan tekanan darah.

Ginseng adalah tanaman pendek yang tumbuh lambat dengan akar berdaging dan dapat diklasifikasikan menjadi tiga cara, tergantung pada berapa lama tumbuh segar, putih atau merah.

Ginseng segar dipanen sebelum 4 tahun, sedangkan ginseng putih dipanen antara 4 sampai 6 tahun atau lebih.

Ginseng Amerika dan Asia


Ada banyak jenis ramuan ini, tetapi yang paling populer adalah ginseng Amerika {Panax quinquefolius} dan ginseng Asia {Panax ginseng}.

Ginseng Amerika dan Asia bervariasi dalam konsentrasi senyawa aktif dan efeknya terhadap tubuh. Dipercayai bahwa ginseng Amerika berfungsi sebagai agen relaksasi, sedangkan varietas Asia memiliki efek menyegarkan.

Ginseng mengandung dua senyawa penting, yaitu ginsenosides dan gintonin. Senyawa ini saling melengkapi satu sama lain untuk memberikan manfaat kesehatan.

baca juga manfaat sayuran kacang panjang

Manfaat Ginseng:


1. Menurunkan Gula Darah

Ginseng tampaknya bermanfaat dalam pengendalian glukosa darah pada orang dengan dan tanpa diabetes. Ginseng Amerika dan Asia telah terbukti meningkatkan fungsi penyerapan gula darah dalam jaringan tubuh.

Selain itu, pada penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ginseng membantu dengan memberikan perlindungan anatioksidan yang mengurangi radikal bebas dalam sel sel penderita diabetes.

Sebuah penelitian menilai efek 6 gram ginseng merah Korea, bersama dengan obat atau diet anti diabetes yang biasa pada 19 orang dengan diabetes tipe 2.

Menariknya mereka mampu mempertahankan kontrol gula darah yang baik selama studi 12 minggu. Mereka juga mengalami penurunan insulin puasa 38% dan peningkatan sensitivitas insulin 33%.

Studi lain menunjukan bahwa ginseng Amerika membantu meningkatkan kadar gula darah pada 10 orang sehat setelah mereka melakukan tes minuman bergula.

Tampaknya ginseng merah yang difermentasi bisa menjadi lebih efektif dalam pengendalian gula darah dan tekanan darah. Ginseng fermentasi diproduksi dengan bantuan bakteri hidup yang mengubah ginsenosides menjadi bentuk yang lebih mudah diserap dan kuat.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa 2,7 gram ginseng merah yang difermentasi setiap hari efektif menurunkan gula darah dan meningkatkan kadar insulin setelah tes makan.

2. Antioksidan Yang Dapat Mengurangi Peradangan

Ginseng memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Beberapa penelitian tabung menunjukkan bahwa ekstrak ginseng dan senyawa ginsenosida dapat menghambat peradangan dan meningkatkan kapasitas antioksidan dalam sel.

Sebagai contoh, sebuah studi tabung menemukan bahwa ekstrak ginseng merah Korea mengurangi peradangan dan meningkatkan aktifitas antioksidan adalah sel sel kulit dari orang orang dengan eksim.

Satu studi menyelidiki efek 18 atlet pria muda mengambil 2 gram ekstrak ginseng Korea tiga kali sehari selama tujuh hari.

Para pria kemudian memiliki tingkat penanda inflamasi tertentu yang diuji setelah melakukan tes latihan. Tingkat ini secara signifikan lebih rendah daripada kelompok plasebo yang bertahan hingga 72 jam setelah pengujian.

Namun perlu dicatat bahwa kelompok plasebo mendapat ramuan obat yang berbada, sehingga hasil ini harus diambil dengan sebutir garam dan diperlukan lebih banyak penelitian.

Dan sebuah penelitian yang lebih besar yang diikuti 71 wanita pasca menopause yang mengonsumsi 3 gram ginseng merah atau plasebo setiap hari selama 12 minggu.

Aktifitas antioksidan dan penanda stres oksidatif kemudian diukur. Para peneliti menyimpulkan bahwa ginseng merah dapat membantu mengurangi stres oksidatif dengan meningkatkan aktifitas enzim antioksidan.

3. Untuk Diet

Akar ginseng dapat dikonsumsi dalam banyak cara, bisa dimakan mentah atau mengukusnya dengan lembut untuk melunakkannya.

Dapat juga direbus dalam air untuk membuat teh. Untuk melakukan ini, cukup tambahkan air panas ke ginseng yang baru diiris dan biarkan selama beberapa menit.

Ginseng dapat juga ditambahkan ke berbagai resep makanan seperti sup dan tumis, dan ekstraknya dapat ditemukan dalam bentuk bubuk, tablet, kapsul, dan minyak.

Berapa banyak yang harus di ambil tergantung pada kondisi yang diinginkan atau tingkatkan. Secara keseluruhan, dosis harian 1 sampai 2 gram akar ginseng mentah atau 200-400 mg ekstrak yang disarankan.

Yang terbaik adalah mulai dengan dosis yang lebih rendah dan meningkat seiring waktu. Carilah ekstrak ginseng standar yang mengandung 2-3% total ginsenosides, dan mengonsumsinya sebelum makan untuk meningkatkan penyerapan dan mendapatkan manfaat penuh.

4. Untuk Kesehatan Fungsi Otak

Akar ginseng dapat membantu fungsi otak seperti memori, perilaku dan suasana hati. Beberapa tabung reaksi dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa komponen dalam ginseng seperti ginsenosides dan senyawa K dapat melindungi otak terhadap kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Studi yang diikuti 30 oarang sehat mengonsumsi 200 mg Panax ginseng setiap hari selama empat minggu. Pada akhir penelitian mereka menunjukkan peningkatan kesehatan mental, fungsi sosial dan suasana hati yang baik.

Namun manfaat ini berhenti menjadi signifikan setelah 8 minggu, menunjukkan bahwa efek ginseng dapat menurun dengan penggunaan lama.

Studi lain meneliti bagaimana dosis tunggal 200 atau 400 mg Panax ginseng mempengaruhi kinerja mental, kelelahan mental dan kadar gula darah pada 30 orang dewasa yang sehat sebelum dan setelah tes mental 10 menit.

Dosis 400 mg lebih efektif untuk meningkatkan kinerja mental dan kelelahan selama tes.

Ada kemungkinan bahwa ginseng membantu penyerapan gula darah oleh sel-sel yang bisa meningkatkan kinerja dan mengurangi kelelahan mental. Namun tidak jelas mengapa dosis yang lebih rendah lebih efektif daripada dosis yang lebih tinggi.

Studi yang ke 3 menemukan bahwa meminum 400 mg Panax ginseng setiap hari selama delapan hari meningkatkan ketenteraman dan keterampilan matematika.

Terlebih lagi penelitian yang lain menemukan efek positif pada fungsi dan perilaku otak pada orang dengan penyakit Alzheimer.

5. Dapat Meningkatkan Disfungsi Ereksi

Pada penelitian telah menunjukkan bahwa ginseng dapat menjadi alternatif yang berguna untuk pengobatan disfungsi ereksi pada pria.

Tampaknya senyawa di dalamnya dapat melindungi terhadap stres oksidatif dalam pembuluh darah dan jaringan di penis dan membantu mengembalikan fungsi normal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ginseng dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, senyawa yang meningkatkan sirkulasi darah.

Sebuah studi menemukan bahwa pria yang diobati dengan ginseng merah korea memiliki peningkatan 60% dalam gejala disfungsi ereksi, dibandingkan dengan 30% peningkatan yang dihasilkan oleh obat yang digunakan untuk mengobati ereksi.

Selain itu penelitian lain menunjukkan bahwa 86 orang pria dengan disfungsi ereksi mengalami peningkatan signifikan dalam fungsi ereksi dan kepuasan keseluruhan setelah mengonsumsi 1.000 mg ekstrak ginseng berumur 8 minggu.

6. Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ginseng dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh pada manusia. Beberapa penelitian yang mengeksplorasi efeknya pada sistem kekebalan tubuh telah difokuskan pada pasien kanker yang menjalani operasi atau perawatan kemoterapi.

Satu studi diikuti 39 orang yang baru pulih dari operasi untuk kanker lambung, merawat mereka dengan 5.400 mg ginseng setiap hari selama dua tahun.

Menariknya oarang orang ini memiliki perbaikan fungsi kekebalan yang signifikan dan gejala kambuh yang rendah.

Studi lain meneliti efek ekstrak ginseng merah pada penanda sistem kekebalan orang dengan kanker lambung lanjut yang menjalani kemoterapi pasca operasi.

Setelah tiga bulan mereka menggunakan ekstrax ginseng merah memiliki penanda sistem kekebalan yang lebih baik daripada mereka yang berada dalam kelompok kontrol atau plasebo.

Lebih lanjut sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan ginseng dapat memiliki kesempatan hingga 35% lebih tinggi untuk hidup bebas penyakit selama lima tahun setelah pembedahan kuratif dan tingkat kelangsungan hidup 38% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak memakainya.

Tampaknya ekstrak ginseng dapat meningkatkan efek vaksinasi terhadap penyakit seperti influenza

Meskipun penelitian ini menunjukkan perbaikan pada penanda sistem kekebalan pada orang dengan penyakit kanker, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menunjukkan kemanjuran ginseng dalam meningkatkan resistensi terhadap infeksi pada orang sehat.

Keamanan Dan Potensi Efek Samping


Menurut penelitian, ginseng tampaknya aman dan tidak menghasilkan efek samping yang serius. Namun orang yang menggunakan obat diabetes harus memantau kadar gula darahnya dengan cermat ketika menggunakan ginseng untuk memastikan kadar ini tidak terlalu rendah. Selain itu ginseng dapat mengurangi efektifitas obat antikoagulan.

Untuk alasan ini bicarakan dengan dokter anda sebelum anda menambahkannya. Perhatikan bahwa karena kurangnya studi keamanan, ginseng tidak dianjurkan untuk anak anak atau wanita yang sedang hamil atau menyusui.

Terakhir ada bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan ginseng dalam jangka panjang dapat menurunkan efektifitas dalam tubuh.
Untuk memaksimalkan manfaatnya anda harus mengonsumsi ginseng dalam siklus 2-3 minggu dengan istirahat satu atau dua minggu.


  • Garis Bawah

Ginseng adalah suplemen herbal yang telah digunakan selama berabad abad dalam pengobatan cina. Ini biasanya disebut sebut untuk efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Ini juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan memiliki manfaat untuk beberapa jenis kanker.

Terlebih lagi ginseng dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi otak, melawan kelelahan dan meningkatkan gejala disfungsi ereksi.

Ginseng dapat dikonsumsi mentah atau dikukus ringan. Ini juga dengan mudah ditambahkan ke diet melalui ekstrak kapsul atau bentuk bubuknya.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah