10 Manfaat buah gowok

10 Manfaat buah gowok

Gowok adalah pohon buah anggota suku jambu jambuan atau Myrtaceae yang diyakini berasal dari negara Indonesia.

Ciri ciri Pohon gowok kecil sampai sedang, tinggi pohon 8 sampai 20 meter, gemang hingga sekitar 50 cm. Daun tunggal berhadapan, berbentuk lonjong 17-25 x 6–7 cm.

Buah Gowok atau nama latin (Syzygium polycephalum) masih berkerabat dekat dengan buah Jamblang (Syzygium cumini) & buah Jambu Semarang (Syzygium samarangense).

Dengan garis tengah batang bagian bawah mencapai 50 hingga 60 cm. Daun tunggal berbentuk lonjong dengan panjang 17 hingga 25 cm dan lebar daun 6 hingga 7 cm.

Ciri Ciri Buah Gowok


Bunga berbentuk malai dengan mahkota berwarna putih dan benang sari banyak. Buah Gowok, dengan bentuk bulat agak gepeng. Ukuran buah kecil dengan diameter sekitar 2 hingga 3 cm.

Buah gowok menggerombol dengan kelopak tetap menempel di bagian ujung. Warna buah ungu gelap atau menghitam dan mengkilat.

Gowok memiliki daging putih atau merah keunguan. Daging buah mengandung sari yang berasa masam atau manis agak sepat. Dalam buah terdapat biji berbentuk gepeng dengan kulit putih atau merah ungu.

Tumbuhan Gowok


Pohon gowok tumbuh liar terutama di hutan sekunder, dengan ketinggian antara 200 hingga 1800 mdpl di atas permukaan laut. Pohon gowok juga ditanam di kebun dan pekarangan rumah.

Gowok kebanyakan ditanam untuk diambil buahnya. Kayu berwarna kemerahan dan digunakan sebagai bahan bangunan atau perabotan rumah. Tanaman ini diperbanyak dengan biji.

baca juga manfaat buah pepino

Manfaat Buah Gowok


1. Meredakan Mabuk.

Buah gowok bisa meredakan mabuk yang disebabkan oleh alkohol. Bisa mengurangi rasa mual dan muntah yang muncul.

Caranya siapkan buah gowok yang sudah matang, Lalu cuci sampai bersih buah tersebut dan tumbuk halus. Peras buah gowok yang sudah dihaluskan, sehingga antara sari buah dan ampasnya terpisah. Sari buah gowok bisa langsung dikonsumsi kepada orang yang mabuk.

2. Menurunkan Gula Darah.

Kadar gula yang tinggi menandakan kadar glukosa darah diambang batas normal. Kadar gula darah yang normal 70 hingga 100 mg/dl setelah berpuasa selama 8 jam.

Sedangkan setelah makan, kadar gula darah normal di bawah 200 mg/dl. Dengan mengkonsumsi buah gowok akan membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga kembali menjadi normal.

3. Mengobati Penyakit Kulit.

Buah gowok bisa mengobati kudis dengan memanfaatkan daunnya. Hal yang pertama dilakukan adalah menyiapkan beberapa helai daun gowok yang masih muda.

Kemudian cuci bersih daun tersebut, lalu tumbuk sampai benar benar halus. Terakhir, oleskan pada kulit yang terkena kudis.

4. Basmi Jerawat.

Kandungan nutrisi buah gowok ini mampu mencegah timbulnya jerawat. Selain itu juga mengandung zat anti radang yang sangat baik untuk jerawat yang sudah muncul, sehingga menjadi lebih cepat mengempis atau menghilang. Maka konsumsi buah ini untuk mencegah penyakit tersebut.

5. Mengobati Diare.

Kupas kulit batang dari buah gowok sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebuslah kulit tersebut dengan segelas air sampai mendidih. Saringlah air rebusan tadi dan konsumi selagi masih hangat.

6. Kaya Vitamin C.

Buah gowok kaya akan vitamin C. Vitamin C memiliki peran yang sangat penting pada tubuh. Vitamin C mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Vitamin C juga bisa menetralkan radikal bebas di seluruh anggota tubuh.

7. Mengatasi Penyakit Kencing Manis Atau Diabetes.

Gowok sangat baik untuk kesehatan tubuh, buah gowok atau kupa juga memiliki kemampuan untuk mengatasi penyakit kencing manis atau diabetes.

Bagi Anda yang memiliki masalah penyakit diabetes, cobalah untuk mengonsumsi buah gowok untuk mengurangi produksi gula dalam darah yang berlebih akibat tidak maksimalnya kinerja hormon insulin.

8. Mengatasi Masalah Pencernaan.

Buah gowok juga bisa mengatasi permasalahan pencernaan lainnya. Yaitu, bisa mengatasi susah buang air besar. Daging buah gowok mampu membantu kerja sistem pencernaan manusia, sehingga permasalahan sulit buang air bisa segera di atasi.

9. Mengusir Racun Dalam Tubuh.

Buah gowok ini bisa mengusir racun dalam tubuh. Racun yang masuk kedalam tubuh bisa berasal dari mana saja, buah gowok bisa menetralkan zat-zat yang tidak berguna tersebut, sehingga terbebas dari penyakit.

10. Menyehatkan Kulit Dan Penuaan Dini

Kandungan senyawa, mineral dan vitamin dalam buah gowok sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Permasalahan seperti kulit yang kusam, kadar minyak pada wajah yang berlebih, serta flek hitam juga bisa teratasi dengan mengkonsumsi buah gowok secara teratur setiap hari.

Kandungan antioksidan dan vitamin C buah gowok, dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalam gowok membantu mencegah penuaan dini dari sel-sel kulit mati.

Belum ada penelitian resmi tentang nutrisi yang terkandung dalam buah gowok ini, maka konsultasikan dulu dengan dokter sebelum melakukan pengobatan dengan cara cara di atas.

Semoga bermanfaat

hartsltg

Komentar

Postingan Populer

6 Manfaat Pare Untuk Tubuh Manusia

8 manfaat buah pakel atau bajang

7 manfaat koro untuk kesehatan