Sayur Beligo Atau Buah Bligo

Sayur Beligo Atau Buah Bligo

Bligo, Buah Beligo atau kundur (Benincasa hispida) adalah tumbuhan merambat yang ditanam karena buahnya dapat dimakan dan dianggap sebagai sayuran.

Nama ilmiahnya adalah benincasa hispida. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat. Buah dari tanaman ini berbentuk bulat & memiliki bulu halus jika belum matang.

Bila sudah matang, bulu halus ini akan hilang dengan sendirinya. Buah bligo banyak dibudidayakan di kawasan Asia Tenggara.

Lapisan Lilin Pada Buah Bligo


Jika tidak dikupas kulit luarnya, buah bligo akan awet atau bertahan lama. Hal ini disebabkan oleh lapisan lilin yang mencegahnya dari serangan mikro-organisme pembusuk.

Jadi wajar jika orang menyebutnya labu berlilin. Kandungan bligo atau Buah kundur mengandung nutrisi gizi dan non gizi seperti protein, thiamin, vitamin C, karbohidrat, alkaaloid kukurbitina, minyak lemak, asam nikotinat (niasin), riboflavin, vitelin, asam resin, miosina, dan cucurbitacin.

Senyawa penting yang terdapat di dalamnya termasuk tannin, poliffenol, saponin, dan flavonoida. Senyawa ini bersifat antioksidan kuat yang mampu melawan radikal bebas.

Buah Bligo


Buah ini terasa halus dan berbulu permukaannya ketika masih mentah, ketika sudah matang buah ini kehilangan bulunya dan melunak.

Bentuk buah bulat dan ada yang memanjang yang dapat mencapai dua meter, meskipun biasanya dijual ketika berukuran panjang hanya satu meter. Buah ini awalnya dibudidayakan di Asia Tenggara, tetapi saat ini juga ditanam di Asia Timur dan Selatan.

Bligo biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran. Orang Tiongkok memanfaatkan buah ini untuk manisan. Bagi kesehatan, Bligo memiliki efek farmakologis yang berkhasiat untuk menguatkan ginjal, hati, dan peluruh dahak.

Kandungan vitamin dan nutrisi buah bligo Jumlah Per 100 g

  • Kalori (kcal) 12
  • Jumlah Lemak 0,2 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 111 mg
  • Kalium 6 mg
  • Jumlah Karbohidrat 3 g
  • Serat Makanan 2,9 g
  • Protein 0,4 g
  • Vitamin A 0 IU
  • Vitamin C 13 mg
  • Kalsium 19 mg
  • Zat besi 0,4 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0 mg
  • Vitamin B12 0 ug Magnesium 10 mg

baca juga manfaat buah jambu biji merah

Manfaat Buah Bligo


1. Bligo Baik Untuk Ibu Hamil
Berikut cara membuat sup untuk ibu hamil:

Bahan:

Buah bligo.
Bawang putih. Manfaat bawang putih sangat banyak bagi kesehatan.
Garam sesuai selera dan Manfaat garam dalam berbagai bidang.

2. Selai bligo

Selai dari bligo banyak dipasaran, selai ini dapat digunakan untuk menambah rasa pada roti tawar.
Berikut ini cara membuat selai dari bligo:
Bligo yang sudah matang di kupas kulitnya kemudian diblender atau dihaluskan. Tambahkan gula dan rebus bligo di dalam panci.

3. Mengobati Sakit Maag

Jika Anda sakit maag, buah bligo juga merupakan salah satu cara mengobatinya. Cara mengobati sakit maag dengan buah dari biji bligo adalah:

Kupas buah bligo, Ambil kemudian sisihkan biji dari buah bligo,
Kemudian rebus sebanyak empat gelas sampai mendidih tinggal sebanyak dua gelas Saring airnya untuk diminum sebanyak dua kali sehari.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Serat dalam bligo juga membantu menurunkan kadar gula darah tinggi. Zat fitokimia dalam buah ini berhasil mengendalikan kadar insulin, sehingga kadar gula darah tidak melonjak.

5. Mengobati Edema

Penumpukan cairan dengan tidak normal pada jaringan tubuh, dapat menyebabkan bengkak pada kaki dan kondisi medis ini disebut edema. Konsumsi buah ini setiap hari akan membantu mencegah terjadinya penumpukan cairan yang tidak normal.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Studi oleh lembaga pakan dan makanan, menemukan fakta bahwa ekstrak bligo ternyata mampu mencegah kerusakan ginjal dan mengurangi kadar kreatinin.

7. Mencegah Dehidrasi

Produksi keringat akan meningkat setelah beraktivitas berat dan saat cuaca panas, kondisi ini rentan dengan risiko dehidrasi. Dengan mengonsumsi jus bligo, kadar air dalam tubuh dapat dikontrol dengan baik.

Efek samping dari bligo

Kalsium oksalat buah bligo yang masih muda, dapat menyebabkan iritasi pada mulut. Jadi bersihkan getahnya menggunakan air garam dan kapur sirih, sebelum diolah menjadi makanan. Beligo atau bligo memiliki efek dingin yang dapat menambah rasa sakit pada penderita rematik.

Buah bligo mengandung komposisi terpenoid. Senyawa ini mengaktifkan racun yang menyebabkan rasa pahit pada buah bligo. Jadi rasa bisa pahit dikeluarkan dari buah bligo yang dapat menyebabkan keracunan.

Buah dapat menyebabkan rasa terluka dan menganggu pencernaanKalsium oksalat buah bligo yang masih muda, dapat menyebabkan iritasi pada mulut. Jadi bersihkan getahnya menggunakan air garam dan kapur sirih, sebelum diolah menjadi makanan. Beligo atau bligo memiliki efek dingin yang dapat menambah rasa sakit pada penderita rematik.

Buah bligo mengandung komposisi terpenoid. Senyawa ini mengaktifkan racun yang menyebabkan rasa pahit pada buah bligo. Jadi rasa bisa pahit dikeluarkan dari buah bligo yang dapat menyebabkan keracunan. Buah dapat menyebabkan rasa terluka dan menganggu pencernaan.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan