Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan

Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan. Kacang panjang tumbuh dengan cara memanjat atau melilit.

Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak, kacang panjang ini mudah ditemukan di Asia. Daunnya disebut dengan lembayung dan dapat dijadikan sayuran.

Nutrisi Yang Terkandung Pada Kacang Panjang


Dalam ukuran porsi 100 gram kacang panjang terdapat 47 kalori, 50 gram lemak total, kolesterol 0 mg, natrium 4 mg (0% nilai harian), 8 gram karbohidrat total (2% nilai harian), dan 3 gram protein (nilai harian 5%).

Ada juga 17% DV vitamin A, 2% DV besi, 31% DV kalsium.

Persen nilai harian berdasarkan diet 20000 kalori nilai harian individu bisa lebih tinggi atau rendah tergantung pada kebutuhan masing-masing.

Kacang panjang adalah sumber protein yang baik, vitamin a, tiamin, riboflavin, besi, fosfor, magnesium, dan mangan.

Kacang Panjang Sebagai Bahan Obat


Selain sebagai makanan, ternyata kacang panjang juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa penyakit seperti yang disarankan yaitu: anti kangker, kangker payudara, leukimia, anti bakteri, anti virus, anti oksidan

gangguan saluran kencing, peluruh kencing, batu ginjal, penggunaan kelainan antibodi, fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA

meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, tingkatkan nafsu makan, dan susah buang air besar.

baca juga sayuran kacang merah

Protein Yang Terkandung Dalam Kacang Panjang

  • Energi 47 kkal 2%
  • Karbohidrat 8,35 g 6%
  • Protein 2,8 g 5%
  • Total Lemak 0,40 g 2%
  • Kolesterol 0 mg 0%
  • Vitamin
  • Folat 62 ug 15.5%
  • Niasin 0,410 mg 2%
  • Asam Pantotenat 0,055 mg 1%
  • Pyridoxine 0,024 mg 2%
  • Riboflavin 0,110 mg 9%
  • Thiamin 0,107 mg 9%
  • Vitamin A 865 iu 29%
  • Vitamin C 18,8 mg 31%
  • Elektrolit
  • Sodium 4 mg 1%
  • Tembaga 0,048 ug 5%
  • Zat Besi 0,47 mg 6%
  • Magnesium 44 mg 11%
  • Mangan 0,205 mg 9%
  • Fosfor 59 mg 8%
  • Selenium 1,5 ug 3%
  • Seng 0,37 mg 3%
Persentase nilai gizi prinsip RDA

Nama kacang panjang cukup banyak memberi gambaran tentang bagaimana bentuknya, kacang panjang bisa tumbuh dimana saja, ukuran sayur ini 10 hingga 30 inci panjangnya.

Kacang panjang dapat ditemukan di banyak daerah yang lebih hangat di asia, kacang panjang mempunyai banyak nama. Beberapa dari mereka termasuk bodi, kacang polong, kacang asparagus, dan kacang panjang yang biasa tumbuh di halaman.

Kacang panjang dipanen sebelum mencapai kematangan, dan dikonsumsi sebagai sayuran hijau. seringkali, mereka ditumis bersama sayuran lainnya.

Mengonsumsi kacang panjang adalah ide yang bagus mengingat fakta bahwa kacang-kacangan itu penuh dengan serat, protein, vitamin, dan air mineral. Mari kita lihat banyak, banyak manfaat yang di tawarkan kacang panjang:

Manfaat Kacang Panjang


1. Baik Untuk Kesehatan Tulang.

Selain mencegah osteoporosis, ada berbagai penyakit yang terjadi pada tulang yang sangat penting untuk dihindari. Vitamin k dan mangan yang ditemukan dalam kacang panjang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan menjadikannya kuat hingga usia tua.

2. Untuk Kesehatan Jantung.

Ada juga kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehataan jantung, sehingga bisa terhindar dari penyakit jantung.

Kandungan vitamin k yang tertinggi dalam sayuran kacang panjang yang bergizi dapat mencegah pembesaran arteri, sebagai faktor umum pada penyakit arteri koroner dan gagal jantung.

Penelitian terbaru menunjukan salah satu kategori vitamin K yaitu K2 yg di kombinasikan dengan vitamin D dapat mencegah kalsifikasi arteri koroner untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Mencegah Diabetes.

Hampir semua jenis sayuran seperti kacang panjang dapat mengontrol kadar gula berlebih yang mencegah terjadinya diabetes. selain itu, kacang panjang juga rendah kalori dan gula, sehingga aman bagi anda yang memiliki masalah dengan penyakit gula darah.

4. Mencegah Osteoporosis.

Kandungan vitamin k yang tinggi pada kacang panjang adalah salah satu faktor yg dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis atau penyakit pengeroposan tulang.

Kandungan vitamin K dalam sayuran ini setidaknya dapat memenuhi lebih dari 20% kebutuhan vitamin K setiap hari yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Baik Untuk Pencernaan.

Serat kacang panjang memberikan efek yang baik pada sistem pencernaan yg memfasilitasi atau menghaluskan sekresi yang dapat menghindari beberapa masalah pencernaan.

6. Sumber Antioksidan.

Manfaat antioksidan sangat penting bagi tubuh, yaitu mencegah dan memerangi radikal bebas. Kacang panjang merupakan sumber penting antioksidan yang kaya.

Selain beberapa nutrisi antioksidan konvesional seperti vitamin c dan betakaroten, kacang panjang juga mengandung mineral mangan yang penting untuk antioksidan.

Kacang hijau mengandung berbagai karatonoid (termasuk lutein, beta-karoten, violaxanthin, dan neoxanthin) dan flavonoid ( termasuk kuersetin, kaempferol, katechin, epicatechins, dan procyanidins) yang semuanya terbukti memiliki sifat antioksidan.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

  1. jadi bisa untuk mencegah diabetes yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir semua jenis sayuran seperti kacang panjang dapat mengontrol kadar gula berlebih yang mencegah terjadinya diabetes. Selain itu, kacang panjang juga rendah kalori dan gula sehingga aman bagi Anda yang memiliki masalah dengan gula darah.

      Kacang dapat membantu menstabilkan kadar glukosa darah atau bahkan mencegah diabetes.  Kacang tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan glukosa darah.

      Penelitian review tahun 2018 menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.  Ada juga bukti bahwa itu dapat membantu menurunkan gula darah pada orang yang sudah memiliki kondisi tersebut.

      Studi lain melihat secara khusus pada efek menambahkan secangkir kacang-kacangan ke makanan sehari-hari dari orang dengan diabetes tipe 2.  Studi ini menunjukkan penurunan kadar gula darah dan tekanan darah yang lebih rendah pada kelompok yang mengonsumsi kacang-kacangan dibandingkan kelompok kontrol yang memasukkan lebih banyak mengkonsumsi serat gandum.

      Cara lain untuk menurunkan kadar gula darah,
      Makan makanan yang sehat dan seimbang adalah kuncinya.  Strategi tambahan untuk membantu menurunkan atau mengelola kadar gula darah dengan minum banyak cairan atau air bening, berolahraga secara teratur, jika perlu
      Penderita diabetes perlu minum obat dan mengukur gula darahnya secara teratur untuk mengurangi resiko gejala dan komplikasi yang berpotensi berbahaya.

      Semoga membantu, terima kasih.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan