Manfaat Buah Naga Kuning Dan Asal Usulnya

Manfaat Buah Naga Kuning Dan Asal Usulnya

Buah Naga Kuning telah digunakan selama berabad-abad oleh penduduk asli Amerika Selatan bagian utara. Buah naga kuning digunakan untuk tujuan pengobatan dan kuliner. Baru sejak awal 2000-an buah Naga Kuning disetujui untuk diekspor ke Amerika Utara & Eropa.

Buah Naga Kuning adalah tanaman asli daerah utara Amerika Selatan, yang sekarang disebut Kolombia dan Ekuador.

Buah-buahan masih dibudidayakan di sana, dengan Kolombia sebagai produsen terbesar, dan diekspor ke seluruh dunia. Mereka juga tumbuh di Bolivia, Peru, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Penanam yang berspesialisasi dalam buah-buahan langka di Amerika Serikat, khususnya di California selatan dan Florida, menanam buah Naga Kuning dalam skala yang lebih kecil.

Kaktus buah Naga Kuning memiliki batang memanjang panjang yang dapat tumbuh hingga 20 kaki panjang dan memerlukan beberapa bentuk teralis atau dukungan untuk tumbuh.

Kaktus lebih suka iklim tropis dan subtropis yang kering dan cukup tahan panas dan agak dingin-keras. Buah Naga Kuning dapat terlihat di sebagian besar pasar dan toko khusus dan di pasar petani di California Selatan dan Florida.

Buah Naga Kuning adalah buah dari kaktus panjat yang dikenal karena bunga besar dan harum yang mekar hanya untuk satu atau dua malam.

Secara tradisional dikenal sebagai Selenicereus megalanthus atau Hylocereus megalanthus, buah ini juga dikenal sebagai Yellow pitahaya atau Pitaya Amarillo.

Varietas ini dianggap sebagai "Pitaya Kuning" asli dan dikatakan sebagai yang paling manis dari semua buah naga.

Ciri Ciri Buah Naga Kuning


Buah naga kuning memiliki bentuk lonjong dan ukurannya sedikit lebih kecil dari varietas merah yang lebih umum. Panjang buahnya sekitar 10 sentimeter dan lebar 7 sentimeter.

Ukurannya tergantung pada kondisi iklim dan sering dikategorikan ke dalam tiga kelompok ukuran yang berbeda. Kulit kuning tebal mereka ditutupi tonjolan kecil menonjol, yang ketika belum matang menampilkan duri kecil yang secara alami akan jatuh saat buah matang.

Di bawah kulit ada daging putih yang padat yang mengandung banyak biji hitam mungil dan dapat dimakan. Buah naga kuning memiliki tekstur segar, segar dan sangat manis, rasa tropis dengan sentuhan bunga dan tanpa keasaman.

Buah yang satu ini memang memiliki kulit buah kuning dengan warna daging buah yang mirip dengan buah naga putih.

Butir hitam dalam daging buah tampak lebih hitam pekat dan sedikit lebih besar dan lebih padat. Jika buah naga umumnya memiliki duri yang hanya berupa bintik-bintik di batangnya, buah naga kuning berbeda karena memiliki duri dan bahkan pada buahnya.

Apalagi duri pada kulit buahnya cukup panjang dan tajam sehingga pemetik harus ekstra hati-hati saat memanennya.

Meskipun ukurannya kecil, buah naga kuning memiliki keunggulan dalam rasa buah yang jauh lebih manis dan lebih segar daripada buah naga lainnya.

Seperti halnya menurut penelitian, kandungan nutrisi buah naga kuning juga lebih banyak dari buah naga lainnya. Karena itu, kalaupun buahnya kecil, buah naga kuning memiliki nilai jual yang jauh lebih mahal daripada varietas buah naga lainnya.

Dagingnya terkandung dalam kerangka tipis kulit luar, tampak transparan dengan serat yang tampak seperti benang (tetapi Anda tidak dapat merasakan serat sama sekali) dengan banyak biji hitam yang terlihat seperti replika buah Kiwi.

Jika Anda membenci biji renyah, maka mungkin Anda ingin menghindari untuk memakan, Anda akan kesulitan memilihnya karena mereka tertanam dengan baik di dalam daging.

Nilai Gizi Naga Kuning


Buah naga kuning adalah sumber magnesium, fosfor, dan kalium yang baik. Mereka mengandung serat makanan dan protein dan memiliki jumlah kalsium yang lebih tinggi daripada varietas berkulit merah.

Mereka menyediakan sejumlah kecil zat besi, vitamin A dan C, dan niasin. Buah naga kuning adalah sumber antioksidan dan asam lemak yang bermanfaat.

Biji yang dapat dimakan mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Buah naga kuning biasanya dimakan mentah, baik langsung keluar dari kulit atau dicungkil dan dipotong dadu, dikupas atau diiris. Untuk rasa terbaik, dinginkan buah selama 2 jam sebelum disiapkan mentah.

Tambahkan salad buah tropis atau sajikan sendiri sebagai hidangan penutup. Daging buah naga kuning dapat dihaluskan dan dibuat menjadi saus atau sirup atau ditambahkan ke smoothie dan koktail.

Gunakan dagingnya untuk membumbui kue kering atau makanan panggang lainnya. Buah naga kuning dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari dan sangat baik disimpan di lemari es hingga satu minggu.

baca juga manfaat bawang bombay

Manfaat Buah Naga Kuning


1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah.

Buah ini mengandung banyak zat besi yang penting untuk produksi sel darah merah, sangat bermanfaat bagi individu yang mengalami anemia.

Untuk wanita hamil khususnya, volume tinggi oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh sel darah merah diperlukan untuk memasok ke janin dalam rahim, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memasukkan buah naga ke dalam makanan sehari-hari mereka.

2. Anti Inflamasi Dan Anti-Autoimun.

Lemak omega-3 yang terkandung di dalam biji telah terbukti dapat melawan infeksi jamur atau bakteri dan penyakit autoimun dalam sistem organ di banyak penelitian.

Sifat anti-bakteri dan jamur meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh yang bertahan melawan racun, dan yang sebagai titik tambahan, merangsang regenerasi sel yang mempercepat penyembuhan, sehingga luka dan memar akan sembuh pada tingkat yang baik.

3. Membantu Melembabkan Kulit.

Kadar udara yang tinggi pada buah naga kuning bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan organ. Tetapi juga bermanfaat untuk melembabkan kulit, baik dari luar maupun dari dalam.

Menjaga kelembaban kulit dari dalam bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi buah naga secara langsung.

Sementara untuk kulit bagian terluar dapat menggunakan buah naga yang telah diblender, lalu digunakan sebagai masker dengan terlebih dahulu airnya disaring dari ampasnya.

4. Melawan Kanker.

Buah naga membantu penyembuhan penyakit kanker, kandungan vitamin kompleksnya, sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi pemulihan kanker [butuh rujukan].

Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta membantu mengeluarkan logam dari tubuh yang dapat menyebabkan kanker.

5. Mempercantik Penampilan.

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah naga membantu kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan lulur.

6. Menurunkan Kolesterol.

mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan untuk menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga dapat mengatasi tekanan darah tinggi.

7. Mampu Hindari Diabetes.

Sifat antioksidannya ini juga digunakan untuk mencegah diabetes melitus karena dapat diproduksi sel yang dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gulanya sangat kecil.

8. Mampu Mencegah Tekanan Darah Tinggi Dan Serangan Jantung.

Lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah kanker juga bekerja sebagai penurun, juga mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu mencegah kardiovaskular.

9. Meningkatkan Nafsu Makan.

Vitamin B1 dan B2 yang ada pada buah naga akan membuat nafsu makan menjadi meningkat, jika rutin dikonsumsi buah naga untuk anak-anak yang biasanya susah makan.

Memang bertolak belakang dengan manfaat buah naga untuk diet, namun untuk Anda yang diet, cukup dengan meminta makanan sehari-hari dengan buah naga yang juga mengenyangkan tanpa takut tubuh melar.

10. Membantu Masalah Pencernaan.

Untuk membersihkan pencernaan Anda, makanlah buah naga. Kandungan serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan merawat konstipasi atau sembelit.

Dengan mengonsumsi dagingnya yang juga mengandung protein baik, dapat membuat tubuh Anda sehat dan segar.

Semoga bermanfaat

hart sltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah