Nutrisi Kacang Merah Dan Manfaatnya

Nutrisi Kacang Merah Dan Manfaatnya

Kacang merah (Phaseolus vulgaris), juga dikenal sebagai “kacang biasa,” berasal dari tanaman tahunan yang melilit, di mana masing-masing daun bergantian terdiri dari tiga selebaran runcing ke kanan yang berbentuk bulat panjang.

Bunganya berwarna ungu, kuning atau putih dalam bentuk cluster aksila jarang.

Bahan dari polong kacang merah adalah bagian-bagian yang melengkung, berwarna kuning-putih dan tipis yang mencapai 15 sentimeter dari dinding buah.

Warna kacang tergantung pada varietas. Kacang merah memiliki warna merah tua, tekstur keras dan kulit mengkilap, menjadikannya kacang yang paling umum digunakan dalam cabai, semur, sup, dan hidangan lainnya.

Kacang Merah Untuk Pencegahan Penyakit


Kacang merah dianggap sebagai "makanan utuh" karena kandungan tinggi pati, serat makanan, mineral, vitamin, antioksidan dan asam fenolik, seperti anthocyanin, flavonoid, flavonol glikosida, tanin, dan asam fenolik.

Komponen-komponen ini telah berkorelasi dengan pencegahan atau pengurangan beberapa jenis penyakit, seperti kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes dan obesitas.

Integritas penghalang usus dan profil mikrobiota usus bermanfaat dan aktivitas meningkat pesat ketika serat non-tahan dari kacang merah dikonsumsi.

Senyawa bioaktif ini dalam nutrisi kacang merah mungkin bermanfaat dalam berbagai patologi mukosa inflamasi kronis dengan mengerahkan efek anti-inflamasi dan mendukung pertumbuhan bakteri komensal dalam saluran pencernaan.

Berdasarkan komposisi bergizi mereka, kacang merah adalah tambahan yang bermanfaat dalam berbagai diet untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Kacang Merah


Seperti banyak jenis kacang lainnya, kacang merah padat dengan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan kita, yang menjelaskan mengapa mereka adalah makanan pokok di berbagai masakan dunia.

Untuk biaya yang relatif rendah, kacang merah dapat memberikan kadar serat, folat, fosfor, tembaga, protein, zat besi, magnesium, kalium, molibdenum, dan vitamin B1 yang signifikan.

Secangkir kacang ini mewakili setidaknya 20% dari kebutuhan harian untuk nutrisi anda, untuk beberapa mineral dan vitamin esensial ini, kacang merah memberikan lebih dari 40% dari saran harian.

Ragam nutrisi yang beragam secara alami mengarah ke daftar efek kesehatan yang mengesankan yang dapat diberikan kacang ini.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Kacang Merah: Banyaknya Kacang Merah yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kacang Merah yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 95 %


  • Energi Kacang Merah = 336 kkal.
  • Protein Kacang Merah = 23,1 gr.
  • Lemak Kacang Merah = 1,7 gr.
  • Karbohidrat Kacang Merah = 59,5 gr.
  • Kalsium Kacang Merah = 80 mg.
  • Fosfor Kacang Merah = 400 mg.
  • Zat Besi Kacang Merah = 5 mg.
  • Vitamin A Kacang Merah = 0 IU.
  • Vitamin B1 Kacang Merah = 0,6 mg.
  • Vitamin C Kacang Merah = 0 mg.


Kacang Merah Segar.
Nama Lain / Alternatif : Kacang Galing Segar.
Banyaknya Kacang Merah Segar yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kacang Merah Segar yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %


  • Energi Kacang Merah Segar = 171 kkal.
  • Protein Kacang Merah Segar = 11 gr.
  • Lemak Kacang Merah Segar = 2,2 gr.
  • Karbohidrat Kacang Merah Segar = 28 gr.
  • Kalsium Kacang Merah Segar = 293 mg.
  • Fosfor Kacang Merah Segar = 134 mg.
  • Zat Besi Kacang Merah Segar = 3,7 mg.
  • Vitamin A Kacang Merah Segar = 0 IU.
  • Vitamin B1 Kacang Merah Segar = 0,15 mg.
  • Vitamin C Kacang Merah Segar = 0 mg.

Banyaknya Kacang Merah Tua yang diteliti (Food Weight)= 100 gr
Bagian Kacang Merah Tua yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %

  • Energi Kacang Merah Tua = 280 kkal.
  • Protein Kacang Merah Tua = 16,7 gr.
  • Lemak Kacang Merah Tua = 1,6 gr.
  • Karbohidrat Kacang Merah Tua = 63,2 gr.
  • Kalsium Kacang Merah Tua = 209 mg.
  • Fosfor Kacang Merah Tua = 335 mg.
  • Zat Besi Kacang Merah Tua = 6,4 mg.
  • Vitamin A Kacang Merah Tua = 0 IU.
  • Vitamin B1 Kacang Merah Tua = 0,1 mg.
  • Vitamin C Kacang Merah Tua = 5,7 mg.

Banyaknya Kacang Merah Kering yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kacang Merah Kering yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 97 %

  • Energi Kacang Merah Kering = 314 kkal.
  • Protein Kacang Merah Kering = 22,1 gr.
  • Lemak Kacang Merah Kering = 1,1 gr.
  • Karbohidrat Kacang Merah Kering = 56,2 gr.
  • Kalsium Kacang Merah Kering = 502 mg.
  • Fosfor Kacang Merah Kering = 429 mg.
  • Zat Besi Kacang Merah Kering = 10,3 mg.
  • Vitamin A Kacang Merah Kering = 0 IU.
  • Vitamin B1 Kacang Merah Kering = 0,4 mg.
  • Vitamin C Kacang Merah Kering = 0 mg.

Sumber Informasi Gizi: Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

baca juga manfaat buah persik datar

ProteinKacang merah kaya akan protein. Hanya 3,5 ons (100 gram) kacang merah rebus hampir 9 gram protein, terhitung 27% dari total kandungan kalori.
KarbohidratKacang merah terutama terdiri dari karbohidrat bertepung, yang menyumbang sekitar 72% dari total konten kalori.

Serat
Kacang merah kaya serat.
Mereka mengandung sejumlah besar pati resisten, yang mungkin memainkan peran dalam manajemen berat badan.

Kacang merah juga menyediakan serat tidak larut yang dikenal sebagai alpha-galactosides, yang dapat menyebabkan diare dan perut kembung pada beberapa orang. Kedua pati resisten dan alpha-galactosides berfungsi sebagai prebiotik.

Prebiotik bergerak melalui saluran pencernaan Anda hingga mencapai usus besar Anda, tempat mereka difermentasi oleh bakteri menguntungkan.

Fermentasi serat yang sehat ini menghasilkan pembentukan asam lemak rantai pendek (SCFA), seperti butirat, asetat, dan propionat, yang dapat meningkatkan kesehatan usus besar dan mengurangi risiko kanker usus besar.

Vitamin dan mineral.Kacang merah kaya akan berbagai vitamin dan mineral, Molibdenum, Kacang tinggi molibdenum, unsur jejak terutama ditemukan dalam biji, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Folat.Juga dikenal sebagai asam folat atau vitamin B9, folat dianggap sangat penting selama kehamilan.Besi.Mineral esensial ini memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh Anda. Zat besi dapat diserap dari kacang karena kandungan fitatnya.

Tembaga.Selain kacang-kacangan, sumber makanan terbaik tembaga adalah daging organ, makanan laut, dan kacang-kacangan.Mangan.

Senyawa ini hadir di sebagian besar makanan, terutama dalam biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.Kalium.

Nutrisi esensial ini mungkin memiliki efek menguntungkan pada kesehatan jantung.Vitamin K1. Juga dikenal sebagai phylloquinone, vitamin K1 penting untuk pembekuan darah.

Pati sebagian besar terdiri dari rantai panjang glukosa dalam bentuk amilosa dan amilopektin.

Kacang memiliki proporsi amilosa yang relatif tinggi (30-40%) dibandingkan dengan sebagian besar sumber makanan pati lainnya.

Amilosa tidak dapat dicerna seperti amilopektin. Karena alasan ini, pati kacang merupakan karbohidrat yang lepas lambat.

Pencernaannya membutuhkan waktu lebih lama, dan menyebabkan peningkatan gula darah yang lebih rendah dan bertahap daripada pati lainnya, membuat kacang merah sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Kacang merah menduduki peringkat sangat rendah pada indeks glikemik (GI), yang merupakan ukuran bagaimana makanan mempengaruhi kenaikan gula darah setelah makan.

Faktanya, pati kacang memiliki efek yang lebih menguntungkan pada keseimbangan gula darah daripada banyak orang.

Meskipun kualitas gizi protein kacang umumnya lebih rendah dari protein hewani, kacang adalah alternatif yang terjangkau bagi banyak orang.

Bahkan, kacang-kacangan adalah salah satu sumber protein nabati terkaya, kadang-kadang disebut sebagai "daging orang miskin".

Protein yang paling banyak dipelajari dalam kacang merah adalah phaseolin, yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Kacang merah juga mengandung protein lain seperti lektin dan protease inhibitor.

Manfaat Kacang Merah


Manfaat kesehatan yang paling menonjol dari kacang merah termasuk kemampuannya untuk mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan pencernaan, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan massa otot, mencegah diabetes, meningkatkan sirkulasi, mengurangi risiko cacat lahir, merangsang sistem kekebalan tubuh, membantu kesehatan penglihatan, mempromosikan tulang yang kuat, mendukung tingkat energi dan memperkuat kesehatan kognitif.

Kontrol Diabetes

Tingkat tinggi serat makanan yang ditemukan dalam kacang merah sangat bagus untuk orang yang ingin mengendalikan diabetes atau menurunkan risikonya.

Makanan berserat tinggi dapat mengatur jumlah gula darah dan insulin dalam tubuh, membantu mengurangi bahaya lonjakan dan penurunan glukosa dan menstabilkan tingkat energi.

Kadar Kolesterol Lebih Rendah

Manfaat utama lain dari serat makanan dalam kacang merah adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Dengan memberikan keseimbangan kolesterol yang sehat, kacang merah dapat membantu menurunkan peluang Anda terkena aterosklerosis dan menderita serangan jantung.

Pencegahan Kanker

Mangan, di mana kacang merah melimpah, adalah salah satu aspek dari pertahanan antioksidan yang diberikan.

Enzim superoksida dismutase oksidatif krusial, yang bertanggung jawab untuk melucuti radikal bebas di mitokondria (pembangkit tenaga sel), membutuhkan mangan.

Selain itu, vitamin K dalam kacang merah telah terbukti melindungi sel dari stres oksidatif, mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit kanker.

Fungsi otak

Vitamin K dalam kacang merah menawarkan manfaat luar biasa bagi otak dan sistem saraf. Selubung mielin, atau bagian luar yang membungkus saraf, membutuhkan lemak yang disebut sphingolipid untuk terbentuk dengan benar.

Vitamin K diketahui penting untuk sintesis sphingolipid, dan karenanya fungsi otak dan saraf yang tepat. Kacang merah juga merupakan sumber thiamin yang baik, yang sangat penting untuk fungsi sel otak dan kognitif.

Vitamin ini diperlukan untuk pembuatan asetilkolin, neurotransmitter yang digunakan untuk memori dan kekurangan yang merupakan faktor signifikan dalam kepikunan dan penyakit Alzheimer.

Gula darah

Serat larut dalam kacang merah menurunkan laju metabolisme karbohidrat kacang, yang mencegah kadar gula darah melonjak dengan cepat setelah makan. Kandungan protein tinggi kacang merah juga berkontribusi terhadap efek ini.

Detoksifikasi Sulfit

Sulfit adalah pengawet yang biasanya ditambahkan ke makanan siap saji seperti salad dan salad bar.

Seperti kacang lainnya, kacang merah mengandung mineral molibdenum jejak tingkat tinggi, komponen kunci dari enzim sulfit oksidase, yang tugasnya adalah mendetoksifikasi sulfit. Ini penting bagi penderita alergi sulfit yang mengalami gejala seperti sakit kepala atau detak jantung yang cepat.

Manfaat Kardiovaskular

Kandungan serat kacang merah yang tinggi bertanggung jawab atas kekuatan penurun kolesterolnya.

Folat yang dikandungnya membantu menurunkan kadar homosistein, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit pembuluh darah perifer.

Kandungan magnesium yang tinggi yang ditemukan dalam kacang merah berkontribusi pada sistem kardiovaskular yang sehat.

Penguat Energi

Kacang merah mengandung banyak zat besi, yang membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Zat besi diperlukan untuk metabolisme tubuh dan produksi energi dan membantu memindahkan oksigen ke seluruh tubuh.

Mangan dalam kacang merah juga merupakan kontributor penting bagi produksi energi tubuh.

Tinggi Protein

Kacang IKidney adalah sumber protein yang bagus, memberikan tingkat protein yang sebanding dengan yang ditemukan dalam daging atau susu. Ketika kacang dikombinasikan dengan beras, mereka membentuk protein lengkap.

Kekuatan tulang

Mangan dan kalsium dalam kacang merah bekerja bersama untuk mempertahankan tulang yang kuat dan bersama dengan mineral lainnya yang dapat membantu mencegah osteoporosis. Kacang merah juga merupakan sumber folat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah asam folat yang rendah dalam makanan menyebabkan peningkatan kadar homosistein dan secara signifikan meningkatkan risiko patah tulang terkait osteoporosis, khususnya patah tulang pinggul pada pria dan wanita.

Vitamin K juga ternyata menjadi nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Orang yang kekurangan vitamin K memiliki risiko lebih besar menderita patah tulang.

Vitamin K juga telah terbukti membantu menghentikan patah tulang pada wanita yang telah melewati masa menopause dan sudah mulai mengalami keropos tulang.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

8 manfaat buah pakel atau bajang

Budidaya tanaman porang atau iles-iles

Budidaya tanaman bawang merah